Bunga Pukul Empat – Mirabilis jalapa L.


bunga pukul 4 kuning 2773bunga pukul 4 kuning 2817

NAMA
Indonesia: Bunga pukul empat; Kembang pukul empat, Kembang pagi sore, bunga waktu kecil (Sumatra); Kederat, segerat, tegerat (Jawa); Kupa oras, cako raha (Maluku); Bunga-bunga paranggi, bunga-bunga parengki (Sulawesi); Pukul ampa, turaga, bodoko sina, bunga tete apa (Sulawesi).
Asing: Beauty of the night, marvel of P (Inggris); Zi Mo li (China). 
Sinonim: Jalapa congesta Moench; Nyctago hortensis, Bot.

bunga pukul 4 kuning 2292bunga pukul 4 kuning 2428

KLASIFIKASI 
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Hamamelidae
                         Ordo: Caryophyllales
                             Famili: Nyctaginaceae
                                 Genus: Mirabilis
                                     Spesies: Mirabilis jalapa L.

bunga pukul empat 4678bunga pukul empat 4666

URAIAN
Herba tahunan, tegak, tinggi 20 cm – 80 cm, berasal dari Amerika Selatan, banyak ditanam orang sebagai tanaman hias di pekarangan atau sebagai pembatas pagar rumah. Tumbuh di dataran rendah yang cukup mendapat sinar matahari maupun di daerah perbukitan. Termasuk suku kampah-kampahan, berbatang basah, daunnya berbentuk jantung, warna hijau tua, panjang 2 cm – 11 cm, lebar 8 mm – 7 cm, pangkal daun membulat, ujung meruncing, tepi daun rata, letak berhadapan, mempunyai tangkai daun yang panjangnya 6 mm – 6 cm.

bunga pukul 4 kuning 2281bunga pukul 4 putih 2820bunga pukul 4 merah 3367

DSC04785DSC04787

Bunganya berbentuk terompet, dengan banyak macam warna, antara lain: merah, putih, jingga, kuning, kombinasi/belang- belang. Mekar di waktu sore hari dan kuncup kembali pada pagi hari menjelang fajar.

bunga pukul empat 4660bunga pukul empat 4673

Buahnya keras, warna hitam, berbentuk telur, dapat dibuat bedak. Kulit umbinya berwarna coklat kehitaman, bentuk bulat memanjang, panjang 7 cm – 9 cm dengan diameter 2 cm – 5 cm, isi umbi berwarna putih.

bunga pukul 4 kuning 2819bunga pukul 4 kuning 2779

KANDUNGAN KIMIA
Sebagai tanaman obat, kandungan kimia bunga pukul empat adalah sebagai berikut, akar mengandung betaxanthins; buah mengandung zat tepung, lemak (4,3%), zat asam lemak (24,4%), zat asam minyak (46,9%).
Akar, daun dan buah dapat dipakai untuk pengobatan luar.

bunga pukul 4 putih 2821bunga pukul 4 putih 2823

RESEP HERBAL BUNGA PUKUL EMPAT 
Acute arthritis: akar segar direbus, minum. Bila badan panas, ditambah tahu, bila badan dingin ditambah kaki sapi. Bunga putih bunga pukul empat direbus, minum. (Untuk merebus, tidak boleh memakai bahan dari besi (panci, sendok, dll.))

Bisul
a. Pada bisulnya dioleskan sedikit minyak kemiri. Daun kembang pukul empat dilayukan di atas api, kemudian dioleskan sedikit minyak kelapa, tengahnya dilubang dan letakkan di atas bisul.
b. 10 lembar daun kembang pukul empat dicuci, kemudian dilumatkan, ditambah air garam secukupnya, ditempelkan pada bisul dan sekelilingnya, Ialu dibalut.
c. Akar segar dibuang kulitnya, kemudian dilumatkan dan ditambah gula enau. Tempelkan pada bisulnya, sehari diganti 2 x.
Catatan: Daun bersifat maturatif (mempercepat pematangan bisul).

Jerawat: Buahnya mengandung zat tepung, dibuat tepung bedak. Tepung bedak ini ditambah air, kemudian dioleskan.

Catatan: Wanita hamil dilarang pakai ramuan dari tanaman ini.

bunga pukul 4 merah 3368bunga pukul 4 merah 3374

bunga pukul 4 kuning 2902bunga pukul 4 kuning 2777

bunga pukul 4 kuning 2271bunga pukul 4 kuning 2288

Foto tanaman hias, foto tanaman obat, foto bunga pukul empat adalah hasil jeprat jepret kamera HP sony ericsson k800i.

*****

Referensi

Situs:

IPTEKnet, Sentra Informasi IPTEK

Plantamor.com

About these ads

20 comments on “Bunga Pukul Empat – Mirabilis jalapa L.

  1. Menarik juga ya motret pake hape… saya tertarik pada foto-foto capung di blog Anda… dan saat ini saya juga coba berburu capung…

    wah..kalo gitu selamat berburu capung ya, semoga dapat foto yang bagus :-)

  2. Dimana ya bisa saya beli benih bunga ini. Pengen banget punya dengan aneka warna bunganya. Kalo ada, info ke tulangcumi@yahoo.co.id. Thanks.. Agis

    wah tinggal cari pohonya dan ambil bijinya ya. kalo mau nanti aku kirimin bijinya, tapi bulan depan habis lebaran ya, mau mudik dulu nih besok jumat, 12 agustus.

  3. Mas, boleh tau yang ada di mas warna apa bunganya?
    ibuku senang bener sama ini bunga.
    salam, surianto

    dirumahku sih yang ada yang warna kuning ya. tetapi di sekitar rumahku ada yang putih dan merah juga

  4. saya ingin menanam kembang pukul 4 dalam jumlah banyak.
    apakah bisa dikirimkan ke saya? saya ganti ongkos kirimnya. terima kasih.

    wah..untuk sekarang ini belum bisa ya, mungkin 1-2 bulan lagi baru bisa setelah mengumpulkan biji2nya terlebih dahulu

  5. waahh..bagus2 bgt bunga’a..
    kalo dulu deket rumahku banyak bgt bunga itu..nama’a kembang isuk sore (bahasa sunda)..
    skrg nyari bunga itu lumayan susah juga ya..

    serbuk biji nya bisa buat ngilangin flek hitam juga loohh..

  6. Excellent post. Keep writing such kind of information
    on your blog. Im really impressed by it.
    Hello there, You’ve done an excellent job. I will certainly digg it and individually suggest to my friends. I am confident they’ll
    be benefited from this site.

  7. wah, kalo sy ada merah buanyaaak bgt, skrg lg tunggu yg Orange baru tumbuh (blm berbunga), bibitnya baru ambil dr taman kota

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s