Akhirnya Rosella Merah pun Berbunga


rosela merah 4180rosela merah 4509

Sebenarnya pohon rosella yang sekarang tumbuh di halaman samping rumahku ini bukan yang sengaja ditanam ya. Mungkin ada biji rosella dari pohon sebelumnya yang terjatuh dan akhirnya tumbuh menjadi pohon baru.

rosela merah 4500rosela merah 4499

Bapakku yang punya penyakit gula, menurun kadar gulanya setelah mengkonsumsi teh rosella secara rutin ya. Akhirnya bapakku jadi tertarik untuk mencoba menanamnya, dan membeli biji untuk bibitnya dari penjual kelopak rosella kering langganannya. Aku pun dapat beberapa buah rosella dari seoarang teman yang telah menanamnya terlebih dahulu.

rosela merah 4485rosela merah 4487

Tapi sayangnya pohon rosella merah yang dulu telah tumbuh, berbunga dan berbuah itu tiba-tiba aja layu dan mengering. Ga tahu kenapa. Mungkin akarnya terserang hama kali ya. Nah dari pohon rosella inilah mungkin bibit-bibit rosella itu berasal dan akhirnya jadi tumbuhan rosella baru sebanyak 3 pohon. Kalo biji-biji yang lainnya sih masih disimpan sama bapakku, mungkin suatu saat nanti mau coba ditanam lagi ya.

rosela merah 4507rosela merah 4598

Sayangnya salah satu pohon rosella yang paling besar yang sekarang ini tumbuh pun tiba-tiba aja layu dan mengering ya. Seperti yang terlihat pada latar belakang foto buah rosella di sebelah kanan atas ini ya. Terlihat kan daunnya yang mulai layu :-(

rosela merah 4138rosela merah 4158

Dari Be&Bu, aku dapat keterangan yang menjelaskan efek farmakologis dari kelopak buah rosella ini ya, yang antara lain dapat berfungsi sebagai diuretik (melancarkan air seni), onthelmintic(membasmi cacing), antibakteri, antiseptik, antiradang, menurunkan panas, meluruhkan dahak, menurunkan tekanan darah, mengurangi kekentalan darah, dan menstimulasi gerak peristaltik usus. Daun, buah, dan bijinya juga berperan sebagai diuretik, antisariawan, dan pereda nyeri. Kelopak Rosella juga dapat mengatasi panas dalam, sariawan, kolesterol tinggi, hipertensi, gangguan jantung, sembelit, mengurangi resiko osteoporosis, dan mencegah kanker darah.

rosela merah 4184rosela merah 4213

Dan ini adalah resep untuk membuat teh rosella dari Be&Bu, ambil sekitar 3-4 kuntum bunga rosella segar, cuci bersih dan belah dua. Seduh dengan 200 ml air panas, aduk sambil sedikit di tekan-tekan kelopak bunganya hingga air berwarna merah, saring. Tambahkan 1 sdm air jeruk nipis dan 2 sdm madu. Sajikan hangat.

Kalau bapakku biasanya bikin teh rosella-nya dari kelopak rosella kering yang dibelinya ya, 3-5 buah diseduh dengan air panas, lalu gelasnya ditutup sampai akhirnya airnya dingin, baru kemudian diminum.

rosela merah 4207rosela merah 4210

Masih dari Be&Bu, yang berikut ini adalah cara membuat selai rosella. Bahan yang diperlukan adalah 250 g kuntum bunga rosella, 1 sdm tepung maizena, air 150 ml, gula pasir 150 g, air jeruk lemon/nipis 3 sdm, 1/4 sdt vanilla pasta dan ¼ sdt garam halus. Cara membuatnya; Blender bunga rosella dengan air dan tepung maizena hingga halus. Angkat. Tuang ke dalam panci, tambahkan gula dan air. Masak hingga mendidih, masukkan jeruk nipis, pasta vanili dan garam. Masak hingga tekstur saus mengental. Angkat. Simpan di dalam stoples kedap udara.

rosela merah 4211rosela merah 4513

Kalau dari MY IDEAS ada resep untuk membuat sirup dan  selai rosella juga nih.

Resep Sirup Rosella:
1. kelopak bunga rosella, sisihkan bagian dalamnya yg keras, ambil kelopak merahnya saja, 500gr
2. air 1000 cc
3. gula pasir 800 gr
Cara:
1. Cuci kelopak rosella, tiriskan
2. Masak air 1000cc hingga mendidih,begitu mendidih masukkan semua kelopak yg telah dicuci tadi,rebus 5 menit,
3. Angkat, dan sisihkan kelopak bunganya itu (airnya menjadi berwarna merah)
4.Masukkan gula pasir ke air rebusan tadi, masak lagi sampai gula larut
5. Setelah larut, matikan api, biarkan dingin,baru masukkan sirup yg telah jadi ini ke botol
6. Jika hendak dihidangkan, tuang sedikit sirup, lalu beri air dan aduk rata,siap dihidangkan

Resep selai Rosella:
1. sisa kelopak yang sudah direbus tadi (jadinya lembek)
2. beri air 100cc
3. beri gula pasir 100gr (kalo mau lebih boleh)
4. masak semuanya sampai kental
5. begitu dingin, bisa langsung digunakan untuk dioleskan ke roti.

rosela merah 4589rosela merah 4515

Foto-foto bunga rosella dan buah rosella adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

About these ads

29 comments on “Akhirnya Rosella Merah pun Berbunga

  1. kelopak bunga rosela apa sama dengan kelopak buah rosel??????? thks

    ya sama. sebenarnya yang dibilang kelopak bunga rosela itu adalah kelopak buahnya ya. Orang umumnya menganggap itu adalah kelopak bunganya, padahal itu adalah kelopak buahnya. jadi yang dikonsumsi itu sebenarnya adalah kulit buahnya ya, bukan kulit bunganya.

  2. maaf, saya mau tanya
    saya tertarik dengan pembuatan selai bunga rosella yang anda cantumkan di atas..
    yang ingin saya tanyakan adalah, apakah kelopak bunga yang dipakai berupa bunga segar atau bisa dengan bunga kering seperti yang dijual di pasaran yang sebelumnya dibasahi dengan air panas ( mungkin ) sehingga bisa diblender?
    mohon ditanggapi

    biasanya sih kalo untuk membuat selai yang digunakan adalah yang segar ya. Kalo pake yang sudah kering ga tahu juga apakah hasilnya akan sama seperti jika menggunakan yang segar.

  3. masa kadaluarsa syrup dan selai rosella sampai berapa lama ? aku ada rencana bisnis produk hasil olahan rosella, mohon batuannya dong selain selai dan sirup, produk apa aja yg bisa dibuat dengan bahan baku rosella. trims..

    wah…aku belum tahu juga ya, syrup dan selai rosela dapat bertahan berapa lama. Tapi produk yang sudah banyak beredar adalah rosela kering (teh rosela) yang nanti diseduh dengan air panas dan diminum.

  4. Makasih bwt artikelnya…
    SElain dikonsumsi bwt sirup & selai, apakah ada manfaat lainnya dari tanaman ini ?
    Dan, kira2 butuh waktu berapa lama untuk mencapai +/- 1 meter..???

    biasanya rosela dikeringkan untuk dijadikan teh rosela ya.
    butuh waktu berapa lama untuk bisa setinggi 1 meter ya??? pohon-pohon yang pernah ditanam dirumah ga mempunyai keseragaman tinggi ya, ada yang cepat prtumbuhannya, ada yang lambat. Kalo tanahnya cocok mungkin sekitar 2 bulanan dah bisa 1 meteran ya.

  5. aku juga punya tanaman rosella di depan rumahku.
    dan ketika tanamannya mulai berbunga maka semakin banyak hama putihnya yang membuat tanaman jadi layu kemudian mati. beberapa dah mati, tahu tidak gmn caranya membasmi hama kutu putih itu… mungkin ada sumber yang bisa saya jadikan referensi…

    wah..aku juga mengalami hal yang sama ya, n belum ketemu juga gimana caranya mengatasi hama tersebut

  6. coba disemprot pake pestisida alami seperti saran Pak Sob di blog…clearwaste.blogspot.com

    wah, makasih banget sama infonya ya, nanti aku coba lihat blognya ya

  7. Ass. bagaimana ya caranya membuat sirup kental rosella yang bisa tahan minimal setahun ?. mkh. Wslm.

    wa alaikum salam.. wah aku juga belum tahu tuh gimana cara buat selainya yang tahan lama ya.

  8. syukur alhamdulillah, teh rosellaku tumbuh subur, bunganya indah dan menyejukkan hati, khasiatnya pun luar biasa
    Kutanam dengan media tanah+pupuk kandang+abu gosok, subur sekali.

  9. terima kasih atas informasinya, sy jd tertarik untuk membuat sirup rosella dan alhamdullilah bunga rosella tumbuh subur walaupun dipekarangan rumah sy.

  10. salam..

    saat ini saya menjual CD cara berkebun teh rosella yang benar, hanya dengan harga 60 ribu/CD (sdh msk ongkos krm). CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya langsung di lapangan. dan ada juga buku panduannya (berwarna + bergambar) harga 60 ribu.

    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

  11. Mau nanya nih mas, klo yg d halaman rumahku kok bunga rosela nya berwarna merah ya? Jenisnya apa ya mas? Gimana cara mengeringkannya y? Soalnya d kelopak buahnya itu terdapat bulu2 halus..trus usia brp bulan y rosela bs kita petik? Hatur tenkyu sebelumnya.

    memang rosela katanya ada beberapa jenis ya, mungkin salah satunya yang berbunga merah itu ya, aku sendiri kurang begitu tahu tentang jenis-jenis lainnya. katanya sih kalau daun dibawah bunganya itu sudah mulai layu, maka bunganya bisa segera dipetik, kalau tidak maka kantung biji roselanya akan pecah (untuk menyebarkan bijinya) dan akan merusak kuntum bunganya itu. setelah dipetik, gunakan pisau kecil untuk melubangi bagian yang ada tangkainya untuk mengeluarkan bijinya, setelah itu dijemur dibawah simar matahari sampai kering.

  12. serius bertanggung jawab dapat dibuktikan dg membeli ROSELLA MERAH DAN UNGU dari kami ;berkwalitas asli dari kediri berminat hub ;087858831027

  13. hai, saya mau tanya,,

    dalam satu pohon, terkadang rosela ada yang mengeluarkan bunga berwarna putih, kadang tidak. seringnya langsung muncul kelopak buah berwarna merah. saya ingin bertanya, kenapa kok bisa seperti itu? kadang muncul bunga putih, kadang tidak. dan seringnya bunga putih tersebut tidak mekar sempurna. tidak seperti gambar di atas.

    mohon jawabannya. Terima kasih.

    setahuku sih berbunga dulu ya dengan kelopak berwarna hijau, setelah bunganya layu, baru kelopaknya berubah warna pelan-pelan menjadi merah. bunganya sendiri ga bertahan lama ya, pagi mekar dan sore mulai layu.

  14. mksh buat jawabannya. tapi saya masih penasaran. soalnya terkadang saya melihat bunga yang berwarna putih, tapi seringnya tidak (jadi langsung kelopaknya saja). yang ingin saya tanyakan, apakah setiap bakal biji/kelopak, sebelumnya muncul bunga yang berwarna putih itu terlebih dahulu?
    (gambar kedua dari atas, gbr sblh kiri ada bunga warna putih(terkadang saya lihat), gbr sblh kanan langsung kelopak (itu yg sering saya lihat).
    terima kasih.

    kalo di rumahku sih selalu berbunga dulu ya. jadi tiap melihat ada bakal buah yang baru, aku bisa tunggu kapan dia berbunga dan mekarnya, dan memang selalu ada bunganya ya.

  15. mantap sederhana jepretan anda …kebeulan bagi yang mau praktis kami adalah produsen sirup rosella dan manisan merek hilwa. kami membina ponpes ash sholihin di cibinong bogor untuk memandirikan mereka dengan memproduksi olahan rosela sebagai bahan baku utamanya. bagi yang berminat membeli atau menjadi reseler agen kami … kunjungi dan coment di blog kami http://ukmashsholihin.wordpress.com/

  16. Wah,,,terima kasih artikelnya tadinya saya bingung mau d apakan rosela ada beberapa batang d samping rumah,akhirnya kutemukan juga solusinya.

  17. Bunga rosella memang bagus untuk minuman kesehatan dan dapat di gunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit spt darah tinggi, kolesterol, migraine, dll. Tapi perlu di waspadai bagi yg punya sakit maag saat penyeduhan airnya harus di kasih lebih. Bila Butuh rosela merah, ungu, serbuk/rajang bisa hubungi 081335929777, Trim’s

  18. Saya tinggal di Solo derah-Jebres, ingin membeli bunga Rosella yang masih segar utk keperluan penelitian, kira-kira siapa yang dpt membantu memberikan info! Terima kasih.

  19. trims akan artikelnya

    saya punya pohon rosella tapi terkena serangan semut bagaimana cara pengobatannya??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s