Lenglengan Paci-Paci


Susah tidur? Coba deh pake ramuan obat herbal dari pohon paci-paci atau lenglengan  ini.

Mulanya si aku ga tahu pohon apa ini. Cuma karena tumbuhnya di atas tembok di samping rumah, dan bunganya yang lucu terlihat jelas, makanya aku jeprat jepret aja pake hape.

paci-paci 741paci-paci 733

paci-paci 735

paci-paci 730paci-paci 737

Kata bapakku si namanya pohon paci-paci (lenglengan) ya, dan setelah brosing cari-cari informasi di internet, ternyata pohon ini termasuk pohon untuk obat ya. Coba lihat aja ni resep-resep pengobatan yang menggunakan pohon ini ya.

BAGIAN YANG DIPAKAI: Seluruh tanaman.

KEGUNAAN.
– Sukar tidur, rasa gelisah.
– Sakit kepala.
– lnfluensa.
– Batuk, batuk rejan, difteri.
– Jantung berdebar.
– Tidak datang haid.
– Pencernaan terganggu.
– Cacingan.
– Kencing manis (diabetes mellitus, Kejang, ayan (epilepsi).

PEMAKAIAN:
Untuk minum: 10-15 g, direbus.
Pemakaian luar: Seluruh tanaman dicuci bersih lalu digiling halus, untuk pemakaian setempat pada luka, koreng, atau kudis.

CARA PEMAKAIAN:
1. Sukar tidur :
15 g daun segar dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring dan dibagi menjadi 2 bagian. Minum pagi dan sore.

2. Sukar tidur, rasa gelisah:
Bantal kepala untuk tidur diisi dengan daun yang telah dikeringkan.

3. Epilepsi :
3/4 genggam daun segar dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin disaring, minum dengan air gula secukupnya. Sehari 3 x 1/2 gelas.

4. Kejang panas pada anak :
1 genggam daun segar dicuci lalu digiling halus, tambahkan air garam secukupnya. Aduk sampai menjadi adonan seperti bubur, lalu digunakan untuk menggosok dan melamur badan anak yang sedang kejang.

5. Sakit kepala, gelisah:
1 genggam daun segar dicuci lalu digiling halus, tambahkan 1 cangkir air bersih. Dipakai untuk mengompres kepala dengan handuk kecil yang dibasahi dengan ramuan tadi, lakukan 3 kali sehari.

6. Batuk rejan:
1 batang tanaman berikut akarnya dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin disaring, minum dengan air gula seperlunya. Sehari 3 x 1/2 gelas.

7. Difteri:
1/2 genggam daun berikut bunga lenglengan, 1/3 genggam daun jinten, 1 jari asam trengguli, 1 sendok teh adas, 3/4 jari pulosari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin disaring, dipakai untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selama 2-3 menit, lalu dibuang.

8. Cacing kremi :
3/5 genggam daun segar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin disaring, minum dengan madu seperlunya Sehari 2 x 3/4 gelas.

9. Jantung berdebar:
3 genggam daun dicuci lalu direbus dengan 15 liter air bersih sampai mendidih selama 15 menit, Hangat-hangat dipakai untuk mandi berendam. Lakukan 2 kali sehari.

10. Luka, koreng, kudis:
1 batang tanaman segar dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Dipakai untuk mencuci luka, koreng atau kudis.

Nama lain dari paci-paci (Leucas lavandulifolia Smith) antara lain adalah: Paci-paci (Sunda), sarap nornor (Madura). daun setan, ; Lenglengan, lingko-lingkoan, nienglengan, plengan (Jawa); Gofu hairan (Ternate), laranga (Tidore).;

Sumber: IPTEKnet, Sentra Informasi IPTEK

Foto-foto hasil jeprat jepret hape Sony Ericsson k800i.

Iklan

One comment on “Lenglengan Paci-Paci

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s