Yang Unik: Pisang Merah


pisang merah 1591

Pernah lihat pisang merah belum? Aku juga sebelumnya belum pernah lihat ya.

Waktu hari minggu jalan-jalan sama istri ke Taman Mini Indonesia Indah, setelah putar-putar naik kereta gantung, kami mampir ke musium serangga. Di belakang musium serangga ini terdapat Taman Kupu-Kupu. Nah di dalam taman itulah istriku melihat dan menunjukan pohon pisang merah ini padaku.

Istriku bilang sih, di tempatnya (Ponorogo, Jawa Timur), pisang ini disebut pisang kidang (kidang=kijang; bahasa jawa). Sama seperti yang lain, pisang ini juga enak dimakan ya (tapi ini kata istriku loo, aku sih belum tahu rasanya kaya apa..)

Karena penasaran, akhirnya coba cari-cari informasi di internet, tapi ga banyak yang bisa didapat selain nama ilmiahnya adalah Musa velutina H. Wendl. & Drude atau bahasa Inggrisnya Fuzzy banana (sumber: wikipedia bahasa melayu).

pisang merah 1592

Tapi ada informasi menarik tentang pisang nih dari Gado-Gado Entrepreneurs

1. Sumber Kekuatan Tenaga
Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.
2. Manfaat untuk Ibu Hamil
Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.
3. Manfaat bagi Penderita Anemia
Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.
4. Manfaat bagi Penyakit Usus dan Perut
Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair)dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.
5. Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong.
Pure pisang ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.
6. Manfaat bagi Penderita Liver
Penderita penyakit liver bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.
7. Manfaat bagi Luka Bakar
Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.
8. Manfaat bagi Diabetes
Pada masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yakni pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan/pokok bagi orang yang menderita penyakit gula/diabetes melitus, terutama buah pisang goroho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur kelapa parut muda.
9. Pisang dan Kecantikan
Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.
10. Pisang untuk Mengatur Bobot Badan
Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.

About these ads

32 comments on “Yang Unik: Pisang Merah

  1. Baru saja saya menyapa anda dan teman-teman lainnya dalam sebuah karya saya. Tanpa bertanya terlebih dahulu, saya telah mencantumkan nama anda di dalam deretan nama-nama yang ada. Semoga anda tidak berkeberatan. Dan apabila ada kesalahan dalam penulisan nama anda mohon beritahu ke kami, maka kami akan segera memperbaikinya. Salam untuk anda dan selamat berjuang, tetap semangat.

    Saya juga telah membaca karya anda yang terbaru. Indah dan penuh makna. Saya juga melihat sesuatu yang selama ini aku cari. Yakni membuat bagian (baca selanjutnya) pada blog anda. Anda bisa membuat tulisan itu tampak ringkas, dan kalau orang mau membaca selangkapnya dia cukup mengklik bagian baca selanjutnya, maka akan tampil teks selenagkapnya. Kalo boleh saya berguru pada anda, bagaimana cara membuat bagian (baca selanjutnya )itu?
    Ma kasih

    wah..jadi tersanjung ni karena nama saya masuk dalam postingan anda…

    kalau untuk masalah membuat bagian (baca selanjutnya) itu, saya juga mendapatkan tutorialnya dari blog lain, yaitu dari Refleksi dan Blog Tutorial-nya blogger Indonesia fatih Syuhud.

  2. -Uu..Aa..Uu..Aa..
    (Kalo dimakan beracun ga ya?)

    -uu..Aa..U..A..U..A..
    (baru kali ni liat pisang warna merah!)

    -au..A…
    (cape deh..)

    Aaaaa…Uuuuu…Ooooo….
    (tarsan panggil monyetnya untuk makan siang pisang) hehehe :-)

  3. wah dulu pas di sumatera sering tuh makan pisang merah…. tp ya kulitnya doang.. klo dah mateng ada semburat kuningnya juga :D

    kata temenku yang orang medan juga di tempat asal dia ada banyak pohon pisang merah ini ya..wah…jadi pengen tahu ni gimana rasanya…

  4. keliate enak juga tuch pisang,entar mo cari di pasar johar ach…..to obat bapakQ yg lg sakit DM sekalian to aQ juga (berdiet) he..he…

    wah kalo mau diet harus hati-hati ya, jangan sampe salah pilih pisang, yang ga boleh untuk diet: pisang goreng, pisang molen, pisang keju, pisang bakar, pisang kolak :-)

  5. Ping-balik: 1000+ hits perhari!!!!! « Jeprat Jepret Hape

  6. pisang merah, ps variegata, ps ungu, ps seribu, ps lampeneng, ps udang, ps badak dll….cuma ps hitam/wulung yg blm ada…

    o gitu. thx ya buat infonya :-)

  7. aku punya pisang seperti itu tapi ukuran buahnya sebesar jari kelingking,warna buah & jantungnya pink…jantungnya keatas dan buahnya pun ngak banyak sekitar 12 buah…katanya sih pisang songgo buwono…aku sendiri blm tau namanya

  8. pisang merah baru tahu dari orang-0rang dan internet kalau wujud aslinya sih belum pernah lihat, kalau ada iformasi bibitnya kira2 ada nggak di daerah jawa timur, apa bisa tumbuh dengan baik di daerah kami

  9. kira kira manfaatnya smangga dengan pisang pisang yang lain kalau mau nanam kira ada ngga ya bibitnya d malang dan apa bisa tumbuh dengan baik di malang

  10. wow,,,takjub !!!
    pengetahuan saya semakin bertambah,,
    rasanya sama seperti pisang yg lain???

    aku juga belum pernah ngerasain seperti apa rasanya ya…

  11. waw!!!! hebat tu pisang dpt hdp dmn aja? n rasana enak enggk?
    atau mungkn untk hiaan juga bgs tuuu!!

    kayanya sih bisa tumbuh dimana aja ya, cuma kata yang pernah makan, rasanya ga seenak pisang ambon.

  12. aku jg punya pisang merah tp jantungnya menjuntai kebawah n pohonnya jg berwarna gelap kemerahan2 lain dgn daun pisang yg pd umumnya rasanya enak..!!!

  13. seperti yang ellis katakan dirumahku juga punya pisang yang sama, malahan skrang aku lagi nikmatin pisang merahni, rasanya enak banget,agak masam2 manis..

  14. Ping-balik: menyelami lebih dalam pohon pisang « guswik

  15. Pisang merah emang sudah sangat langka dan banyak sekali khasiatnya, saya mendapat bibit 3 tahun lewat di suatu gunung dan alhamdulillah saya sudah merasakan banyak khasiatnya/mampaatnya.
    Yang perlu informasi pisang tersebut bisa hub saya di no.081280844659/08176452056 (Bagja)

  16. itu pisang merah memang ada, orang jawa menyebut pisang gendruwo……
    besar-besar, warnanya menarik….rasanya manis…

  17. PISANG KEPOK TANJUNG (PISANG TAHAN PENYAKIT)
    Bila Anda Berminat Dapat Menghubungi Kami di- O853-7624-4454

    UBI GAJAH
    Ubi Gajah memiliki bentuk yang sangat besar serta dapat di konsumsi dangan memiliki rasa khas lembut, mempur dan enak. Singkong gajah atau ubi gajah sama saja memiliki rasa yang unik dan enak.

    Bila Anda Berminat Dapat Menghubungi Kami di- O853-7624-4454

  18. Kalo pisang yang ini setahu saya di jawa disebut pisang Songgo Buwono atau pisang kidang. Pisang ini lebih cocok untuk dijadikan pisang hias karena kebanyakan dari jenis ini banyak mengandung biji pada buahnya, seperti pisang Kluthuk. Saya juga baru dapat bibitnya (bonggolan), tapi belum tau apakah dari jenis yang merah atau yang lain..soalnya memang ada banyak macamnya. Yang jelas tipe pohonnya agak langsing, tidak terlalu tinggi dan tongkol pisangnya tumbuh keatas.
    bisa searching di google ‘MUSA VELUTINA’ :-)

    o gitu. makasih buat infonya ya

  19. Kalau pisang merah yang pohonnya besar namanya Pisang Udang atau Raja Udang, kulitnya berwarna merah gelap saat buah masih muda dan menjadi agak semburat orange kalau sudah matang, posisi tandan pisang biasa (tidak keatas). Pohonnya besar (normal) dengan batang dan tulang daun berwarna kemerahan, tapi daunnya tetap hijau. Pisang ini yang biasa untuk dikonsumsi, tapi memang jarang di pasaran.
    Tapi ada satu lagi pisang merah sumatera (Musa acuminata sumatrana), yang ini warna buahnya mirip Pisang Udang tapi ukuran buah agak kecil. Bedanya pisang ini memiliki daun yang berbercak/ loreng merah dan hijau, seperti ditumpahi darah..

  20. Buat user name “bagus”..mohon kontak sy email bungadua92@yahoo.com. sy tertarik dgn koleksi pisangnya. Ato yg punya blog bisa kasih tau alamat email ” BAGUS” atau contact person nya. Tks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s