Bukan Kembang Anggrek…


Foto-foto pohon ginseng jawa dari kamera HP Sony Ericsson K800i.
Ternyata katanya untuk pria khasiat antara daun ginseng jawa dengan akarnya saling bertolak belakang ya. Wah sekarang jadi mikir-mikir lagi ni kalo mau makan daunnya nanti ya, padahal suka banget makan tumis daun ginseng. Ya wis buat istriku aja deh yang lagi hamil biar nanti ASI nya tambah banyak ya.

DSC00222Awalnya iseng aja batang pohon ginseng jawa ini ditanam disamping rumah. Waktu itu niatnya nanti kalau udah tumbuh daunnya mau diambilin buat campuran makan mie rebus.  Tapi karena pohon ini memang mudah untuk tumbuh, maka ketika batang-batang yang sudah dipatahin dan diambil daunnya dibuang disamping rumah, eh malah jadi tanaman baru ya. Belum lagi yang tumbuh dari bijinya. Akhirnya jadi banyak deh pohon ginseng jawa atau som jawa ini yang tumbuh disamping rumah. Lumayan juga sih daunnya kalo dah banyak, bisa ditumis…nyam..nyam..enaak… Ssst..ada beberapa temenku yang begitu lihat foto bunga ginseng ini langsung aja nebak kalo ini kembang anggrek…hehehe..salah mas..mbak…ini bukan kembang anggrek ya :-)

DSC00061 gingseng bungaDSC00194 DSC00193DSC00208 DSC00190DSC00188 DSC00059b

Ternyata ada informasi dari situs lain yang bikin aku jadi mikir-mikir lagi nih kalo sekarang mau makan daun ginseng ya. Katanya antara akar dan daun pohon ginseng ini mempunyai khasiat yang bertolak belakang ya. Bila akarnya mempunyai khasiat untuk menambah stamina kaum lelaki, lain halnya dengan daunnya.  Daunnya malah mempunyai khasiat menurunkan libido. Jadi bila daunnya dikonsumsi oleh kaum adam malah menyebabkan menurunkan gairah sexualnya. Namun daun ini sangat berguna bagi kaum hawa untuk  meningkatkan produksi ASI-nya ya. Wah, kalo gitu nanti istriku aja yang kusuruh makan daun ginseng ini banyak-banyak ya, mumpung dia lagi hamil biar ASI-nya tambah banyak nantinya ya. Kalo buat aku sih, ga ada daun akarnya pun jadilah.hehehe. Perkasa gitu loo!!siapa yang ga mau ya… :-)

Ini kalo mau coba beberapa resep pengobatan dari ginseng jawa:

Menambah keperkasaan pria: ambil akar ginseng jawa sebanyak dua gram. Tambahkan satu gram rimpang lempuyang emprit, satu gram cabai jawa, empat gram rimpang jahe, dan 110 mililiter (ml) air. Semua bahan diramu menjadi seduhan atau infus. Setelah racikan jadi, minumlah satu kali sehari sebanyak 100 ml. Pemakaian diulang selama tujuh hari, insya Allah keperkasaan bisa bertambah. (sumber: Sragen News Online)

Lemah syahwat
Akar som jawa sebanyak 50 g diiris tipis-tipis. Seduh dengan 3/4 cangkir air panas:Tambahkan sedikit brem, minum selagi hangat.                                                                                                ASI sedikit, kurang nafsu makan
Daun som jawa segar secukupnya ditumis, lalu dimakan sebagai sayuran.                                                                                           Bisul
Daun som jawa segar dicuci. Tambahkan gula merah secukupnya lalu digiling halus. Tempelkan pada bisul, lalu dibalut.                        Catatan: Akar segar sebelum dipakai untuk pengobatan atau dikeringkan untuk penyimpanan, harus dikukus (diuapkan) terlebih dahulu. Pemakaian akar segar secara langsung bisa menyebabkan diare. (Sumber: IPTEKnet)

Dan ini ada resep masakan juga yang bisa dicoba ya.                    Tumis Daun Ginseng (Misdaseng):

Bahan: 50 gr daun ginseng jawa,50 gr wortel,10 gr daun bawang,1 buah tomat, potong halus, 30 gr jagung manis, 2 sdm minyak kelapa, 5 gr penyedap khusus, 10 gr bawang bombay (iris tipis), 3 siung bawang merah (iris tipis)

Cara membuat: Tumis semua bawang, masukkan wortel, jagung, daun ginseng, tomat, penyedap, tumis sampai matang, sajikan berlima (sumber: Agrina)

Sup daun Ginseng:

Bahan: 200 g daun ginseng, 1/4 bh bawang bombai (iris halus), 1 sdm minyak wijen, 25 g daging ayam giling bentuk bulat, 15 g wortel (potong-potong), 2 siung bawang putih, 1/2 ruas jahe (memarkan), Lada dan garam secukupnya, 400 ml air kaldu

Cara membuat: Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum, tuangkan kaldu dan jahe. Masukkan daging ayam dan wortel, masak sampai matang. Masukkan daun ginseng, didihkan sebentar, lalu angkat. Sajikan untuk 2 porsi

Nilai gizi per porsi: Energi 92 Kkal; Protein 28 g; Lemak 6,9 g

Catatan: Daun ginseng berkhasiat menjaga stamina tubuh, menghilangkan letih dan lesu. (Sumber: Nakita)

Nama lain ginseng jawa (Talinum paniculatum [jacq.] Gaertn ) antara lain som/kolesom jawa; Gelang porslen; Turen shen (Cina); vergeet-mij-wel (Belanda); tho cao ly sam, tho nhan sam (Vietnam); panicled fameflower root (Inggris); Talinum patens (L.) Willd; Talinum crassifolium Willd; Portulaca patens L.

About these ads

One comment on “Bukan Kembang Anggrek…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s