Bunga Biduri Bunga Widuri


Ini adalah foto bunga widuri (Calotropis gigantea Willd) yang aku ambil gambarnya di sebuah perumahan di Malang, Jawa Timur, dimana adeku tinggal.

widuri 84widuri 73

Nama ilmiah dari widuri adalah Calotropis gigantea Willd. Sementara nama Sinonimnya adalah Calotropis gigantea R.Br. dan Asclepias gigantea Willd.

Di Indonesia bunga ini dikenal dengan nama antara lain babakoan, badori, biduri, widuri, saduri, sidoguri, bidhuri, burigha (Jawa); rubik, biduri, lembega, rembega, rumbigo (Sumatera); Manori, maduri (Bali); muduri, rembiga, kore, krokoh, kolonsusu, modo kapauk, modo kampauk (Nusa Tenggara); rambega (Sulawesi).

Sementara dalam bahasa Inggris, bunga ini dikenal dengan nama Crown Flower, Giant milk weed, mudar plant; dan dalam bahasa tagalog disebut sebagai kapal-kapal.

widuri 65 widuri 67

Ini adalah Klasifikasi Ilmiah Widuri yang terdapat di situs Plantamor ya:

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Asclepiadaceae
Genus: Calotropis
Spesies: Calotropis gigantea Willd

widuri 84 widuri 89

Ga nyangka ternyata tanaman yang tumbuh liar ini merupakan tanaman obat juga ya. Ini ada beberapa resep pengobatan yang ada dalam buku: Atlas Tumbuhan Obat Indonesia (Dr. Setiawan Dalimartha).

Cara pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus 0,1 – 0,65 g kulit akar, lalu diminum.
Untuk pemakaian luar, layukan daun segar secukupnya, lalu tambahkan kapur sirih dan giling sampai halus. Selanjutnya lumurkan ramuan ke bagian tubuh yang terkena penyakit kudis. Untuk sakit perut, layukan daun segar di atas api, lalu oleskan minyak di bagian permukaannya, digunakan untuk menutup perut. Untuk sakit telinga, tumbuk dau muda sampai halus, lalu peras. Air perasannya diteteskan pada telinga yang sakit. Untuk luka atau borok, giling daun kering sampai halus, lalu taburkan serbuk pada bagian yang luka atau borok.

Contoh pemakaian
Gastritis
Cuci 1/3 genggam bunga biduri, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa kira-kira 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Selanjutnya ramuan siap untuk diminum. Untuk pengobatan, minum ramuan ini sebanyak 3/4 gelas, sehari tiga kali.
Lepra, Sifilis, sekunder, gonorrhoea
Rebus 0,1 g bunga kering dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum.
Digigit ular berbisa
Cuci akar sebesar 1 jari sampai bersih, lalu kunyah dan airnya ditelan, sedangkan ampasnya digunakan untuk menutup luka.
Kaki pegal dan lemas
Cuci akar secukupnya sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan tepung beras (sama banyak) dan aduk sampai rata. Gosokkan ramuan pada bagian kaki yang sakit.
Bisul
Teteskan getah buah di atas bisul yang membandel.
Luka pada sifilis dan kaki
Cuci luka-luka pada sifilis dan kaki, lalu oleskan getah biduri pada luka tersebut.
Tertusuk duri halus
Teteskan getah biduri pada bagian tubuh yang tertusuk duri. Secara langsung, getah akan mengaluarkan duri di dalam kulit dengan sendirinya.
Pembesaran kelenjar getah bening
Oleskan kelenjar yang membengkak dengan getah biduri.
Sakit gigi
Oleskan getah biduri pada gigi yang sakit. Cara pengolesan ini harus dilakukan dengan hati-hati, jangan mengenai gigi yang sehat.
Batuk dan sesak napas
Bakar daun kering lalu hisap akarnya.
Sariawan
Cuci daun secukupnya sampai bersih, tumbuk sampai halus kemudian diperas. Oleskan air perasanya pada bagian yang sariawan.
Campak
Cuci 1/4 bagian daun biduri, 1/4 genggam daun asam muda dan rimpang kunyit sebesar 1/2 jari, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu cangkir air masak dan satu sendok makan madu. lalu aduk sampai rata. Selanjutnya ramuan disaring dan air saringannya diminum. Pengobatan ini dilakukan 2 kali sehari.
Sakit telinga
Cuci daun muda sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya peras dan saring, lalu airnya diteteskan pada bagian telinga yang sakit. Lakukan pengobatan in 3-4 kali sehari.
Sakit perut
Cuci daun sampai bersih lalu layukan di atas api. Oleskan minyak, kemudian letakkan daun dieskitar perut.
Kudis
Cuci satu genggam daun segar sampai bersih, llau bilas dengan air matang. Layukan daun-daun tersebut di atas api, lalu tumbuk dan tambahkan 1/4 sendok teh kapur sirih. Penumbukan dilakukan sampai ramuan menjadi adonan seperti bubur kental. Terakhir oleskan ramuan pada tangan dan kaki yang kudisan.
Gatal
Cuci daun biduri sampai bersih, lalu oleskan minyak kelapa di bagian permukaanya dan layukan di atas api. Bahan tersebut digunakan untuk membalur luka.

Catatan
Getah tumbuhan biduri beracun. Karena getahnya terdapat pada semua bagian tumbuhan maka dosis berlebihan dapat menimbulkan tanda-tanda keracunan.

Di India, dosis yang digunakan cukup besar, yaitu 3,25 – 3,9 g untuk khasiat emetik, sifilis sekunder, gangguan spasmodik, leukoderma, lepra dan rematik kronis. Akar yang dibakar, lalu ditambah minyak. dapat digunakan untuk memoles kelainan kulit seperti sifilis dan lepra. Jika kulit akar yang ditumbuk halus dan ditambah dengan cukup beras, akan membentuk adonan seperti bubur kental. Adonan ini dapat diborehkan pada kaki yang bengkak karena penyakit kaki gajah, yang disertai bengkak pada kantung buah zakar (elefantiasis tungkai danscrotum)

Ibu hamil dilarang minum ekstrak tumbuhan ini karena dapat menyebabkan keguguran.

widuri 97 widuri 188

widuri 99 widuri 200

widuri 68 widuri 65

widuri 76 widuri 82

widuri 86 widuri 95

Foto-foto pada bunga biduri bunga widuri adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

Iklan

21 comments on “Bunga Biduri Bunga Widuri

  1. oohh…ini yg namanya widuri…dulu di kampusku banyak n kami disuruh mengidentifikasi tumbuhan ini, yeaaaaaaa…alhamdulillaah, tnyata bener thx ya pak…^^

    aku juga baru tahu waktu cari info ke sana sini ya 🙂

  2. Wah excellent banget foto2nya….thanks a lot….jadi tahu yang namanya bunga Widuri…..sudah cari info kemana2….tahunya sudah ada tersedia disini sejak Nopember 2009…..Hatur nuhun infonya bu Astuti….

  3. Salom, Bu Astuti terima kasih untuk info bunga widuri, saya baru tahu. Saya mohon kesediaan Ibu untuk memberikan info tempat yang jelas karena saya sangat membutuhkan bunga ini untuk obat keponakan saya. Atas bantuan Ibu saya sampaikan terima kasih.
    GBU

    salam juga ya.
    Wah..saya ga bisa memberi informasi di mana bisa mendapatkannya ya karena tanaman yg saya ambil gambarnya adalah tanaman liar. Terakhr waktu saya pulang ke jakarta dari malang beberapa minggu lalu, saya melht byk tanamam ini yg tumbuh liar di sepanjang tepi jalan raya atau tanah lapang ya. Kbetulan waktu itu brangkat dari malang pagi,jadi bs melihat2 pemandangan di spanjang jalan.

    Oya, saya laki2 ya,nama saya dodi, jadi kayanya ga pantes deh dipanggil ibu 🙂

  4. oalah ternyata namanya widuri toh? Tks infonya ya mas Dodi , terjawab sudah rasa ingin tahu saya akan nama bunga tersebut. Saya sering menjumpai tumbuh liar di tepi jalan Betoyo- gresik atau di sepanjang Kec. Glagah Lamongan di tepi tanggul Bengawan Solo.

  5. aku minta ttolong dong kasih tau mikroskopik bunga widuri
    cz nie penting banget
    buat project work
    thanks sebelum e

    wah..aku juga belum tahu kalo soal itu ya…

  6. mas doddy, motret bunga widuri di daerah malang mana mas? saya juga pengen nyari. sekarang saya lagi dimalang. mohon saya di kasih tahu alamat perumahan tempat adhek mas tinggal. nanti saya akan mencari bunganya disana….

    adik saya tinggal di perumahan sawo jajar 2, jalan jayasrani raya. waktu itu saya menemukan pohon widuri ini tumbuh di tanah kosong yang ada tidak berapa jauh dari rumah adik saya, saat itu saya sedang berjalan-jalan dengan istri dan 3 keponakan kecil saya.

  7. kalo mau nyari bunga widuri di daerahku banyak di wilayah prajekan-bondowoso. Disepanjang jalan tepi pantai dari banyuwangi sampai situbondo saya perhatikan keberadaan tanaman ini juga berlimpah. Kemungkinan besar disepanjang pantai akan kita temukan tanaman ini tumbuh liar, karena memang ini jenis tanaman di daerah hutan pantai tepatnya daerah formasi pes caprae yaitu daerah yang berbatasan langsung dengan air laut.

  8. salam dari Malaysia. sebenarnya bunga dan pokok ini sudah lama di kenali tetapi ngak tahu nama melayu/indon nya.ternyata widuri nama yang cantik secantik bunganya.Ternyata bunga ini boleh didapaiti Malaysia dan India Selatan dalam dua warna iaitu ungu dan putih.Bunganya di gunakan dalam pemujaan Dewa Ganesha oleh pengganut hindu.Di Thailand bunganya di karang bersama bunga melur untuk hiasan sanggul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s