O Lalat…


Lalat ternyata hewan superproduktif ya walau umurnya pendek hanya 3 bulan. Bayangin aja dalam tempo 5 bulan, seekor induk lalat akan berkembang biak menjadi 5,5 miliar lalat. Cck..cck..banyak banget kan.. Tapi ada lo cara yang praktis dan alami tanpa bahan kimia untuk ngusir lalat-lalat yang mengganggu itu ya.

lalat hijau Lalat??? Kenapa lalat sih yang jadi obyek fotonya? Memangnya ga ada yang lain lagi yang lebih menarik..?Hehehe.. mungkin karena lalat cukup mudah untuk difoto ya, karena dapat diamati sampai jarak yang cukup dekat (pengennya si moto kupu-kupu, tapi susah banget untuk difotonya karena ga bisa diam). Yang agak sulit adalah membuat kamera hape fokus pada lalat sebagai obyek. Kalau terlalu dekat bisa-bisa fokus kamera malah pada latar belakangnya ya. Yang enak si memang dari jarak yang agak jauh, cuma obyeknya nanti jadi terlalu kecil. Untuk ngakalin supaya dapat gambar yang agak bagus, paling aku set aja Picture Size kamera pada mode gambar yang paling gede, 3 mega pixel, habis itu hasilnya nanti dicrop aja pada obyek yang aku mau. Terus satu lagi yang bikin agak susah untuk fokusin kamera ke obyek yang kecil diluar ruangan adalah gambar yang aku lihat pada layar kurang jelas karena cahaya matahari yang terang ya, makanya aku paling suka moto-motonya kalo cuaca agak mendung.

lalat hijaulalat hijau 2

lalat hijau di daun suplir 3lalat hijau di daun suplir 3b

lalat hijau di daun suplir 2lalat hijau di daun suplir

lalat kecil  lalat kecil 2lalat kecil 2b

Lalat memang suka mengganggu banget ya, apalagi kalo kita lagi mau makan terus tau-tau ada lalat yang beterbangan, bisa-bisa hilang deh selera makannya, yang ada selera untuk ngejar n gebuk tuh lalat ya.hehe.

Nah ini ada cara untuk ngusir lalat yang praktis tanpa bahan kimia yang bisa dicoba ya: Yang paling gampang sih seperti yang suka aku lihat di warteg atau RM padang ya, masukin air ke dalam kantong plastik dan gantung di atas makanan. Ga tau manjur ato ga nya. Tapi kalo ga manjur pasti dah ga bakalan digantung terus ya sama yang punya warteg.

Atau bisa juga dengan wangi daun pandan ya. Daun pandan diiris-iris halus terus taro di tempat-tempat yang banyak lalatnya. Katanya si manjur juga cara ini ya, mungkin lalatnya ga tahan bau yang wangi kali, maklum aja biasa ditempat yang kotor dan bau sih.hehehe

Nah ini ada satu lagi cara ngusir lalat dari REPUBLIKA ONLINE

  • Ambil satu buah apel yang masak dan manis.
  • Siapkan 20-30 buah cengkeh yang sudah dipotong dua.
  • Penuhi seluruh permukaan apel dengan potongan buah cengkeh, dengan cara menusukkannya pada kulit apel.
  • Apel yang telah dibubuhi potongan buah cengkeh tadi taruh di atas piring. Lalu letakan di tengah-tengan meja makan atau tempat menghidangkan makanan.
  • Perhatikan. Dalam sekejap semua lalat yang mengerubuti makanan akan menjauh karena bau wangi yang dikeluarkan dari buah cengkeh.
  • Tips ini dapat Anda gunakan pula ketika hendak makan bersama di luar rumah. Selain cepat, cara ini juga sangat aman karena bebas bahan kimia berbahaya.

    Kalo yang dibawah ini ada cerita singkat tentang kehebatan lalat ya, dari situs OASE DIRI. Situs ini bagus juga lo buat nambah wawasan tentang agama islam ya.Lalat ternyata hewan superproduktif ya. Setiap bertelur bisa mencapai 100 butir. Walaupun umurnya pendek hanya 3 bulan. Dalam masa itu bisa menghasilkan 1000 butir telur. Dalam tempo 5 bulan, seekor induk lalat akan berkembang biak menjadi 5,5 miliar lalat. Untunglah populasi sebanyak itu diredam olehnya banyaknya predator, pemangsa lalat seperti cicak, burung, katak dsb sehingga manusia tidak terlalu terganggu olehnya.Setelah kawin, dalam 5 hari ia akan bertelur di tempat sampah yang kaya akan gizi dan protein bagi anak-anaknya. Dalam tempo 24 jam, telur menetas menjadi belatung. Tiga hari kemudian menjadi kepompong. Setelah dua hari, lahirlah lalat muda yang siap terbang. Sayapnya bergetar dengan serasi, dengan manuver terbang yang sangat cepat. Telungkup, miring dan telentang. Bisa mendarat terbalik dengan kaki-kaki melekat erat di langit-langit rumah. Kaki itu bila perlu bisa mengeluarkan sejenis lendir perekat.Lalat hanya aktif bergerak kalau sedang lapar. Dengan mulutnya yang mirip belalai, lalat mengisap bubur berprotein tinggi dari sampah busuk. Setelah kenyang dia diam istirahat di tempat aman, misalnya di tali jemuran atau di langit-langit dapur.Lalat sangat sukar ditangkap atau dipukul. Selain gaya terbangnya yang gesit, rupanya matanya juga istimewa. Dua belah bola matanya besar bisa melihat ke segala arah. Bola matanya terdiri dari 4000 biiji mata facet yang bersegi enam. Masing-masing bekerja sendiri-sendiri dan menghasilkan ribuan gambar benda yang dilihatnya. Informasi tadi dikirim sangat cepat ke pusat saraf penglihatannya. Karena itu gerakan memukul sedikit saja sudah segera ditangkap oleh lalat, sehingga dia bisa secepat kilat menghindar.

    Kalo mau lihat foto lalat yang lain silahkan lihat di La Gila Lat

    Foto-foto dari kamera HP Sony Ericsson K800i.

  • Iklan

    One comment on “O Lalat…

    1. Hai,,,,lagi senang main lalat juga nich 🙂
      thanx udah main ke tempat saya.
      salam kenal

      Iya nih lagi suka sama lalat. Salam kenal juga ya. Makasi dah mau kasih komentar.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s