Bawang-Bawangan Bawang Sebrang


bawang bawangan 01bawang bawangan 07

Waktu ada acara keluarga di daerah puncak, bogor, beberapa waktu lalu, aku mengambil foto-foto bunga dari tanaman bawang-bawangan ini ya. Sebenarnya sih aku awalnya ga tahu nama tanaman ini apa, penjaga vila di tempat keluarga besarku menginap mengatakan bahwa ini adalah pohon bawang-bawangan.

bawang bawangan 06bawang bawangan 02

Nah begitu pulang ke Jakarta dan ada kesempatan untuk online, aku coba cari-cari informasi tentang tanaman ini di situs plantamor, situs yang menyediakan daftar nama tanaman dan klasifikasi ilmiahnya. Akhirnya ketemu juga nama tanaman ini ya. Katanya nama tanaman ini adalah Bawang sebrang, atau Kembang cokelat (Zephyranthes candida (Lindl.) Herb.). Kalau dalam bahasa Inggrisnya namanya adalah Rain lily, dan nama cinanya adalah Zhong lan.

bawang bawangan 04bawang bawangan 08

Ini adalah Klasifikasi Ilmiah Bawang Sebrang yang ada di plantamor
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Amaryllidaceae (suku bakung-bakungan)
Genus: Zephyranthes
Spesies: Zephyranthes candida (Lindl.) Herb.

bawang bawangan 09bawang bawangan 10

bawang bawangan 05

Foto-foto bawang-bawangan bawang sebrang adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

4 comments on “Bawang-Bawangan Bawang Sebrang

  1. aduh neng ! bagus pisan eta bunga teh, ditaman rumah saya di bekasi, juga ada sagundukan tanaman bawang-bawangan yang saya tanam dipojokan, euh.. itu bunga kalo udah pada mekar..euleuh…sae pisan dipandangnya!!!. saya juga dapet dari temen di daerah bogor. istri saya ampe rajin pisan ngerawatnya. tetangga pada minta bibitnya.. sayang ga semua kebagian.. stokna terbatas euy..!!

  2. walau tdk harum, tapi cantik sekali bunganya mbak….
    saya suka bunga tapi sayang belum bisa mengembangkan tanaman bunga,,belum ada waktu cari bibit dan ngrawatnya..
    semoga kl udah berumah tangga, bs melakukan obsesi itu..^^

Tinggalkan Balasan

