Tips Menghitung Beban Maksimal Pada Latihan Beban


Sebenernya untuk proses pembentukan badan, dapat mengangkat beban maksimal dengan repetisi 1-2 kali adalah hal yang tidak perlu, karena tidak akan merangsang otot untuk berkembang lebih besar, hanya akan membuat tenaga lebih besar. Untuk merangsang pembentukan/pembesaran otot diperlukan repetisi/pengulangan gerakan antara 8-12 kali, sementara repetisi 1-4 kali dengan beban maksimal lebih ditujukan untuk pengembangan kekuatan otot.

Tapi kadang para fitnes mania pengen tahu juga berapa berat maksimal yang bisa diangkatnya. Nah untungnya ada perhitungan yang bisa dipakai untuk mengetahuinya ya, jadi ga perlu lagi bersusah payah mandi keringat mengangkat beban untuk dapat mengetahuinya. Di bawah ini ada perhitungan/tabel yang bisa digunakan untuk menghitung beban maksimal yang dapat diangkat untuk 1 repetisi. Gunakan beban yang dapat diangkat untuk 10, 8, 5 atau 3 repetisi dan kalikan dengan angka yang tercantum dibawah ini. Misalnya seseorang dapat melakukan angkatan pada jenis latihan bench press seberat 250 lbs untuk 3 repetisi, maka dia akan dapat mengangkat beban seberat 270 lbs pada latihan bench press ini untuk 1 repetisi (250 lbs x 1.08 = 270 lbs).

Beban dengan 10-rep  x   1.325
Beban dengan 8-rep     x   1.255
Beban dengan 5-rep     x   1.15
Beban dengan 3-rep     x   1.08

Sumber: National Strength and Conditioning Assosiation
Catatan: 1 kg = 2.2 lbs
(Flex, January 2003)

About these ads

One comment on “Tips Menghitung Beban Maksimal Pada Latihan Beban

  1. hmm….. info menarik. Berarti kalo mau lebih cepet gede mesti diperbanyak repetisinya ya?

    pake beban sedang aja yg repetisinya antara 8-12 yang dah terbukti memberikan stimulasi pertumbuhan otot yang maksimal. kalo lebih dari 15, atau beban ringan, lebih untuk meningkatkan stamina otot, membuat otot mampu kerja lebih lama tapi dengan beban yang lebih ringan. itu yang ngebedain badan pelari jarak jauh sama jarak dekat yang sama2 lari olahraganya, tapi komposisi ototnya berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s