Pegagan buat Lalapan


pegagan 985Ibu dulu tanam pegagan di pot biar daunnya nanti buat di lalap sama bapak. Bapak suka makan lalap-lalapan ya. Kata ibu, pegagan ini bisa buat obat juga. Tetanggaku yang anaknya kena autisme juga dulu suka mintain daunnya buat campuran makanan anaknya. Katanya bagus buat perkembangan otak anak yang autisme. Akhirnya ibu beliin pohon pegagan 1 pot buat tetangga itu.

Pohon pegagan ini rupanya mudah banget berkembang ya, apalagi di musim hujan kaya bulan-bulan ini. Akhirnya dari sedikit pohon pegagan yang di tanam di pot, sekarang di pekarangan rumah udah nyebar ke mana-mana.

pegagan 990pegagan 751bunga pegagan 1004bunga pegagan 1007

Nama latin pohon pegagan ini adalah Centella asiatica, (Linn), Urb. (= Hydrocotyle asiatica, Linn. = Pasequinus, Rumph. (sinonim)). Sedang nama lokalnya antara lain: Daun kaki kuda (Indonesia), Pegaga (Ujung Pandang); Antanan gede, Antanan rambat (Sunda), Dau tungke (Bugis); Pegagan, Gagan-gagan, Rendeng, Kerok batok (Jawa); Kos tekosan ( Madura), Kori-kori (Halmahera);

pegagan 986pegagan 706

Ternyata memang pohon pegagan ini banyak banget manfaatnya untuk pengobatan ya. Ini beberapa manfaat pohon pegagan untuk pengobatan yang terdapat dalam situs IPTEKnet.

1. Kencing keruh (akibat infeksi/batu sistem saluran kencing): 30 gram pegagan segar direbus dengan air cucian beras dari bilasan kedua.
2. Susah kencing: 30 gram pegagan segar dilumatkan, tempel di pusar.
3. Demam: Segenggam daun pegagan segar ditumbuk, kemudian ditambah sedikit air dan garam, saring. Diminum pagi-pagi sebelum makan.
4. Darah tinggi: 20 lembar daun pegagan ditambah 3 gelas air, direbus sampai menjadi 3/4-nya.  Sehari diminum  3 x 3/4 gelas.
5. Wasir: 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya direbus dengan 2 gelas air selama ± 5 menit.  Minum rebusan ini selama beberapa hari.
6. Pembengkakan hati (liver): 240 gram – 600 gram pegagan segar direbus, minum secara rutin.
7. Campak: 60 -120 gram pegagan direbus, minum
8. Bisul: 30 gram – 60 gram pegagan segar direbus, diminum. Pegagan segar dicuci bersih, dilumatkan ditempelkan ke yang sakit.
9. Mata merah, bengkak: Pegagan segar dicuci bersih, dilumatkan, diperas, airnya disaring. Teteskan ke mata yang sakit 3 – 4 kali sehari.
10. Batuk darah, muntah darah, mimisan: 60 – 90 gram pegagan segar direbus, atau diperas, airnya diminum.
11. Batuk kering: segenggam penuh pegagan segar dilumatkan, peras. Ditambah air dan gula batu secukupnya. Minum.
12. Lepra: 3/4 genggam pegagan dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air, sampai menjadi 3/4 -nya. Saring, diminum setelah dingin, sehari 3 x 3/4 gelas.
13. Penambah nafsu makan: 1 genggam daun pegagan segar direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas.  Minum sehari 1 gelas.
14. Teh daun pegagan  segar berkhasiat: Pembangkit nafsu makan, menyegarkan badan, menenangkan, menurunkan panas, batuk kering, mengeluarkan cacing di perut, mimisan.
15. Lalaban pegagan berkhasiat segar berkhasiat: Membersihkan darah, terutama pada bisul, tukak berdarah. Memperbanyak empedu, sehingga memperbaiki gangguan pencernaan.

Foto-foto hasil jeprat jepret hape sonny ericsson k800i.

About these ads

14 comments on “Pegagan buat Lalapan

  1. dimana cara kita untuk mendapatkan daun /pohon pegagan ,thank you

    pegagan biasanya tumbuh ditempat yang agak basah/lembab ya. nenekku bilang sih ini tanaman kali/sungai, karena biasanya banyak tumbuh dipinggir kali/sungai, dan juga pinggiran sawah ya (aku pernah lihat disuatu persawahan di daerah jawa timur sana). Kalau yang dirumahku si awalnya beli dari suatu pameran tanaman obat ya. kalau cari di penjual tanaman hias kayanya susah ya, karena bukan termasuk tanaman hias.

  2. khasiatnya kok masih ada yg kurang y?
    bisa memperlancar peredaran darah ke otak sehingga mengurangi penyakit “lupa” (pikun dini). tapi cara meramunya bagaimana? ada yang tahu?

  3. yooii bleh mnta cara meramunya gag
    thanks

    meramu apa ya???? soalnya dimakan langsung gitu aja ko sama nasi. kalo mau di buat teh, dijemur sampe kering, setelah itu di seduh dengan air panas seperti membuat teh biasa ya :-)

  4. Jaman sudah bertambah MAJU, jadi obat2an yg dapat dipercaya juga dapat kita pertimbangkan dengan pikiran kita yg sudah MAJU, jadi kebenaran DAUN PEGAGAN INI SAYA TAMBAHKAN LAGI,
    Memory and Mood, (menambah ingatan kita)
    Mental clarity, (menjernihkan cara berpikir kita)
    Concentration, (lebih menyimak)
    Alertness and Focus , (keadaan yg mulai menyalah dan dapat lebih mem focus kan kita)
    Thanks.

  5. oh ya dosis nya: 500 mg (boleh ditimbang)
    daun kering di jemur bisa direbus dibuat seperti minum teh, dan di lalap juga khasiatnya sama.
    yg sedang2 saja kalau mau dibuat lalap, tandanya dosis itu sudah cukup, leher kita sudah nolak, besok dimakan lagi, kalau sudah bosen berhenti dulu. Lain hari dilanjut lagi, kalau berlebih ditubuh kita juga akan tersimpan. Tapi simpanan ini kita tidak tau masih ada atau tidak, JADI DIBUKTIKAN DENGAN KEADAAN DENGAN MENTAL KITA TENTU TERASA TAMBAH CERDAS DAN JERNIH CARA BERPIKIR KITA, hasil yg lebih baik lagi, kalau kita sudah tua tidak ada penyakit dimentia (pikun). selamat mencoba Insya Allah berhasil jangan lupa berdoa juga dengan Tuhan yg Maha Kuasa. (karena pendekatan diri kepada Allah sub. adalah obat utama).

    makasih buat infonya ya :-)

  6. hebatnya daun ini konon lebih ampuh dari ginko biloba dalam hal penghantar asupan oksigen ke otak,jadi untuk mencegah kepikunan sangat bagus,ilmuwan di luar negeri sudah meneliti,tapi hasilnya masih dirahasiakan,karena menyangkut dollar yang banyak,saya lagi mencoba membudidayakan,mudah mudahan berhasil

  7. dimana bs dapetin pgagan yg trjangkau?

    di tempatku di jonggol masih ada tuh pohon nya ya, tumbuh di halaman belakang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s