Tips Agar Latihan Kardio Lebih Efektif Membakar Lemak Badan


six pack action Kalo mau olahraga untuk membakar lemak perut, maka lakukanlah olahraga yang termasuk dalam ketegori latihan kardio, seperti lari, jalan cepat, joging, bersepeda, senam aerobik dll. Nah untuk memaksimalkan hasilnya, coba simak tips berikut ini:

  • - Berlatihlah pada saat kadar insulin dalam darah rendah.
    Lemak sebagai energi cadangan tidak akan bisa terpakai bila ada karbohidrat yang merupakan sumber energi utama, dan insulin adalah hormon yang dipicu pengeluarannya oleh adanya karbohidrat dalam darah, yang salah satu fungsinya adalah menghantarkan zat gizi dari makanan ke sel-sel tubuh yang membutuhkan dan menghambat penggunaan lemak sebagai energi. Jadi berlatihlah pada pagi hari sebelum sarapan dan jangan minum sesuatu yang manis dulu sebelumnya yang dapat merangsang pengeluaran insulin, atau berlatihlah setelah latihan beban dimana karbohidrat yang kita makan sudah habis terpakai untuk latihan beban. Atau jika hanya ingin latihan kardio saja pada sore atau malam hari, maka makanlah karbohidrat paling lambat sekitar 6 jam sebelum berlatih kardio agar karbohidrat yang dimakan dapat terpakai dalam rentang waktu 6 jam itu dan kadar insulin telah rendah ketika kita akan memulai latihan kardio. Bila dalam rentang waktu 6 jam itu perut terasa lapar dam ingin makan, maka protein adalah pilihan terbaik untuk mengatasinya karena protein tidak memicu pengeluaran insulin.
  • - Berlatihlah dengan intensitas sedang.
    Pada awalnya energi yang digunakan untuk aktifitas kardio lebih banyak berasal dari karbohidrat tubuh dibanding lemak, dimana semakin lama persentasinya akan berubah tergantung pada tingkat intensitas dan durasi latihan yang dilakukan. Latihan kardio dengan intensitas yang rendah atau terlalu tinggi hanya akan membakar lebih banyak karbohidrat tubuh saja dibanding lemak. Jadi yang diperlukan disini adalah latihan kardio dengan intensitas sedang, dimana untuk mengetahui intensitas latihan kardio dapat dilakukan dengan mengukur jumlah detak jantung (heart rate) dalam 1 menit. Maksimum heart rate adalah 220, dan berbanding terbalik dengan usia, sehingga dengan bertambahnya usia 1 tahun maka heart rate pun berkurang 1. Tingkat heart rate yang dianjurkan agar tubuh efektif dalam membakar lemaknya adalah sekitar 65% dari maksimum ((220 – umur) x 65%), dan cukup dengan durasi sekitar 15-20 menit (pada 65% heart rate maksimum tsb). Mungkin diperlukan waktu sekitar 5-10 menit pertama dari sesi latihan kardio untuk dapat mencapai tingkat efektif heart rate ini dan pertahankan tingkat ini selama 15-20 menit. Jadi daripada jalan santai, maka lebih baik jalan cepat; daripada lari santai lebih baik lari agak cepat karena dapat lebih cepat meningkatkan heart rate ke tingkat yang efektif sehingga latihan kardio kita dapat lebih singkat.
  • - Minum secangkir kopi pahit 1 jam sebelum berlatih.
    Kafein yang terkandung dalam kopi memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk dapat diserap tubuh dan memberikan efek stimulasi yang dapat merangsang kerja otak sehingga tubuh dapat terasa lebih segar dan dapat membantu mempercepat naiknya suhu badan, dimana dengan suhu yang lebih tinggi maka tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Hal ini dapat terjadi dengan catatan bahwa kita bukan peminum kopi rutin, karena konsumsi kafein dalam jangka panjang dapat memberikan efek kecanduan sehingga peminumnya memerlukan dosis yang lebih banyak lagi dari sekedar secangkir kopi untuk mendapatkan efek yang sama tersebut.

Tips ini selalu aku kerjain kalo lagi mau tampil lebih seksi ya.hehehe

Kalo mau lihat aku yang lagi seksi, coba aja lihat Kuli Besi, Bukan Kuli Bangunan.

Kalo mau tahu tips mengurangi kalori dari makanan, coba lihat Tips Mengurangi Pemasukan Kalori Dari Makanan.

About these ads

25 comments on “Tips Agar Latihan Kardio Lebih Efektif Membakar Lemak Badan

  1. jadi kalo kita lthn kardio,, disaat latihan kita terasa lapar.. Diteruskan saja latihannya ya..?
    Atau gmna mas..?

    ya terusin aja latihannya ga apa ya. lapar itu terjadi karena kadar insulin rendah yang menandakan tubuh kekurangan bahan bakar utama yaitu karbohidrat.

  2. kalo dasarx orgx kurus tp pengen mengecilkan perut yg buncit,gmana? Tips diatas cuma utk menghilangkan lemak perut saja kan??

    proses pembakaran lemak terjadi secara menyeluruh ya, ga cuma di perut aja. tapi memang prosesnya dimulai dari daerah penimbunan lemak yang paling banyak, yaitu perut dan pinggul (untuk wanita). untuk yang kurus atau gemuk, prosesnya sama aja, lakukan latihan kardio untuk membakar lemak, atur pola makan agar tidak terjadi penimbunan lemak baru, dan kalau bisa lakukan latihan beban untuk membentuk otot yang mana fungsi otot sendiri adalah sebagai pembakar kalori tubuh yang efektif.

  3. aku kan suka lapar kalu pagi2,kalu makan dikit aja baru latihan olah raga kardio bisa nga’ ya..!

    kalau pertanyaannya bisa ga ya, ya jawabanya bisa aja, ga ada yg larang ko hehehe.
    Tapi sebaiknya makan sesuatu yg tidak menaikan gula darah dgn cepat dan tinggi karena kadar gula darah yg tinggi akan menghambat penggunaan lemak. Bisa makan makanan sumber protein karena protein tidak menaikan gula darah (misal putih telur), atau bisa juga makan buah yang indek glikemik dan kalori nya rendah seperti apel.

  4. Menurunkan bert badn tingi 155 berat 57 idealnya berapa?

    lebih baik patokannya bukan di berat badan ya, tapi di bentuk badan.
    dengan berat yang sama, tetapi komposisi otot dan lemak berbeda, maka kelihatannya juga akan berbeda.
    jadi coba patokanya di cermin aja, sudah sesuai ga bentuknya dengan apa yang kita harapkan.

  5. Bagaimana kalo kita lagi puasa? .. olahraga bagusnya jam berapa dan berapa lama? dan contoh olahraga apa aja yang bagus untuk membakar lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh?Tapi tidak membuat dehidrasi…

    wah..ga ada ya olahraga selama bulan puasa yang tidak membuat dehidrasi, tanpa olahraga aja kita bisa dehidrasi karena tidak minum, apalagi kalau olahraga….olahraga yang bagus dan mudah untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme adalah jalan cepat ya, bisa dilakukan sekitar1 jam sebelum berbuka dengan asumsi waktu untuk olahraganya 30 menit dan setelah itu istirahatnya 30 menit sebelum akhirnya bebuka puasa.

  6. Mas ge mna low bersepeda,apkh bgus buat membakar lemak di saat bulan puasa.dan berpapa lamanxa latihan,apabila bsa bersepeda….

    sepeda bisa untuk membakar lemak badan ya, lakukan minimal 30 menit diluar waktu pemanasan (5-10 menit pertama bisa dianggap sebagai pemananasan).

  7. punten
    saya memiliki berat badan yang kurang untuk ukuran tinggi badan saya, umur saya 24, tinggi badan 171 cm dan berat badan saya cuma 55 kg.
    saya sekarang sudah berusaha menaikkan berat badan dengan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dan meningkatkan intensitas makan perharinya, sampai sekarang masih belum ngefek.
    terus salah satu teman saya menyarankan untuk latihan kardio.
    yang ingin saya tanyakan bukankah latihan kardio itu malah untuk menurunkan berat badan?
    terima kasih

    note: saya semi vegetarian, tidak suka susu dan yang manis

    ada tipe orang yang memang badannya tidak dapat menyimpan banyak lemak ya, jadi walau sudah makan banyak tetap saja badannya tidak bisa menjadi gemuk karena kelebihan kalori yang dimakannya di bakar dengan sendirinya oleh tubuh dengan cara menaikan metabolisme badan. untuk yang seperti ini, salah satu cara untuk dapat menaikan berat dan memperbaiki penampilan adalah dengan menambah masa otot tubuh melalui latihan beban ya dan makan2an sumber protein untuk menunjang proses pembentukan ototnya tersebut. salah satu sumber protein yang baik adalah tempe yang mempunyai komposisi asam amino lengkap sehingga dapat menggantikan sumber protein hewani.

    kalau latihan kardio memang untuk membakar kalori dan biasanya dilakukan dalam rangka untuk menurunkan berat badan.

  8. gimana cara yang efektif membakar lemak tapi tidak mengikis otot?

    otot terkikis karena proteinnya di pecah dan digunakan sebegai sumber tenaga saat konsumsi karbohidrat berkurang. oleh karena itu untuk mencegahnya, maka konsumsi protein sebaiknya ditingkatkan jika asupan karbohidrat dikurangi sehingga jika terjadi kekurangan sumber energi untuk suatu aktifitas, maka protein yang dikonsumsi itulah yang akan digunakan, bukan protein dari otot.

  9. jadi cara yang pertama tu g cocok y buat muscle builder?
    trus cara membakar lemak buat muscle builder tu gmn?
    kalo dalam tubuh uda g ada karbohidrat yang dipake buat tenaga tu sebenernya protein pa lemak?bingung….

    biasanya sih ada 2 tahap yang dilakukan dalam proses pembrntukan tubuh, pertama adalah tahap bulking atau peningkatan masa otot, dan lainnya adalah tahap cutting atau proses pembuangan lemak.
    saat bulking, biasanya konsumsi karbohidrat cukup banyak untuk mengoptimalkan latihan berat yang dilakukan, dan juga untuk mencegah penggunaan protein sebagai tenaga.
    saat cutting, biasanya konsumsi karbohidrat dikurangi agar proses pembakaran lemak lebih optimal, dan konsumsi protein ditingkatkan untuk mencegah penggunaan protein sebagi tenaga. di saat cutting ini latihan dilakukan dengan beban lebih ringan dibanding saat bulking.
    jadi 2 tahapan ini dilakukan bergantian, misal bulking selama 6 bulan, setelah itu dilanjutkan dengan cutting selama 2-3 bulan untuk membuang lemak, karena pada saat bulking pasti akan terjadi juga peningkatan lemak tubuh yang disebabkan asupan kalori yang cukup tinggi saat itu.

    lemak badan akan efektif dipakai saat kita melakukan aktifitas kardio dengan intensitas sedang, selain dari itu, misal hanya melakukan jalan santai saja, maka protein yang akan digunakan dan bukan lemak. jadi lemak tidak bisa atau akan sulit digunakan jika kita tidak melakukan aktifitas kardio yang baik, sementara protein otot merupakan salah sumber tenaga yang lebih mudah digunakan dalam aktifitas biasa dibanding lemak.

  10. kalau mau nurunin berat badan kan selain olahraga harus atur pola makanan dan mengatur apa saja yang tidak boleh dimakan. Minta sarannya dong apa aja yang boleh dimakan sama yang gak boleh dimakan Makasih.

    untuk makanan, bisa lihat di http://jepretanhape.wordpress.com/2010/08/07/tips-fitnes-mengenal-jenis-karbohidrat/

    http://jepretanhape.wordpress.com/2010/02/09/tips-meningkatkan-metabolisme-melalui-makanan/

    http://jepretanhape.wordpress.com/2008/12/18/tips-mengurangi-pemasukan-kalori-dari-makanan/

  11. Mas, permisi tanya mas.
    ini kan latiannya itu 1 hari, untuk pembakaran dilakukan 15-20 menit, nah ini tuh, dilakukan 1x tiap hari, atau berapa kali dalam 1 hari?
    lalu, apakah untuk pembakaran lemak ini diperlukan waktu istirahat? dalam arti, butuh day off?

    Best Regards
    reza

    cukup sekali sehari ya dan day off bisa dilakukan setiap 2-3 hari sekali, atau kalau memang lemaknya ingin dihilangkan banyak, bisa lakukan latihan 5-6 hari berturutan dansetelah itu off 1-2 hari.

  12. mas mau nanya ni,..
    klo misal kita sehari latihan kardio,..terus sehari lagi latihan beban,kira2 bagus gak itu??

    bagus kalau bisa seperti itu ya, jadi badan juga tidak terlalu cape :-)

  13. kak, misalnya 132.6 detak per menit itu aktivitasnya apa aja? terimakasih

    bisa dicpai dengan melakukan latihan kardio ya, misal jalan cepat selama 30 menit

  14. Halow mas..saya kan kardionya skipping/lompat tali..saya kerjain setiap bangun tidur..agar lebih efektif membakar lemak kira kira berapa lama waktu latihannya mas..thanks

    coba lakukan selama 30-45 menit ya

  15. salam bang
    saya 2 hari sekali selalu latihan cardio, jogging sebentar dan diteruskan dengan lari cepat jarak pendek skitar 300 mtr gitulah, saya ingin berotot kering eh malah kurus kering, stiap hari saya konsumsi putih telur 2 butir. tapi belum kliatan hasilnya neh bang! mohon sarannya! sy juga rutin 3 x dalam sminggu angkat beban!

  16. Wah setelah melakukannya..
    jadi terasa enak. :)
    latian kardio 30 menit, disambung dengan menyantap latian beban yang disaranin abang. sehari 1 bagian otot, dilanjut besoknya bagian otot lainnya, disambung besoknya lagi bagian otot lainnya lagi..
    syukur syukur sekarang berat badan dah turun 20kg.
    aga mumet nih mikirin baju dan celana :D
    Thx for the tips bang :D

  17. mas, latihan apa saja yg bisa membakar lemak perut bagian bawah?
    Makasih

    proses pembakaran lemak itu terjadi secara menyeluruh ya, jadi dengan latihan kardio yang mana saja, maka lemak-lemak yang ada di tubuh pelan-pelan akan terkikis, walaupun lemak tersebut adanya di perut bawah.

  18. mas, bagi2 menu makanan sehat sehari2 dong…
    dalam sehari mas dodi mengkonsumsi makanan & minuman apa saja yg kaya protein tinggi..

    ketika masih aktif, makanan kaya protein yang banyak dikonsumsi adalah putih telur dan tempe.
    makan pagi biasanya lauknya 3 butir telur utuh, setelah itu antara pagi dan siang hari minum jus tempe (150gram tempe + 50 gram gula merah), siang lauknya putih telur 4-5 dengan 1 kuning telur, antara siang dan malam minum jus tempe lagi, malam makannya sayuran sama putih telur 5-6.
    kalau lagi punya uang, sebelum dan ketika bangun tidur minum susu skim (rendah lemak).
    1-2 jam mau latihan minum jus tempe dulu, habis latihan minum susu skim atau jus putih telur (5 putih telur + 50 gram gula merah) atau jus tempe.
    kalau lagi mau naikin berat badan, makan nasi porsi sedang 3 kali sehari + 3 kali minum jus tempe
    kalau lagi mau nurunin berat badan, makan nasi 2 kali sehari (pagi dan siang) + 3-4 kali minum jus tempe dan makan putih telur aja kalau malam.

  19. mas, klo kopi pahitnya diganti teh hijau pahit efeknya sama gak ya? karena teh kan juga mengandung kafein…

  20. ミ★αѕѕαℓαмυ’αℓαιкυм..★彡.
    permisi, nama q doni, tinggi badan 165, berat 72kg, kira2 latian yg cocok buat q apa ya, soalx perut q agak buncit, paha dan bokong q agak besar, ( ´ ▽ ` ) mαkαcíhhhh….. banyak

  21. makasih gan……………
    Tipsnya sangat membantu sekali……. … … .
    dan untuk toko baju senam fitnes yg lengkap di surabaya gan tau gak tempatnya..
    Moga sukses

    wah..ga tahu kondisi surabaya ya…

  22. mas mau tanya klo latian kardio saat pagi hari sprt senam, lari cepat tp tdk dlakukan d halaman trbuka misal sprt d lapangan tp d lakukan d dalam rumah apakah lat. kardio dlaksanakan dalam rumah bsa membkar lemak??? sya tunggu balasanx

    latihan kardio bisa dilakukan dimana saja ya, baik tempat terbuka ataupun tertutup. agar efektif membakar lemak, maka usahakan agar detak jantung bisa mencapai 65-75% dari detak jantung maksimum dalam 1 menitnya. untuk mengetahui berapa detak jantung maksimum kita, cukup kurangi 220 – umur. 220 adalah detak maksimumyang dimiliki oleh bayi. semakin bertambah umur, maka detak maksimum juga berkurang sesuai umur.
    agar efektif membakar lemak, lakukan latihan kardionya minimal 20 menit dalam kondisi detak jantung 65-75%.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s