Merah Putih Tapak Dara-ku


Foto-foto pohon tapak dara dari kamera HP Sony Ericsson K800i.
Ternyata pohon tapak dara itu mulai dari akar, batang, daun sampe bunganya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan ya, mulai dari luka, bengkak, bisul, borok, demam, kurang darah, sampe sakit gula, darah tinggi, leukimia, asma, kanker rahim, kanker payudara. Wah wah banyak manfaatnya juga ternyata ya, tapi harus hati-hati juga lo karena katanya pohon tapak dara ini juga sedikit bersifat racun ya.

tapak dara 06 Di halaman depan yang ga berapa luas, ibu ada tanam pohon tapak dara. Pohon ini rajin juga berbunganya ya. Biasanya si anak-anak perempuan kecil disekitar rumah suka banget metikin bunganya buat mainan. Karena dari kecil aku sering disuruh ibu untuk ngurus tanamannya, akhirnya jadi suka juga deh sama bunga-bungaannya ya.

Di bawah ini ada beberapa hasil jepretan dari kamera hpku ya. Lumayanlah buat cadangan wallpaper hp.

tapak dara 01tapak dara 02

Selain pohon tapak dara yang berbunga warna merah, ibu juga tanam yang berbunga warna putih. Di tanamnya didalam pot dari panci bekas n ditaro di teras atas rumah. Mungkin karena ditanamnya dalam pot dan diletakan di tempat yang selalu kena sinar matahari, pohonnya jadi tidak serimbun dan sehijau yang ditanam halaman depan ya. Batangnya aja yang tumbuh panjang dengan sedikit daun yang tumbuh diujungnya yang warnyanya juga ga ijo-ijo banget. Salah satu bijinya rupanya tertiup angin dan akhirnya tumbuh di bawah tangki air yang ada di dak samping diatas kamar mandi. Mungkin karena tempatnya agak teduh dan dapat air yang cukup dari luberan tangki air, pohonnya jadi lebih subur dan hijau dibanding yang di pot, tapi tetap dengan karateristik yang sama, batang memanjang dengan daun-daun diujungnya.

tapak dara putih 01tapak dara putih 05

Karena seringnya hujan belakangan ini, pot-pot tanaman yang ditaro di teras atas rumah jadi jarang ditengok karena kadang ga perlu disiram lagi selama beberapa hari. Ketika akhirnya dilihat, kok pada gundul sih daun-daun pohon tapak daranya? Setelah dilihat lebih dekat lagi..astaga rupanya ada yang lagi asik menikmati daun-daunnya ya…

ulat di pohon tapak dara 05ulat di pohon tapak dara 06

Ga tau kenapa, salah satu pohon tapak dara yang ditanam dipot yang ditaro diteras atas lama-lama kok jadi agak lucu bentuknya, kalo aku perhatiin jadi kaya bonsai ya. Akhirnya aku pisahin aja dari yang lainnya. Aku cabut dan tanam di pot tanah yang kebeneran lagi kosong.

tapak dara bonsai 04tapak dara bonsai 03

Setelah browsing liat-liat situs lain tentang pohon tapak dara dara (Catharanthus Roseus [L.] G. Don) ini, ternyata pohon ini mulai dari akar, batang, daun sampe bunganya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan ya. Katanya si yang biasa dipake untuk pengobatan adalah  pohon tapak dara yang berbunga putih ya, karena sifatnya yang lebih dingin atau yin. Sementara bunga tapak dara yang berwarna merah biasa digunakan untuk menghentikan pendarahan.

Ini beberapa resep pengobatan yang bisa dicoba yang menggunakan pohon tapak dara:

Sakit gula/kencing manis (Diabetes mellitus):

  1. Rebus sampe mendidih 10-16 lembar daun tapak dara dengan 3 gelas air  hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, air rebusannya diminum. Ulangi sampe sembuh.
  2. Rebus sampe mendidih 35-45 gram daun tapak dara ditambah dengan adas pulawaras dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Diminum setelah dingin, dan ulangi sampe sembuh.
  3. Rebus sampe mendidih 3 lembar daun tapak dara dan 15 kuntum bunganya dengan 4 gelas air hingga tinggal 1.5 gelas. Diminum pagi dan sore hari setelah makan.

Tekanan darah tinggi (Hipertensi):

  1. Rebus 15-20 gram daun tapak dara kering dan 10 gram bunga krisan dengan 2.5 gelas air sampe mendidih dan disaring. diminum tipa sore.
  2. Seduh 7 lembar daun atau bunga tapak dara dengan 1 gelas air dan biarkan beberapa saat, lalu disaring. Diminum menjelang tidur.

Leukimia : Rebus 20-25 gram daun tapak dara dan adas pulawaras dengan 1 liter air dan disaring. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Asma dan Bronkhitis: Rebus 1 potong bonggol akar tapak dara dengan 5 gelas air. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Demam: Rebus sampe mendidih 1 genggam daun tapak dara (12-20 gram), 3 potong batang dan akarnya hingga tinggal 1.5 gelas. Diminum pagi dan sore hari ditambah gula kelapa.

Radang perut dan Disentri: Rebus sampe mendidih 15-30 gram daun tapak dara kering dengan 3 gelas air. Diminum pagi dan sore hari ditambah gula kelapa.

Kurang darah: Rendam 4 putik bunga tapak dara putih dengan 1 gelas air, lalu ditaro diluar rumah semalamam. Diminum di pagi hari dan lakukan secara teratur.

Tangan gemetar: seduh 4-7 lembar daun tapak dara dengan 1 gelas air panas dan disaring, lalu diminum biasa.

Gondong, Bengkak, Bisul dan Borok: Tumbuk halus 1 genggam daun tapak dara, lalu tempelkan pada bagian yang luka.

Luka bakar: Rendam dengan air beberapa daun tapak dara dan 0.5 genggam beras, kemudian tumbuk bersama-sama sampe halus, lalu tempelkan pada bagian yang luka.

Luka baru: Kunyah sampe lembut 2-5 daun tapak dara lalu ditempelkan pada bagian yang luka.

Sumber: IPTEKnet

*********************

Untuk mengatasi kanker: 15 gram tapak dara segar, 30 sampai 60 gram daun pepaya segar, 30 gram daun bayam merah, 30 gram rumput mutiara, direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan ditambahkan madu, diminum tiga kali sehari sebanyak 100 cc (tetap konsultasi ke dokter).

Mengatasi kanker payudara: 6 sampai 15 gram tapak dara kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

Mengatasi kanker rahim: 15 gram bunga tapak dara, 30 gram rumput lidah ular, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc dan diminum airnya.

Mengatasi hipertensi: 15 gram daun atau bunga tapak dara direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur.

Obat diabetes: enam lembar daun tapak dara, 15 kuntum bunga tapak dara, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian, disaring dan diminum airnya dua kali sehari, pagi dan sore.

Mengatasi batu ginjal: 30 gram daun tapak dara, 30 gram daun keji beling, 15 gram daun tempuyung, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian, disaring dan diminum dua kali sehari.

Sumber: indonesiaindonesia.com

*********************

Kanker payudara: Bahannya memerlukan 22 lembar daun tapak dara, buah adas (Foeniculum vulgare), dan kulit kayu pulasari (Alyxia reinwardti). Adapun cara membuatnya, yaitu ketiga bahan tersebut dicuci bersih kemudian direbus dalam air sebanyak tiga gelas.
Tambahkan gula merah secukupnya dan biarkan mendidih sampai tinggal setengahnya. Setelah dingin saring dengan saringan teh dan ramuan ini diminum tiga kali sehari (pagi, siang, malam) masing-masing setengah gelas. Minumlah selama 1bulan.

Oya, pohon tapak dara ini katanya juga sedikit bersifat toksik/racun ya, makanya penggunaannya sebagai obat harus dibatasi. Tanda-tanda keracunan pohon Tapak Dara adalah seperti demam, loya dan muntah-muntah dalam tempo 24 jam. Tanda-tanda yang lain adalah neuropati, kehilangan refleks tendon, berhalusinasi, koma, sawan dan kematian.

Sumber:

Wikipedia

*********************

Catatan:

  1. Diluar negeri herba tapak dara sudah dibuat obat suntik yaitu vincristine dan vinblastine ijeksi
  2. Perempuan hamil dilarang menggunakan tumbuhan obat ini

*********************

Nama lain pohon tapak dara antara lain : Ammocallis rosea Small; Lochnera rosea Reich; Vinca rosea L.; rutu-rutu, rumput jalang (Sumatera); kembang sari cina, kembang serdadu, kembang tembaga, paku rane, tapak doro, cakar ayam, tai lantuan (Jawa); kembang tembaga beureum (Sunda); tapak lima (Bali); sindapor (Sulawesi); usia (Maluku); Keminting cina, rumput jalang, ros pantai (Malaysia); chang chun hua (Cina); hoa hai dang, dira can (Vietnam); tsitsirika (Pilipina); soldaten bloem (Belanda); vinca, madagascar periwinkle, rose periwinkle (Inggris). (dari berbagai sumber)

Iklan

6 comments on “Merah Putih Tapak Dara-ku

  1. Mau berbagi Info nih…..

    Kenapa dalam satu keluarga yang pola hidup, pola makan dan lingkungannya sama, namun bisa ada yang mudah sakit sementara yang lain tidak? Ada yang mudah kena penyakit seperti flu atau demam dan cepat sembuh, tapi ada pula yang lama sembuhnya.

    Apakah penyebabnya ?….

    Kesehatan kita dipengaruhi langsung oleh sistem imun. Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit yang terdiri lebih dari triliyunan sel-sel NK ( Natural Killer), yang jumlah berat totalnya kira-kira 1 kg
    (2,2 pons).

    Apa Itu sel NK ?…

    Sel NK (Natural Killer) adalah sel imun yang bertanggung jawab mencari dan memusnahkan sel-sel “jahat” asing yang tidak dikenali oleh tubuh, termasuk sel kanker dan sel yang terinfeksi serangan virus, bakteri, dll. Jika seseorang memiliki aktivitas sel NK kurang dari 20% maka akan beresiko mudah terserang penyakit atau kurang kekebalan tubuh dalam upaya sembuh dari penyakit.

    Dari penelitian, Transfer Factor [ TF ] yang diekstrak dari kolostrum dengan teknologi Nano Factor mampu meningkatkan aktivitas sel NK sebanyak 103%. dan campuran TF dengan bahan-bahan alami lain yang berada pada 6 tingkat pertama daftar bahan awal induk mampu meningkatkan sel-sel NK menjadi 283%-437%. Perlu diingat, TF sendiri bukan obat, namun TF akan melatih / mendidik dan merangsang sistem kekebalan tubuh seseorang untuk melawan dan mengatasi penyakit tersebut.

    Blog : http://4lifetransferfactorindonesia.wordpress.com

    Ryan & Kenny
    0818.07183888

    wah..makasih buat infonya yang menarik banget ya, jadi tambah pengetahuan ni. salam kenal ya, makasi dah mampir dan kasi informasi yang menarik 🙂

  2. Ping-balik: Gaya Ulat Berjemur Mandi Sinar Matahari pagi « Jeprat Jepret Hape

  3. Saya pernah meramu daun tapak dara yang putih untuk menurunkan tekanan darah tinggi, alhamdulillah hasilnya signifikan sangat membantu, meskipun aromanya langu dan pahit rasanya. Tapi untuk kesembuhan kan tidak apa-apa sing penting sehaaaat …
    Di tempat saya ada.. mungkin ada yang perlu!

  4. Postingannya menarik sekali..ternyata tapak dara memiliki segudang manfaat. Perlu disebarluas neh..biar pada tahu manfaat tapak dara…Makasih informasinya.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s