Bunga Merah Pohon Rambat


bunga di kandang monyet 48Habis lebaran tahun kemaren (oktober 2008), aku sama istri ikut rombongan ibu-ibu RT jalan-jalan ke kebun binatang Ragunan. Acara pokok para ibu RT itu sih pengocokan arisan dan halal bi halal. Memang kadang kalo habis lebaran para ibu RT suka ngadain acara jalan-jalan ya yang dananya diambil dari tabungan mereka di RT. Ibuku termasuk salah satu pengurus acara arisan dan tabungan para ibu RT, jadi aku diajak ibu sekalian temenin istri yang memang belum pernah jalan-jalan ke Ragunan.

Ibu dah lama pengen pergi ke Ragunan, sejak dengar kalo di Ragunan ada Pusat Primata, yang isinya monyet melulu. Ibu pengen lihat gorila katanya (ga tahu juga kenapa ibu pengen lihat gorila ya?). Akhirnya aku sama istri ikutan masuk ke Pusat Primata ini juga. Setelah berdua muter-muter lihatin segala macem jenis monyet, akhirnya di tempat yang agak teduh kami duduk-duduk di batu besar yang memang banyak dijumpai di situ ya. Nah disitulah aku lihat bunga merah cantik ini yang tergeletak di tanah. Setelah tengok kiri kanan akhirnya ketemu juga pohonnya. Aku ga tahu bunga apa ini, tapi bentuk dan warnya menarik banget ya.

bunga di kandang monyet 45bunga di kandang monyet 47

***********

Beberapa bulan kemudian (februari 2009) ketika aku dan istri pergi jalan-jalan ke Taman Mini, aku melihat lagi bunga yang serupa ya. Pohonnya tumbuh merambat pada sebuat tiang didepan pintu masuk ke Taman Burung, yang  letaknya ada di bagian belakang Taman Mini Indonesia Indah.

DSC03353DSC03347

Terus terang saja, aku lupa kalo pernah melihat dan mengambil beberapa fotonya beberapa bulan lalu. Istriku lah yang mengingatkanku. Akhirnya aku ingat bahwa foto-foto bunga merah cantik ini pernah ingin aku postingkan, tetapi terus ga jadi. Untung aja draft-nya masih ada di Windows Live Writer-ku, akhirnya aku tambahin dengan foto-foto yang aku ambil di Taman Mini dan inilah hasilnya .

DSC03349DSC03350

Foto-foto bunga merah bunga rambat hasil jeprat jepret hape Sony Ericsson k800i.

*****

Posting terkait bunga belum tahu nama:
Kembang Tangkai Kait
Kembang (Seperti) Terompet
Foto Bunga Di Halaman Depan
Bunga Kuning Penghias Taman
Bunga Merah Di Pekarangan Rumah Nenek

5 comments on “Bunga Merah Pohon Rambat

  1. Halo Mas Dodi,
    Bunga merah ini nama latinnya Passiflora coccinea , salah satu jenis dari tanaman passiflora / passion fruit / markisa.

    Sekaligus aku identifikasi bunga lain yg belum ketahuan namanya, sbb :
    * Kembang (seperti) terompet itu adalah salah satu jenis dari Mandevilla
    * Bunga kuning penghias taman itu salah satu jenis dari family Lathyrus atau Sweetpeas.
    * Bunga merah di pekarangan nenek itu salah satu jenis dr crocus
    * Bunga di halaman depan itu adalmah salah satui jenis dari Iris

    Di Blogku aku sertakan banyak foto bunga yg bisa digunakan utk mengenal nama bunga, termasuk bbrp bunga di atas. Ini aku beri bbrp link nya :

    http://www.ibujempol.com/gambar-tanaman-hias-jenis-tanaman-hias-merambat

    http://www.ibujempol.com/gambar-bunga-tanaman-hias

    http://www.ibujempol.com/gambar-bunga-jenis-jenis-bunga-tanaman-hias

    wah…makasih banget nih dah di beri informasi, nanti saya main berkunjung ke blognya ya :-)

  2. Mas Dodi,
    Di ragunannya disebelah mana ya tanaman ini berada ?
    Di sekitar pusat primata itukah ?

    Thanks alot

    lokasinya di dalam pusat primata itu ya, jalannya kan dibuat berputar-putar di disitu supaya bisa berkeliling melihat kandang-kandang moonyet, jadi kalao ga salah ini di sekitar lokasi yang dibuat seperti bukit batu deh..

Berikan Balasan

