Putih-Putih si Bunga Kopi


Ini adalah bunga kopi yang aku temui di kebun di Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Ga tahu jenis apa yang tumbuh disana ya, tapi tanaman kopi ini dijadikan tanaman pagar, ditanam disudut-sudut kebun.

Kayu kopi ini cukup liat ya. Waktu dulu ketika sedang menggali lubang untuk penampungan kotoran dari WC, atau ketika sedang menggali lubang sumur, untuk memindah batu-batu besar yang banyak terdapat di lubang itu, digunakan kayu kopi sebagai penahan bebannya. Walaupun tidak seberapa besar, ternyata kayu kopi tersebut tidak patah menahan beban batu yang cukup besar dan berat ya.

bunga kopi 14bunga kopi 07

Ini adalah Klasifikasi Ilmiah dari kopi, karena aku ga tahu jenis apa kopi yang ditanam, jadi untuk spesiesnya aku isi dengan 2 spesies yang ada di situs plantamor ya:

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Asteridae
                         Ordo: Rubiales
                             Famili: Rubiaceae (suku kopi-kopian)
                                 Genus: Coffea
                                     Spesies: Coffea robusta Lindl.Ex De Will
                                     Spesies: Coffea arabica L.

 

Manfaat Kopi
Dibawah ini adalah beberapa manfaat kopi yang aku kopi dari Kompas.com
Penelitian yang dilakukan terhadap kopi ternyata masih berlangsung. Hal ini dianggap perlu, karena kopi ternyata masih menyimpan banyak manfaat yang belum terekspos. Bagi Anda yang menggemari kopi, inilah beberapa manfaat kopi yang mungkin belum Anda ketahui.
Mencegah penyakit saraf. Peminum kopi berkafein cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan selyang dihubungkan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akanmenghambat peradangan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer.
Melindungi gigi. Kopi yang mengandung kafein memiliki kemampuan antibakteri dan antilengket, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker muluthingga separuhnya. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.
Menurunkan risiko kanker payudara. Menjelang masa menopause, wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38 persen, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapatmenahan pertumbuhan tumor. Namun konsumsi kurang dari 4 cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini.
Mencegah batu empedu. Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu memerangkap kristal-kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan di dalam kafein, akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.
Melindungi kulit. Konsumsi 2-5 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.
Mencegah diabetes. Orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akanmenurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen. Asam klorogenik dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya penyakit ini.

 

GALERI FOTO PUTIH-PUTIH BUNGA KOPI 

 

 

Foto-foto putih-putih bunga kopi adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

Iklan

2 comments on “Putih-Putih si Bunga Kopi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s