Bunga Merah Bunga Keladi


bunga keladi 2754bunga keladi 2227

Berdasarkan buku tentang keladi dan alokasia hias yang aku pernah beli beberapa waktu lalu untuk ibuku, kayanya sih ini sebenernya tanaman hias ini bukan termasuk jenis pohon keladi ya, tapi termasuk jenis pohon alokasia. Seperti juga kuping gajah yang ternyata bukan pohon keladi tetapi pohon alokasia. Keladi dan alokasia merupakan tanaman yang masih satu keluarga (family: Araceae) yang kadang katanya sulit untuk dibedakan.

bunga keladi 1948bunga keladi 1951

Ada lagi ternyata yang masih sekeluarga dengan keladi (caladium) dan alokasia (alocasia) yang bentuk dan rupanya juga mirip, yaitu jenis kolokasia (colocasia) dan xanthosoma. Wah kayanya cuma yang ahli tanaman ini aja mungkin yang bisa bedain jenis-jenisnya ya. Kalo aku sih ikutin yang umumnya aja deh, yang taunya cuma keladi..keladi..dan keladi, yang makin tua makin menjadi.hehehe

bunga keladi 2251bunga keladi 2750

Pohon ini ditanam di pot dan ditaruh di samping rumah. Kayanya bunganya bisa tahan beberapa minggu ya karena sampe sekarang masih mekar aja tuh.

bunga keladi 2243 bunga keladi 1987

Dari buku tentang Atlas Tumbuhan Obat Indonesia jilid 3 yang ditulis dr. Setiawan Dalimartha (anggota Bidang Pelayanan Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (Sentra P3T) DKI Jakarta) yang baru aku beli beberapa waktu lalu, tanaman dari suku Araceae ini namanya adalah nampu, atau nyampu (jawa tengah); atau cariyang bodas, atau cariyang beureum (sunda); dan ternyata juga adalah salah satu tanaman obat ya. Bener-bener ga nyangka deh ternyata ada khasiat untuk pengobatannya juga.

bunga keladi 2238bunga keladi 2747

…sssttt…nampu (Homalomena occulta [Lour.] Schott.) ini salah satu khasiatnya adalah untuk meningkatkan nafsu seks laki-laki ya… wah jadi pengen coba nih.hehehehe. Resepnya adalah sebagai berikut: cuci rimpang/umbi segar nampu (100 gr), lalu parut. Tambahkan garam dapur dan kelapa parut secukupnya, lalu kukus selama 20 menit. makan hasil kukusannya itu. (sumber: Atlas Tumbuhan Obat Indonesia jilid 3).

bunga keladi 2228bunga keladi 2231

__________________________________

Update: 06 juni 2009

bunga merah bunga keladibunga merah bunga keladi 03

Ternyata bunganya bisa bertahan sampai sekitar 4 bulanan ya, sampai akhirnya keluar lagi bunga yang baru. Setelah itu baru bunga yang lama mulai layu dan kering.

bunga merah bunga keladi 04bunga merah bunga keladi 02

Foto-foto bunga merah bunga keladi adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

About these ads

2 comments on “Bunga Merah Bunga Keladi

  1. Ping-balik: Bunga Merah Bunga Keladi | Isteri Puas 18SX Only

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s