Bunga Boroco – Celosia argentea Linn.


Ini adalah foto bunga boroco yang aku ambil gambarnya di pekarangan rumah mertuaku di Ponorogo, Jawa Timur.

PhotobucketPhotobucket

Bunga boroco ini mempunyai nama ilmiah Celosia argentea Linn. Sedangkan nama sinonimnya adalah Celosia linearis Sweet dan Celosia magaritacea Linn.

Di Indonesia, bunga ini mempunyai beberapa nama, antara lain: boroco, sangsri (Sunda); sangsri, cuca (Jawa); bayam ekor belanda (Pantai Timur Sumatera); bayam kucing (Maluku);  kuntha (Kangean); baya kasubiki (Ternate).

Sedangkan beberapa nama asingnya adalah Qing xiang zi (China); wild coxcomb, quail grass (Inggris).

PhotobucketPhotobucket 

Klasifikasi Ilmiah Boroco adalah sebagai berikut:
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Hamamelidae
                         Ordo: Caryophyllales
                             Famili: Amaranthaceae (suku bayam-bayaman)
                                 Genus: Celosia
                                     Spesies: Celosia argentea Linn.

PhotobucketPhotobucket

Boroco ini merupakan tanaman obat ya. Dibawah ini ada beberapa resep herbal tradisional yang mengunakan boroco untuk mengobati beberapa macam penyakit, antara lain:

1. Radang kornea (Keratitis): Rebus biji boroco (15 gram) dan hati ayam (2 pasang) dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, bagi air saringannya menjadi 3 bagian. Minum pada pagi, siang dan sore hari, masing-masing 1/2 gelas. Hati ayamnya boleh dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

2. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi): Rebus biji boroco (15-30 gram) dengan  1 gelas air sampai airnya tersisa 1/2 gelas air. Setelah diingin, saring dan bagi menjadi 2 airnya sama banyak. Minum pada pagi dan sore hari sebelum makan.

3. Muntah darah: Rebus bunga boroco segar (30 – 60 gram) ditambah daging secukupnya dengan 3 gelas air sampai dagingnya matang seperti sup.  Setelah dingin, minum airnya.

4. Obat cuci mata: Rebus bunga boroco yang telah dicuci bersih.  Setelah dingin, gunakan air rebusannya untuk obat cuci mata (setelah disaring dengan kertas saring/kapas).

5. Keputihan: Rebus bunga boroco (60 gram) dan daging (60 gram) dengan 3 gelas air sampai dagingnya matang. Setelah dingin,  minum air rebusannya dan dagingnya bisa dimakan.

CATATAN : a) Jika tekanan bola mata tinggi (glaucoma), jangan minum air rebusan boroco. b) Biji boroco bekerja pada penyakit mata karena berkhasiat anti radang pada mata (ophthalmic antiphlogistic) dan astringen pada radang conjungtiva mata (astringent in conjunctivitis).

PhotobucketPhotobucket 

Photobucket

Photobucket

Referensi:

IPTEKnet, Sentra Informasi IPTEK

PLANTAMOR, situs dunia tumbuhan

Atlas Tumbuhan Obat Indonesia jilid 3 – dr. Setiawan Dalimartha

Iklan

7 comments on “Bunga Boroco – Celosia argentea Linn.

  1. maaf ya, untuk judul sebaiknya dicetak miring juga (untuk nama spesies)

    makasih pak buat koreksinya, tetapi saya juga belum tahu gimana caranya membuat judul tercetak miring ya, dah dicoba tetapi ga bisa2, mungkin nanti untuk judul ga akan ditampilkan nama spesiesnya ya 🙂

  2. wew…ini mah tanaman yg sederhana tapi kaya manfaat n dijepret dg penuh artistik..nice!

    makasih dah berkunjung lagi ya, jadi semangat untuk bikin update baru nih 🙂

  3. hallo mas
    saya sedang terapi sakit mata, radang retina/pendarahan, sudah setahun. mau tanya, bunga ini banyak enggak di pekarangannya. klo banyak bisa nggak saya minta tolong di kirimi biji nya buat pengobatan.
    mau nyoba, siapa tahu bisa membantu.
    nanti ongkos nya saya yang tanggung.
    bisa balas lewat email saya ya mas?

    terima kasih

    ada sih di dekat rumah pohonya ya, tetapi sekarang ini belum berbunga lagi. insya Allah nanti kalo dah ada bunganya lagi dikabari ya 🙂

  4. pa,mo tanya,kalo di daerah kuningan jawa barat,bunga ini di sebut apa?soalnya ada bunga yang mirip tapi lain nama,apa betul yang d maksud bunga ini atau bukan,mohon d balas ya

    wah kalau soal nama tanaman ioni di kuningan aku ga tahu ya. aku tinggal di jakarta soalnya. tapi jika memang sama bentuk bunganya mungkin memang tanaman yang sama ya. selain yang berwarna kemerahan dengan batang dan daun yang kemerahan juga, ada juga tanaman jenis ini yang bunganya berwarna kehijauan dengan daun tanaman yang hijau juga ya.

  5. The Logitech G27 Racing Wheel – real metal, real leather, real racing (-)

    Whether sliding sideways around a gravely curve, or screaming through the streets of Monaco, with the Logitech G27 Racing Wheel, the world’s greatest circuits feel closer than ever. Designed to deliver the definitive sim racing experience for the PC and PLAYSTATION3, the L- features a powerful, dual-motor force feedback mechanism that smoothly and accurately simulates traction loss, weight shift, and road feel; plus a an exceptionally quiet helical gear system that virtually eliminates steering noise. And then there are the six-speed shifter with push-down reverse gear; RPM/shift indicator LEDs; 11-inch leather-wrapped rim; steel gas, brake, and clutch pedals; and 16 programmable buttons plus D-pad. All of which add up to a level of performance and realism that you might not have thought possible.

    Powerful, dual-motor force feedback mechanism with helical gearing Smoothly and accurately simulates traction loss, weight shift, and road feel, with exceptionally quiet steering action.

    Six-speed shifter with push-down reverse gear(-)
    Allows you to quickly choose the right gear for every corner.

    Paddle shifters
    Keep your hands on the wheel for lighting fast F1 style shifting.

    RPM/shift indicator LEDs
    Integrates with racing game software to indicate when the user should shift gears.

  6. Great post. I was checking continuously this
    blog and I’m impressed! Very useful info specifically the last part 🙂 I care for such info much. I was looking for this particular info for a very long time. Thank you and best of luck.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s