Kumis Kucing laa yaauuw…miaauuw


Dah lama si dengar tentang tanaman hias yang juga tanaman obat yang namanya pohon kumis kucing. Tapi di tempatku susah untuk ngedapetinnya. Nah waktu ke cianjur tahun baru kemaren, aku lihat tanaman ini ada tumbuh di dekat pagar kawat dibelakang kolam pembibitan ikan. Akhirnya jadi bisa jeprat jepret hape deh untuk ambil foto bunga kumis kucing ini.

kumis kucing 1230kumis kucing 1235

kumis kucing 1236kumis kucing 1242

Ini ada beberapa resep pengobatan tradisional yang menggunakan pohon kumis kucing ini (Orthosiphon aristatus (B1) Miq.).

Nyeri buang air seni : Cara I: Seduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang dikeringkan seperti teh, boleh juga kalau diberi gula aren. Cara II: 1 sendok daun kumis kucing yang dilumatkan, 7 batang meniran, rebus dengan dua gelas air sampai air tinggal setengah. Minum air rebusan itu sebanyak 3x sehari.
Batu ginjal : Cara I: 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keji beling, dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari. Cara II: 3 genggam daun kumis kucing, 5 helai daun keji beling dicuci, rebus dengan 2 gelas air. Minum airnya 2x sehari, pagi dan sore, selama 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air rebusan jagung muda, 1 x sehari. Hindari makan daging kambing, durian serta makanan pedas.
Rematik : Sesendok kecil daun kumis kucing yang dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal 3/4. Saring. Lalu diminum.
Sakit pinggang : 7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci. Rebus dengan 1 gelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.
Radang ginjal : 40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air. Minum 3x sehari. Lakukan selama 1 minggu.
Masuk angin : 1 sendok daun kumis kucing dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus.
Demam : 100 g akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari.
Sumber: Warung Informasi Teknologi (Warintek)

kumis kucing 1240

Susah kencing
Daun kumis kucing segar 1/4 genggam; Air 1 gelas, Direbus hingga memperoleh cairan 1/2 gelas, Diminum setiap hari 2 kali dan tiap kali minum 1/2 gelas
Batu ginjal
Herba kumis kucing 6 g; Herba meniran 7 pohon; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 2 kali sehari; tiap kali minum 100 ml
Kencing manis, Daun kumis kucing 20 helai; Daun sambiloto 20 helai; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 1 kali sehari; 100 ml
Sakit pinggang
Daun kumis kucing segar 1 genggam; Kulit batang pepaya seluas 4 cm2; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 1 kali sehari 100 ml
Sumber: Info Tanaman Herbal

kumis kucing 1229

Untuk langkah pencegahan dan pemeliharaan organ ginjal, kita dapat saja minum rebusan daun kumis kucing secara teratur dua kali seminggu, yaitu yang dibuat dari seperempat genggam daun segar direbus dengan segelas air hingga air tersisa setengah gelas.
Minumlah air rebusan itu sekaligus setelah diberi madu atau gula secukupnya sebagai pemanis, atau kalo suka tanpa penambahan apapun.
Sumber: LIKOMEDIA, Lembaga Pengembangan SDM

Foto-foto kumis kucing hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

Iklan

7 comments on “Kumis Kucing laa yaauuw…miaauuw

  1. Wah menarik…boleh saya copy untuk kuposting di blogku…semoga berguna buat banyak orang!

    saya akan mencantumkan link blog ini…anggap aza promosi blogmu sekalian memberi manfaat buat orang lain!!!

    Saya suka ilmu kesehatan yang alami begini…thanks telah berbagi! 😀

    Selamat menikmati malam mingu bersama keluarga! salam kenal juga buat istri dan keluarga Mas! 😀

    silahkan ci aling, salam kenal juga buat keluarga cici ya.

  2. Thanks…sudah kujadikan postingan terbaru diblogku…

    Cuma foto kumis kucing ngak bisa saya copot dari sini, untuk memudahkan diriku, kucopot picnya dari tempat lain…

    makasi juga ci, dah mau promosiin blog ini, moga postingannya bisa bermanfaat ya.

  3. Saya bagi satu lagi ramuan buat keluarin pasir batu ginjal ( hanya batu ginjal yang kecil2 saja, yang bisa lewat ureter ) yaitu :

    1. Daun sirih 10 lbr
    2. Daun sirsat 1 genggam
    3. Sereh 3 batang
    4. garam 1/2 sdt
    5. air 5 gelas

    Cara buat :
    Rebus dengan periuk atau panci Stanlis steel, sampai air tinggal 1 1/2 gelas.
    Minum 3 kali sehari selama 12 hari.
    Maka pasir batu ginjal akan keluar.
    Efek : akan sedikit kurang darah bagi yang darah rendah, tapi jangan kawatir, makan aja sate kambing.

    wah..makasi banget nih buat infonya. 🙂

  4. kumis kicing ini kalo di tanam di luar yang terik apakah bisa tumbuh,,,
    trus tinggi tanaman kumis kucing ini berapa cm,,,
    apakah bisa di tanam sebagai tanaman hias… agus.kristianto@ymail.com

    sepertinya sih bisa ya ditanam di lokasi yang terkena sinar matahari langsung,
    tingginya bisa mencapai 1 meteran lah.
    bisa ko ditanam sebagai tanaman hias

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s