Cantiknya Bunga Kangkung Pagar


Bunga kangkung pagar 01

Dulu waktu aku kecil, di dekat rumahku ada tanah kosong yang ditumbuhi oleh tanaman ini. Saat itu sih aku mengenalnya sebagai pohon kembang terompetan karena bunganya yang seperti terompet.

Bunga kangkung pagar 02

Sudah lama sekali ya aku tidak pernah melihat lagi tanaman ini, sampai akhirnya aku pergi kampung istriku di Ponorogo, Jawa timur. Di sana di sepanjang pingir sungai kering tumbuh tanaman ini. Kata istriku sih namanya pohon kangkung pagar. Sempat ketawa juga waktu mendengarnya ya, masa sih namanya pohon kangkung hehehe.

bunga kangkung pagar 07Bunga kangkung pagar 04

Tapi setelah mencari-cari informasi di Plantamor.com, ternyata benar namanya adalah kangkung hutan atau kangkung bandung.

Ini adalah klasifikasi ilmiah kangkung hutan dari plantamor.com
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Asteridae
                         Ordo: Solanales
                             Famili: Convolvulaceae (suku kangkung-kangkungan)
                                 Genus: Ipomoea
                                     Spesies: Ipomoea fistulosa Mart.Ex.Cholsy

bunga kangkung pagar 05

Ternyata tanaman ini mempunyai khasiat obat juga ya. Daun Ipomoea fistulosa berkhasiat sebagai pelega perut, minyak dari biji
berkhasiat sebagai obat penyubur rambut dan obat bisul.

Untuk pelega perut dipakai 4-5 lembar daun segar Ipomoea fistulosa, dicuci, diasapkan sebentar diatas api, setelah itu dimakan sekaligus.

Daun Ipomoea fistulosa mengandung alkaioida, saponin, flavonoida dan tanin.

(sumber: Herbal-Obatalami.com)

belalang sangit di daun kangkung pagarulat di pohon kangkung pagar

Serangga yang paling sering aku lihat ada di pohon kangkung pagar ini adalah belalang sangit ya. Tapi herannya, belalang sangit itu banyak berkumpulnya hanya pada pagi hari sampai menjelang siang ya. Kalau sudah siang atau sore sudah tidak tampak lagi seekor pun. Selain belalang, aku juga melihat ada ulat hijau besar yang memakan daunnya ya.

Foto-foto cantiknya bunga kangkung pagar adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

About these ads

5 comments on “Cantiknya Bunga Kangkung Pagar

  1. apa kah kelebihan atau pun kekurangan sayur kangkung ni?

    Wa alaikum salam..
    untuk kangkung yang biasa disayur (bukan yang ada di posting ini ya), ini ada sedikit informasinya ya:

    Kangkung atau Ipomoea reptans terdiri dari dua varietas, yakni kangkung darat yang disebut kangkung cina dan kangkung air yang tumbuh secara alami di sawah, rawa, atau parit. Perbedaan antara kangkung darat dan kangkung air terletak pada warna bunga. Kangkung air berbunga putih kemerah-merahan, sedangkan kangkung darat berbunga putih bersih. Perbedaan lainnya terletak pada bentuk daun dan batang. Kangkung air berbatang dan berdaun lebih besar dibandingkan kangkung darat. Warna batangnya juga bebeda. Kangkung air berbatang hijau, sedangkan kangkung darat berbatang putih kehijau-hijauan. Selain itu, kangkung darat lebih banyak bijinya daripada kangkung air. Itulah sebabnya kangkung darat diperbanyak lewat biji, sedangkan kangkung air diperbanyak dengan menggunakan stek pucuk batang.

    Tanaman kangkung berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika. Kangkung banyak ditanam di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat. Kangkung termasuk suku Convolvulaceae atau keluarga kangkung-kangkungan, merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan memberikan hasil dalam waktu 4-6 minggu sejak dari benih.

    Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan sitosterol.

    Secara farmakologis, kangkung berperan sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), dan sedatif (obat tidur). Sebenarnya ada beberapa manfaat lain dari tanaman kangkung, yaitu:

    Mengurangi haid
    Daun kangkung (kira-kira setengah kilogram) dicuci dan ditumbuk halus. Lalu tuangkan air setengah gelas. Kemudian saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari sekaligus.

    Mimisan
    Seikat daun kangkung yang segar dicuci dan ditumbuk halus. Tambahkan sedikit gula dan seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari.

    Ambeien
    Segenggam akar kangkung dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.

    Insomnia
    Daun kangkung sering dikonsumsi dalam bentuk tumis kangkung tanpa batang.

    Sakit gigi
    Segenggam akar kangkung ditambahkan setengah sendok teh cuka, kemudian direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.

    Melancarkan air seni
    Segenggam akar kangkung direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.

    Menghilangkan ketombe
    Seikat daun kangkung direndam semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Sebaiknya dilakukan setiap hari.

    Sembelit dan mual pada ibu hamil
    Ibu hamil dianjurkan untuk sering mengonsumsi tumisan sayur kangkung.

    Gusi bengkak
    200 gr akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan 200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan itu digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan hal tersebut berulang-ulang.

    Kapalan
    Bagian kulit yang menebal diolesi dengan getah kangkung dan lakukan setiap hari.

    Kulit gatal karena eksim
    Daun kangkung segar dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya sekitar 5 menit. Setelah hangat, pakai untuk mencuci bagian yang sakit. Lakukan setiap hari.

    catatan: kangkung adalah salah satu makanan yang perlu dihindari ketika menderita rematik

    (http://elkim.wordpress.com/2007/11/20/manfaat-kangkung/)

  2. Di kampungku disebut krangkong, banyak tumbuh liar di tepi kali atau rawa2. Cantik fotonya dan bunganya + daun utuh gak bolong2 dimakan ulat kaya’ di kampungku.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s