Lidah Buaya Juga Berbunga


lidah buaya 2642

Sudah lama juga ingin ambil foto bunga lidah buaya. Tanya-tanya ke teman-teman mungkin ada yang tahu dimana bisa lihat bunga lidah buaya, eh malah di ketawain. Ga pada percaya kalo lidah buaya itu bisa berbunga juga.

Akhirnya ketika ada informasi tentang bunga lidah buaya, dan ternyata tempatnya di lokasi yang aku kenal, di rumah nenekku sendiri di depok, secepat mungkin deh aku ke sana (..ssstt.. secepatnya itu perlu menunggu 1 minggu ya ketika aku libur kerja). Sayangnya informasi yang aku terima terlambat, dan aku sendiri harus menunggu 1 minggu lagi untuk bisa datang dan melihatnya yang ketika aku datang ternyata bunga lidah buaya-nya sudah rontok, hanya tinggal batang bunganya aja yang masih ada.

Untunglah dari sumber informasi yang tidak lain adalah bapakku sendiri, aku masih bisa memperoleh foto bunga lidah buaya tersebut yang ternyata sempat di foto oleh bapakku pake hapenya, K-touch DT28. Bapakku baru ingat tentang bunga lidah buaya ini sekitar 1 minggu setelah melihat dan mengambil fotonya ya.

bunga lidah buaya 43Abunga lidah buaya 44A

Nenekku bilang ini kali kedua ada pohon lidah buaya-nya yang berbunga ya. Aku sendiri sebenarnya pernah melihatnya sekali sekitar tahun 2000 lalu ketika bekerja di suatu fitnes yang kebetulan di sebelahnya banyak ditanam pohon bunga dalan pot ya. Waktu pertama melihatnya pun ga percaya kalo itu bunga lidah buaya sungguhan. Kirain bunga tempelan orang iseng.

bunga lidah buaya 42AKarena dirumah juga ada tanaman hias lidah buaya, dan karena punya pengalaman melihat sendiri bunga lidah buaya, akhirnya jadi pengen bikin postingan tentang lidah buaya yang disertai dengan foto bunga-nya. Akhirnya kesampaian juga sih kali ini, walaupun foto bunga-nya bukan hasil jeprat jepret hape sendiri.

Setelah lihat-lihat ke sekitar di internet, ternyata pohon lidah buaya ini banyak juga manfaatnya, bisa jadi tanaman obat juga ya. Mulai dari manfaat untuk pengobatan, kecantikan, bahkan sampai untuk dijadikan makanan/minuman.

Katanya sih jenis lidah buaya (aloe vera) ini mencapai sekitar 200an jenis. Namun karena sebagiannya beracun, jadi hanya sekitar 4-5 jenis aja yang biasa digunakan/dimanfaatkan. Jenis Aloe barbadensis miller yang berasal dari Pulau Barbados, Amerika Tengah, katanya merupakan jenis yang memiliki kandungan terbaik dan paling banyak digunakan dalam berbagai industri.

lidah buaya 2643lidah buaya 2356

Ini ada beberapa manfaat dari lidah buaya ya, yang nama lainya adalah Crocodiles tongues (Inggris); Jadam (Malaysia), Salvila (Spanyol), Lu hui (Cina) :

Penyubur rambut :
Daun lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar, digosokkan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Luka bakar dan tersiram air panas (yang ringan): Daun dicuci bersih, ambil bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/air panas.

Bisul : Daun dilumatkan ditambah sedikit garam, tempelkan pada bisulnya.

Kencing manis (Diabetes): 1 batang lidah buaya dicuci bersih, dibuat durinya, dipotong-potong seperlunya direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Diminum sehari 3 x 1/2 gelas, sehabis makan.

Batuk rejan : Daun sekitar 15 – 18 cm, direbus kemudian ditambah gula, minum.

Syphilis : Bunga ditambah daging: Direbus, minum.

Cacingan, susah buang air kecil: 15 – 30 gram akar kering lidah buaya direbus, minum.

Luka terpukul, luka dalam (muntah darah): 10 – 15 gram bunga kering lidah buaya direbus, minum atau bunga ditim dengan arak putih, untuk pemakaian luar.

Kencing darah : 15 gram daun lidah buaya diperas, ditambah 30 gram gula, ditambah air beras secukupnya, minum.

Wasir : 1/2 batang daun lidah buaya dihilangkan duri-durinya, cuci bersih lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu, aduk, saring. Minum sehari 3 kali.

Sembelit : 1/2 batang daun lidah buaya dicuci dan dibuang kulit dan durinya, isinya dicincang, lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas dan tambahkan 1 sendok makan madu, hangat-hangat dimakan, sehari 2 kali.

PERHATIAN :
Dilarang pakai untuk wanita hamil, gangguan pada sistem pencernaan dan diare.

sumber : IPTEKnet, Sentra Informasi IPTEK

lidah buaya 2369lidah buaya 2349

Cacingan susah buang air kecil : Akar lidah buaya dicuci dan dijemur sampai kering. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum sekaligus.

Ambeien : 1/2 batang daun lidah buaya dibuang duri-durinya, dicuci lalu diparut. Beri 1/2 gelas air. Peras. Beri 2 sendok makan madu. Minum 3x sehar

Jerawat, noda-noda hitam : Daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya diblender. Seperlima gelas cairan diadukdengan tepung beras (bedak) dingin sampai kental. Aduk rata dan laburkan ke wajah. Biarkan selama 30 menit, baru dibilas.

Batuk (yang membandel) : 20 g daun lidah buaya dicuci, dikupas, dipotong-potong. Beri 2 sendok makan madu murni. Minum 2x sehari. Ulangi selama 10 hari.

Diabetes : 2 daun lidah buaya, dicuci, dibuang durinya, dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air. Saring. Minum 2 – 3x sehari, sesudah makan. Sekali minum 1/2 gelas.

Radang tenggorokan : 1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Beri madu murni dan minum 3x sehari.

Menurunkan kolesterol : 30 g daging lidah buaya, 1 buah apel dikupas/buang biji, blender.

Catatan :
* Jangan digunakan oleh wanita hamil.

* Daging daun lidah buaya yang dikupas, segera menjadi kecoklatan dan mencair kalau kena udara. Jadi, pengobatan luka terbuka perlu dilakukan secepatnya!

sumber: WARINTEK, Warung Informasi Teknologi

lidah buaya 2470lidah buaya 2467

Penurun kadar gula darah
Cara Meramu: 1 pelepah lidah buaya ukuran besar (kira-kira seukuran telapak tangan) dibersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam sekitar 30 menit dalam air garam. Remas sebentar lalu bilas di bawah air yang mengalir (air kran). Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan. Minum sebanyak 1/2 gelas, 2 sampai 3 kali sehari.

sumber : www.purwakarta.org

lidah buaya 2468lidah buaya 2466

Lidah buaya untuk perawatan kulit berminyak bisa juga dijadikan sebagai masker wajah. Berikut resepnya:

* 1 sendok makan masker lumpur
* 1 sendok makan jus lidah buaya
* 1 sendok makan tepung hazel
*air secukupnya untuk membuat bahan-bahan ini jadi pasta
* tambahkan 1 tetes essential tea tree oil
* 1 tetes essential oil lavender
* 1 tetes essential oil peppermint

Campurkan semua bahan, oleskan dan didiamkan selama 15 menit dan basuh dengan air hangat lalu percikkan air dingin.

sumber: KapanLagi.com

lidah buaya 2609lidah buaya 2610

Es Lidah Buaya
Bahan:
2 bh lidah buaya ukuran besar
sirup berwarna merah/ hijau siap pakai
es batu

Cara membuat:
1. Potong lidah buaya menjadi 3-4 bagian, lalu kupas kulitnya sampai bersih.
2. Potong-potong lidah buaya bentuk dadu, lalu cuci sambil diremas-remas sampai lendirnya hilang.
3. Siram lidah buaya dengan air panas secukupnya, tiriskan.
4. Buat 8 gelas minuman sirup sesuai selera, masukkan potongan lidah buaya. Biarkan 1-2 jam hingga sirup meresap ke dalam daging lidah buaya. Sajikan lidah buaya dengan es batu.

Untuk 8 orang

Sumber: Nova Online

lidah buaya 2348lidah buaya 2350

Es Lidah Buaya:

1. Siapkan Lidah buaya yang sudah besar – besar
2. Kupas semua kulit luarnya.
3. Potong kecil – kecil atau sesuai selera
4. Masukkan kedalan air dan dicuci hingga 3 kali, sampai bersih.
5. Siapkan panci untuk memasak air, biarkan air hingga mendidih dan beri gula sesuai selera
6. Setelah gula larut dalam air masukkan lidah buaya yang sudah dicuci tadi.
7. Masak sekitar 15 menit.bisa diminum hangat – hangat atupun di beri es ( dimasukkan lemari es)
8. Bisa ditambahkan Rosella Basah untuk pewarna dan perasa asam ( kira-kira dimasak 5 menit saja rosellanya )

sumber: Resep Herbal

Lihat galeri foto bunga lidah buaya

Foto-foto hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i, kecuali foto-foto bunga lidah buaya hasil jeprat jepret hape K-touch DT28

About these ads

15 comments on “Lidah Buaya Juga Berbunga

  1. Saya tahu lidah buaya berbunga baru beberapa bulan yang lalu, saat santai di rumah melihat-lihat teras, ternyata lidah buayanya berbunga

    wah..senengnya bisa lihat bunga lidah buaya..yang di rumahku belum pernah berbunga ya..

  2. bener lidah buaya berbunga, di rumah gua lagi berbunga tuch and masih kuncup belum mekar. Baru kali ini gua liat lidah buaya berbunga he… he…. aneh juga ya…?

    aneh tapi asik ya.hehehe

  3. lidah buaya berbunga, baru kali ini aku mendengarnya. di rumahku juga ada lidah buaya, tapi aku g’ pernah liat ada bunganyaa. apa lidah buaya berbunga berdasarkan musimnya, atau berdasarkan umur tanamannnya?

    wah..aku kurang tahu juga ya faktor apa yang membuat lidah buaya bisa berbunga. Tapi katanya si kalau di daerah pegunungan lidah buaya lebih mudah untuk berbunga ya.

  4. lidah buaya dirumahku juga berbunga lo…..
    kebetulan aku punya lidah buaya banyak bangett
    dan kalo aku perhatiin ternyata lidah buaya yang bisa berbunga cuma lidah buaya yang ukurannya besar, kalo yang kecil2 nggak bisa berbunga
    dan lidah buaya berbunga tu musiman kayaknya
    sekitar setahun sekali, kalo yang dirumahku kayaknya setahun sekali

    o gitu ya..
    makasih ya buat infonya, n makasi juga dah mampir

  5. Ya bener lo lidah buaya berbunga. Aku juga punya tanaman lidah buaya. 1 thn yg lalu berbunga,tapi sekarang gak. Tanaman lidah buaya ku banyak banget dan dah lama aku menanamnya tapi yg berbunga cuma satu. Apa mungkn yg laen cwo x yupz! He”
    aku pikir cuma aku yang tw bunga lidah buaya, ternyata bnyak. He”(^~^)

    wah yang cewe enak dong kalo yang lain cowo.hehehe
    memang jarang ya lidah buaya ini berbunga, ga tahu juga faktor apa yang mempengaruhinya??

  6. sekian lama tau daun lidah buaya, besar kecil, bukan sebagai pemelihara tanaman sih, hanya untuk penuhin taman depan kamar saja,
    sampai belum lama ini 2 minggu lalu saya melihat tunas hijau panjang di tengah daun lidah buaya, kirain berasal dari tanaman lain yang menembus daun lidah buaya, tp tiap hari diamati, ternyata dari lidah buaya, tanya sana sini memang tidak ada yang tau. Iseng2 cari google, ternyata ketemu juga teman yg sdh berpengalaman ttg hal ini [di web ini, salam jepretanhape nya bagus dan unik2].
    pertanyaan: dari semua fungsi lidah buaya, apa manfaat bunga nya ya? krn sangat langka tentunya fungsinya jg lebih dahsyat ya ?
    berapa lama mulai dari kuncup bunga sampai bunga berguguran? Terimakasih atas sharingnya dan siapapun yg tau semoga berkenan memberi ulasan.

    wah ini pertanyaan yang aku juga belum tahu jawabannya ya. Moga ada teman-teman yang tahu dan mau berbagi disini…

  7. oui, je le savais. Merci pour ces informations! C’est vraiment utile! merci beaucoup!

  8. hi salam kenal gw andry.. ngomongin lidah buaya yang berbunga ,.. lidah buaya yang gw tanam akhinya berbunga juga.. waktu tau pas lagi nyiram2 tanaman di halaman rumah senang hati tak terkira soalnya selama ini hanya denger dari oranmg2 saja. adn satu lagi katanya bunga nya ini banyak manfaat nya , soalnya dulu ada orang yang nyari-nyari bunga lidah buaya katanya penting buat obat. tapi gak tau juga untuk penyakit apa.
    kalo di liat2 ampir sama seperti bunga nya tanaman sansevieria. sekear berbagi cerita saja. gambarnya kebetulan hanya da di fb gw gak bisa nampilin di sini . :D

  9. Sebulan yg lalu saya pernah ketemu dengan sinse dari Taiwan, belau sedang cari2 bunga lidah buaya kalo ada katanya yg kering bunganya saja harga Rp 1 juta, saya baru yakin dan baru lihat bunga lidah buaya.

  10. gw juga baru tau lidah buaya ada bunganya 2 hari yg lalu….dari seorang sinshe yg lagi nyari-nyari…katanya bisa buat obat segala penyakit….
    Setau gw…kecenderungan berbunga kalo ditanam di daerah pegunungan. tapi ga menutup kemungkinan bisa berbungan dimana aja. Saran gw..coba cari lagi postingan yag mengupas tentang penggunaan bunga lidah buaya ini…

  11. sy punya tanaman lidah buaya sekitar 1000 (seribu) pot. Memang untuk komersil, mau buka usaha UKM bikin minuman lidah buaya. 6 bulan terakhir bereksperimen dengan resep2 yg sy dapat dr knalan atau dr google. Lidah buaya memang berbunga. Pernah ada tamu dr Tiongkok ke rumah sy dg membawa penterjemah, dia mencari bungan lidah buaya dalam jumlah banyak. Dia bilang untuk pengobatan Diabetes. Kalau ada yang butuh bibit lidah buaya kualitas unggul, silahkan hubungi saya di 0819-32009999. Terima kasih.

  12. Mohon inponya dong, di artikel diatas disebut ada jenis lidah buaya yang beracun, di Indonesia ada gag ? soalnya ane buat konsumsi jus takut salah ambil lidah buayanya, membedakan yg beracun sama yang nggak gimana ? kalau berkenan mohon inponya via e-mail, trimz a lot…

    sepertinya sih yang biasa ditanam dan dibudidayakan di Indonesia bukan merupakan lidah buaya yang beracun ya. aku sendiri belum mendapat informasi seperti apa lidah buaya yang beracun itu.

    tapi jika mau melihat beberapa jenis lidah buaya, bisa lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_species_of_genus_Aloe

    atau di http://en.wikipedia.org/wiki/Aloe

  13. aku baru tau lidah buaya berbunga….hehehehehe,padahal aku punya banyak pohon lida buaya di rumah tapi ga pernah liat bunganya JADI PENASARAN mau liat langsung..COZ dulu mukaku berjerawat parah aku pakai terus lidah buaya selama 3 BULAN hasilnya jerawatku bersi tanpa noda sedikit pu :)

  14. Mohon infonya dong dimana bisa training ttg budidaya dan pengolahan lidahbuaya konsumsi kalo ada yang gratis ya.he he he. yang bayar juga ga apa sih asal terjangkau hub 021- 32890616

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s