Kebutuhan Protein Untuk Menunjang Proses Pembentukan Otot pada Latihan Beban


Ada pertanyaan nih yang dilontarkan pada suatu kolom komentar postingan di blog ini ya, karena jawabannya cukup panjang, maka aku buat jadi postingan aja deh. Jawaban ini aku buat berdasarkan pada apa yang aku tahu dan ingat dari buku, majalah, atau kata-kata senior ya, moga aku ga salah ingat ya.hehehe

Pertanyaannya adalah sebagai berikut:
salam kenal bang.. saya 180cm berat cuma 59kg, saya juga ikut gym dah 1,5 bln ini naik 3 kg, saya konsumsi putih telur sebanyak 250gr hbs main, kalau boleh tau berapa maks konsumsi putih telur itu? ada ga’ efek samping nya? trus gmn cara cepet gede in badan? makasi y

Jawabannya adalah sebagai berikut:
Untuk pembentukan badan, yang harus diperhatikan adalah jumlah protein yang kita makan sehari-hari. Secara umum dikatakan bahwa kebutuhan protein harian untuk rata-rata orang (yang tidak aktif berolahraga) adalah 1 gram / 1 kg berat badan. Berat badan yang dimaksud disini adalah berat badan minus lemak ya. Jadi misalkan kadar lemak hendri 10%, maka kebutuhan protein harian hendri adalah: 59 – (59x 10%) = 54 gram. 54 gram protein ini nantinya dibagi lagi untuk beberapa kali  makan dalam sehari. Misalkan hendri makan sehari 3 kali, maka untuk 1 kali makan protein yang harus dikonsumsi adalah 54 : 3 = 18 gram.
Nah protein sebanyak 18 gram ini nantinya tinggal hendri tentukan mau diperoleh dari sumber protein apa, tergantung selera ya, bisa dari telur, susu, daging, dada ayam, tempe dll. Misalkan mau diambil proteinnya dari telur utuh, maka paling tidak telur yang dimakan adalah 3 butir, karena 1 butir telur mengandung protein sekitar 6 gram. Misalkan yang mau dimakan putih telurnya aja, maka putih telur yang harus dimakan adalah 6 putih telur karena 1 putih telur mengandung protein sekitar 3 gram (separuhnya lagi ada di kuning telurnya), atau sekitar 180 gram putih telur (100 gram putih telur mengandung 10 gram protein).

Yang dituliskan diatas adalah kebutuhan protein harian yang harus hendri penuhi dalam sehari dengan asumsi bahwa hendri adalah seseorang dengan aktifitas yang biasa-biasa aja ya. Karena sekarang ini hendri mulai rutin melakukan olahraga angkat beban untuk pembentukan tubuh, maka dikatakan bahwa kebutuhan protein yang harus dipenuhi adalah sekitar 1,5 – 2 gram / 1 kg berat badan (untuk atlit bisa mencapai 3 gram / 1 kg berat badan). Dalam sebuah literatur yang pernah aku baca, yang ditulis oleh Franco Columbu, binaragawan seangkatan dan teman latihan Arnold Swarzchenegger, dikatakan bahwa untuk setiap 1 jam latihan yang dilakukan, maka diperlukan penambahan 25 gram protein untuk menunjang proses pembentukan otot. Sementara untuk hari dimana tidak ada latihan, maka cukup kebutuhan protein harian saja yang harus dipenuhi.

Catatan:
* Karena suplai protein dari makanan biasanya cuma bisa bertahan 2-3 jam didalam tubuh, maka dianjurkan setiap 2-3 jam kita mengkonsumsi protein agar bila protein yang kita makan sebelumnya telah habis digunakan/diserap tubuh maka kebutuhan protein yang masih diperlukan tubuh tidak diambil dari otot kita sendiri, tetapi diperoleh dari konsumsi protein yang kita lakukan setiap 2-3 jam itu.
Jadi misalkan hendri makan 3 kali sehari, maka diantara makan pagi dan siang, diantara makan siang dan malam, dan sebelum tidur hendri bisa mengkonsumsi protein. Khusus untuk malam, karena saat malam hari metabolisme mulai melambat, maka yang ideal untuk dikonsumsi adalah protein dalam bentuk cair, misalkan susu, atau mungkin jus putih telur.
* Protein yang bisa diserap badan untuk sekali konsumsi adalah sekitar 20-30 gram. Ada juga sih yang mengatakan bisa sampai 40-50 gram. Jadi kalau lebih dari itu mungkin penyerapannya jadi kurang maksimal, ada yang terbuang.
* Untuk menghitung kadar lemak untuk mengetahui secara pasti kebutuhan protein harian mungkin agak merepotkan ya, jadi yang paling mudah adalah kita tentukan saja berapa berat badan yang ingin dicapai dan makanlah protein sebanyak kebutuhan berat badan yang ingin kita capai itu. Misalkan hendri ingin menaikan berat badan sampai 65 kg dulu, maka makanlah protein untuk memenuhi kebutuhan yang dianjurkan untuk berat badan 65 kg itu, jadi minimal sekitar 65 x 1.5 = 97,5 gram perhari.
* Untuk konsumsi telur sebaiknya dalam keadaan matang ya. Jika mau dikonsumsi mentah, jangan lebih dari 20 butir putih telur mentah per hari, karena ada kandungan zat tertentu dalam putih telur mentah yang bisa menghambat penyerapan zat nutrisi untuk kesehatan mata. Tetapi bila dalam keadaan matang, zat tersebut sudah ternetralisir efeknya ya. Jadi selama yang dikonsumsi adalah telur matang, tidak ada batasan mau berapa banyak, paling yang membatasi adalah dana di kantong kita.hehehe

Untuk pertanyaan terakhir, gimana cara cepet gede badan, aku jawabnya dalam postingan berikut aja ya, jadi sabar menunggu ya :-)

About these ads

64 comments on “Kebutuhan Protein Untuk Menunjang Proses Pembentukan Otot pada Latihan Beban

  1. kalau protein dari telur tuh putihnya aja yah?

    soalnya kan banyak binaraga yg maem putihnya aja kuningnya nggak.. beneran gak tuh?

    sebenarnya sih sparuh protein pada telur ada di putih dan separuh lagi ada di kuning. tetapi karena kuning telur mengandung lemak, makanya yang dimakan cuma putihnya aja. kalo cuma makan telurnya sehari 1-2 butir sih, dimakan kuningnya juga ga apa ya, tapi kalo sampai 20 butir atau lebih sehari dan dimakan kuning-kuninya juga, jadinya nanti bukan binaraga lagi namanya, tapi mungkin jadi si kentung hehehe :-)

  2. kalo mau pake suplemen? Suplemen apa yang murah tapi ngefek ya mas?
    Maklum,pelajar. Hehe..

    sekarang ini yang cukup murah adalah suplemen dari Ultimate Nutrition ya. karena yang diperluin adalah protein, coba pake prostar aja yang 80% lebih isinya protein aja. nanti minumnya bisa dicampur susu biasa (skim atau non fat) untuk mendapatkan karbohidratnya, atau dengan jus buah juga bisa.

  3. saya kerja di jp cabang jambi, kerjanya duduk dari pagi mpe magrib, jd saya latihan barbel pas ba’da isya,,, kan gak cukup tuh?,,, lw pagi nyambung bagusnya latihan apa y? beban atau pus-up pariasi otot lengan blakang,dada atas and bawah, law joging gak sempt,keburu telat ngantor

    coba lakukan lathn utk otot kecil aja, seperti lathn lengan depan (bicep), ato lengan belakang (tricep), ato perut yg ga membutuhkan byk tenaga dan waktu. Misalnya pagi lath bicep, malamnya dada. Besok paginya lathn tricep n malamny bahu, lalu besok pg ny lg lathn perut n malamnya punggung. Utk kaki bisa di lakukan saat hari lbr kerja karena perlu tenaga besar n waktu yg ckp lama.

  4. saya punya temen, namanya ujuk ma basri,, saya prihatin banget ma body mereka,, kurus dan ceking,,, tips apa y bang yang bagus bwat mereka? biar bodynya lumayan berisi,,,supaya gak minder ma temenan ma aku,,, he he beguro jok,,,

    coba ajak ke tempat lathn, sapa tau mereka jadi tertarik n termotivasi utk punya bdn yg lbh berisi :-)

  5. assalamua’laikum,,,,

    aku liat foto mas keren baget,,, bodyya gede, tapi mukanya kyak orang yang gak pernah kerja berat,, maksudnya gini lo mas,,, mitosny law latihan beban muka kita jdi kya orang tua,, kaya orang yg hidup menderita gitu lo mas,,, jd apa dunk mas tips nya,,,? thanks,,,

    badan besar tp muka kliatan tua ato pucat si biasanya org yg lagi mau bertanding binaraga ya. Karena kondisi lemak tubuh n air di badan lbh sedikit dr biasa, makanya tampangnya jd kaya orang sakit ato tua ya. Tapi kalau dlm kondisi badan agak basah (kadar lemak n air lbh byk) biasanya si tampangnya sht2 smua ya, kcuali yg memang tampangnya boros (msh muda tp tampang org tua) hehehe

  6. oh ya bang,, konsumsi telur,, bagusnya setelah ato sbelum latihan?,,, berapa butir? telur curah,ayam kampoeng atau bebek? and di dadar? mata sapi? atau stengah matang,,,? thank? aku do’ain body nya tambah gede,,lebih gede dari arnold,,, he he he,,,

    kalo bisa 1,5 – 2 jam sblm lathn makan karbohidrat (nasi ato lainya) scukupnya dgn telur 3 butir utk tenaga lathn. Telurnya direbus, didadar ato lainya boleh aja, tp lbh baik si direbus ato 1/2 mtg. Dan segera setelah lathn mkn putih telur 5 – 7 (kalo mau makan kuningnya 1 aja), dijus dgn buah ato susu, ato dimakan lsg jg ga apa.
    Telurnya telur ayam negeri aja, jgn ayam kampung karena tlr ayam kampung putihny sdkt. Kalo mau tlr bebek jg bole,

  7. makasih bget bang,,,,, sukses slalu,,, badan tambah macho,,, duit makin banyakk,,,, ibadah lancar,,, and masuk sorga,,,, amin,,,,amin,,,amin,,,

  8. salam kenal dan ikut tukar pendapat nich.
    Nah bagi yang mau sambil hobi piara ayam, bagusan piara ayam ras petelur yang bulu putih/merah ( plus minus telurnya tolong dikaji ), atau ayam arab , atau ayam hibrida ( blasteran ayam kampung dan ras petelur ). Pake kandang baterai mini . Ok. Met mbentuk otot dan nambah seeehat lair batin. Sukses

  9. mas, aq umur 16 tinggi 162 cm, brat bdan 45 kg, ingin ngegedhein otot lengan n dada n perut, latihan pa yg co2k untuk saya, trus untuk kebutuhan protein, saya minum susu L-MEN, susu itw co2k g mas bwt seumuran saya? ato makan sayuran n ikan, saya kalo liat telur g berselera, tlong bri solusi… Saya malu dikatain ceking…

    untuk latihan dada dan bicep coba lihat di http://jepretanhape.wordpress.com/2009/02/21/latihan-dada-dan-lengan-atas-depan-bicep/

    untuk latihan perut bisa lihat di http://jepretanhape.wordpress.com/2009/12/21/tips-latihan-fitnes-untuk-mendapatkan-perut-sixpack/

    untuk protein boleh pilih apa aja ya, tidak tergantung umur karena fungsinya sama baik untuk anak-anak ataupun dewasa, yang jelas untuk membentuk otot perlu konsumsi protein yang cukup banyak

    coba lihat juga http://jepretanhape.wordpress.com/2009/06/21/tips-fitness-3-waktu-makan-terpenting-untuk-menunjang-proses-pembentukan-otot/

  10. Tambah mas, kalo latihanx pas pagi ja jam 5an, otot bsa cpet gedhe g? Soalx aq bisax jam itw ja… Frekuensinya 1x sehari pa 3x seminggu…

    latihan jam berapa aja ga masalah ya, yang penting cukup intesitasnya untutk merangsang otot berkembang. katanya sih latihan yang paling bagus memang pagi ya, karena saat itu hormon testosterone sedang tinggi, n testosterone ini yang bertanggung jawab terhadap kemampuan badan untuk berkembang.

    kalo untuk frekwensi latihan, seluruh otot dilatih 1 minggu sekali paling sedikit, atau 3 kali dalam seminggu paling banyak. karena ga mungkin melatih seluruh otot dalam i kali kesempatan latihan, maka biasanya latihan itu dipecah lagi menjadi latihan per bagian otot. jadi bisa latihan tiap hari cuma otot yang dilatih berbeda. misalnya hari senin dada dan perut atas, selasa lengan dan perut bawah, rabu off, lalu kamis kembali seperti senin dst.

  11. Ping-balik: Mengenal Sumber Protein: Daging Merah dan Daging Putih « Jeprat Jepret Hape

  12. bro..nk tanye pendapat.. tnggi 159 n berat 65kg.. minta tolong bagi tips.. thnx..

    tips tentang apa ya???

  13. salam kenal..
    saya mau nanya..
    kondisi saya skrg tinggi 170cm
    berat 75kg dari berat 88kg,fitnes dah 7bulan
    perut masih ada lemak2 buncit..
    kata temen saya yang satunya suruh saya diet..
    biar lemaknya ilang.
    temen satunya lagi suruh jangan diet, karna badan w belum gede, kalo diet ntar katabolik katanya..
    setelah w perhatikan, memang badan w gak seperti org yang udah fitnes 7bulan, masih biasa2 aja,,
    menurut bro saya harus gimana?
    thx buat advicenya

    diet itu sebenarnya adalah pengaturan pola makan ya, bisa digunakan untuk menaikan atau menurunkan berat badan. jadi sebaiknya pola makannya diatur agar proses pembentukan tubuh bisa lebih maksimal sementara proses penumpukan lemak bisa dibatasi seminimal mungkin. Disamping itu pola latihan juga dicek lagi ya, apakah sudah baik dan maksimal latihan yang dilakukan untuk mencapai target yang diinginkan.

    coba lihat posting2 lainnya, mungkin bisa sedikit membantu ya

    http://jepretanhape.wordpress.com/2009/06/21/tips-fitness-3-waktu-makan-terpenting-untuk-menunjang-proses-pembentukan-otot/

    http://jepretanhape.wordpress.com/2008/12/18/tips-mengurangi-pemasukan-kalori-dari-makanan/

    http://jepretanhape.wordpress.com/2009/04/25/tips-latihan-beban-untuk-memaksimalkan-proses-pembentukan-otot/

    http://jepretanhape.wordpress.com/2008/12/18/tips-agar-latihan-kardio-lebih-efektif-membakar-lemak-badan/

  14. mas,, saya mau tanya’ ni..
    apakah boleh,, kalau kita hanya menkonsumsi putih telur 2-3 kali dlam sehari untuk pembentukan otot yg lbih cpat..

    ( ngirit mas,, maklom MAHASISWA )

    boleh aja ya, ga ada yang larang hehehe tapi mungkin masih kurang ya, kalo bisa si 2-3 putih telur itu tiap kali makan ya.
    Untuk cari putih telur murah bisa coba cari ke tukang jamu atau pembuat roti/kue ya yang bahan bakunya kuning telur :-)

  15. mas mau tanya
    kalo makan putih telur emang boleh telur apa aja ya???
    kalo telur ayam biasa bisa ga ya???
    semua telur ayam atau bebek jumlah proteinnya sama ga sih mas
    thanks…

    jumlah protein pada telur berbeda-beda ya, tergantung ukuran telur dan jenisnya. telur bebek mengandung lebih banyak protein dibanding telur ayam.

  16. Ping-balik: Daging merah vs daging putih « Zuraida99's Blog

  17. salam kenal. gini, saya tinggalnya di kos-kosan tuh. bisa’ makanan ank kos0kosan itu kan INTER(INtermie TEluR). trus slama saya sering mengkomsumsi telur, bibir saya sering pecah-pecah bahkan berdarang…. jd apakh betul ini pengaruh dari zat telur itu sendiri????:)

    fatimah az-zahrah di makassar, mappala yamasi

    salam kenal juga ya.
    Kalo bibir kering n pecah2 biasanya si karena kekurangan asupan vit C ya. Coba aja minum multivitamin secara teratur tiap hbs sarapan pagi. Kalo bibir dah normal lg, minum multivitaminya bisa 2-3 hari sekali..biar irit hehehe

  18. Selamat malam mas bro.
    Apa benar jika terlalu banyak makan telor jd mudah jerawatan /bisulan.
    Bgmana mencegahnya..
    Terimakasih

    kayanya sih kandungan lemak pada telur yang bisa menimbulkan jerawat/bisul ya (lepas dari masalah lain seperti misal kondisi kulit, lingkungan dll yang dapat memicu timbulknya jerawat), jadi kalau mau aman, makan putihnya aja.
    jika telurnya banyak, misal 5-6, makan kuning telurnya cukup 1-2 aja, sementara putihnya bisa dimakan semua.

  19. salam kenal mas.
    jika ingin mencapai tubuh ideal itu bagaimana?
    tinggi saya 168 dan berat badan 58 apa itu sudah ideal, jika belom gimana cara menjadi ideal?

    lebih baik tujuannya mencapai bentuk ideal ya, jadi tidak tergantung pada timbangan tapi lihat di kaca bagaimana penampilan yang ada, apakah sudah memuaskan atau belum.
    kalau cuma sekedar mencapai berat ideal, berat yang sekarang sudah cukup ideal ya :-)

  20. salam berkenalan , umur saya 14 tahun , berat saya 80 kg dan saya dah mula main gym .. lepas main gym , saya akan makan 15 butir telur .. saya amalkan satu hari 3 kali .. pagi 10 biji telur , lepas main gym 15 biji telur dan malam 10 biji telur .. saya hanya makan telur putihnya sahaja .. adakah ini akan menambahkan berat badan saya ?

    massa otot akan bertambah jika mendapat ransangan latihan yang cukup, nutrisi yang cukup dan istirahat untuk pemulihan otot yang cukup.
    dengan berat badan 80 kg dan konsumsi protein dari putih telur sehari mencapai 35 butir atau sekitar 105 gram, sepertinya itu sudah cukup ya, tinggal latihannya yang harus lebih intensif agar protein yang dikonsumsi benar2 dapat digunakan untuk pertumbuhan otot dan bukan menjadi lemak badan.

  21. Makin aku baca, makin binggung deh…

    Ada yang blg rata2 konsumsi protein adalah 1,5 – 2 gram/berat badan tuh tuk orang yang aktif berolahraga…

    Dan pada saat tidak berolahraga adalah 0,8 – 1 gram/berat badan tubuh…

    Sebenarnya yang benar itu yang mana sih ?

  22. kalo umpamanya latihanya tiap hari tp porsi prottein yg dmkan kurang gmn??

    otot memerlukan protein untuk perbaikan dan perkembangannya. saat latihan, banyak sel otot yang rusak sehingga memerlukan tambahan protein untuk perbaikannya, jika ternyata asupan protein kurang, maka perbaikan dan pertumbuhan otot akan terhambat ya.

  23. mas bro barat bdn q sktr 60 n tnggi 170..
    utuk protein yg bgusnya brpa gram,msh bingung dgn perhitungannya..
    dan mslh stu lg,sya ska bgt sma kuning telor jd klo buang kuningnya sya merasa brt bgt n rata2 kuningnya sya mkn jd mnrt mas bro gmn solusinya..?
    biasanya stu hari sya mkn telor lbh krg 4 biji dan sya jg minum susu..

    untuk protein tergantung berapa berat (masa otot tubuh) yang dinginkan karena hanya otot yang harus diberi protein.
    misal ingin beratnya jadi 70kg, maka minimal dalam sehari konsumsi proteinnya adalah 70 gram.
    1 butir telur utuh dengan berat sekitar 60 gr, kandungan proteinnya sekitar 6 gram dimana separuh ada di bagian kuning dan separuh ada dibagian putih. untuk mendapatkan protein sebanyak 70gram dari telur, maka dibutuhkan sekitar 12 butir telur. karena kuning telur mengandung lemak, jika semua kuningnya dimakan, maka lemak badan akan bertamabh dengan cepat. untuk menghindari itu maka kuning telurnya tidak dianjurkan untuk dimakan semua. aku biasanya sarapan dengan 3 butir telur utuh, setelah itu untuk makan setelah latihan dan sebelum tidur kadang mencampur 1 kuning telur dengan 4-5 putih telur.
    untuk enaknya, cobalah cari putih telur di pembuat kue atau roti, atau di penjual jamu, harga nya murah dan sudah tanpa kuningnya :-)

  24. ciank,,, saya mau nanyak,, saya sudah mengkonsumsi telur setiap harii,, tapi tubuh saya masih lom ber otot,, gmna ini .???

    latihannya gimana, sudah maksimal belum??? pembentukan otot akan lebih baik jika rangsangan untuk perkembangannya (dari latihan yang dilakukan)juga baik. kalao cuma makan telur aja tapi latihannya kurang maka hasilnya juga kurang ya :-)

  25. mas bro sya mau tanya klo stiap hari push up dan shit up baiknya berapa bnyak ntu membentuk otot perut n tangan..

    trus stelah olah raga baiknya mengkonsumsi putih telur brapa bnyak…??

    slain putih telur, suplemen tambahan yg baik pa ya..??

    ntuk membuat otot dada yg bagus latihannya pa..??

    untuk perut bisa lihat di http://jepretanhape.wordpress.com/2009/12/21/tips-latihan-fitnes-untuk-mendapatkan-perut-sixpack/

    untuk protein bisa lihat di http://jepretanhape.wordpress.com/2009/04/16/kebutuhan-protein-untuk-menunjang-proses-pembentukan-otot-pada-latihan-beban/

    untuk latihan dada dan bicep bisa lihat di http://jepretanhape.wordpress.com/2009/02/21/latihan-dada-dan-lengan-atas-depan-bicep/

  26. Mas, mao tanya..
    suplemen seperti amino tu,
    merk pling bgus ap y??
    tp dgn hrg yg trjngkau kantong 200-400rb’an..

    klo yg dr ultimate nutrition, tu hrg biasany brp’an y mas bro?

    trus, bgusny suplemen ap lg yg hrus d mkn sblom dan ssudah latihan?

    1ptnyaan lg mas bro,
    L-Men kan pny bnyk produk susu pnambah protein, so.
    klo minum susu protein egg L-men,
    tp ga konsumsi putih telur?
    ada beda gak?
    ap itu ud ckup dgn produk L-Men?

  27. Halo mas..saya umur 23 tahun berat badanq 54 n tinggi 155..n sudah 3 minggu ini aktif fitnes.
    Sumber protein saya cuman dari tempe saja..yang pengen saya tanyakan berapa gram tempe yang harus saya konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein harian saya.

    kandungan protein per 100 gram tempe adalah 12-18 gram, jadi kebutuhan sehari minimal (54 x 1.5)/12 gram = + 700 gram

  28. Mas tinggi saya 155 n berat badan 54..saya sudah 3 minggu ini aktif fitnes..kalau saya cuman konsumsi tempe sebagai sumber protein saya..berapa gram tempe yang harus saya konsumsi tiap hari agar kebutuhan protein harian saya terpenuhi..

    kalau tidak salah, kandungan protein dalam 100 gram tempe mentah adalah 18 gram ya, sama dengan ada pada ikan, ayam atau daging.
    untuk kebutuhan sehari minimal seberat badan (dalam gram) dengan asumsi kadar lemak sudah sedikit. misal berat 54kg dengan kondisi lemak sedikit, berarti kebutuhan sehari minimal 54 gram. tapi jika kondisi lemak cukup tinggi, misal kira2 10 % dari berat badan tersebut, maka asupan minimalnya adalah 54 – (54×10%) 54 -5,4 = 48,6 gram.
    untuk yang aktif fitnes, kebutuhan protein bisa ditingkatkan menjadi 1,5 – 2 kali berat badan dimana kelebihan protein yang dikonsumsi ditujukan untuk menunjang proses perkembangan otot

  29. Mas mo nanya nieh… umur saya 30 th berat badan 71kg tinggi 170, untuk ukuran badan biasa aja tapi permasalahannya adalah perut saya buncit. sementara ini saya sudah ikut fitnes selama 2 bulan dengan jadwal 1 hari on 1 hari off tapi belum ada perubahan signifikan,.. tujuan saya fitnes adalah melangsingkan perut sambil membentuk otot dada, tricep, bisep dan sayap.. kira kira latian apa yang harus saya lakukan untuk melangsingkan perut dan membentuk otot tadi.. dan saya harus mengkonsumsi putih telur berapa butir per hari,.. ???? terima kasih

  30. Sy, alin dr bdg..mau nanya2 nih..sy berat badan 54kg dan baru mulai latihan 2x, tinggi sy 165cm, bgmn cara nya supaya bisa membentuk badan saya? Kira2 makanan apa sj ya yg bisa konsumsi. Minta petunjuk pak. ∂άϞ yg menjadi masalah, sy tdk suka buah dan sayuran. Apakah faktor umur masih bisa dibentuk badan sy? Skrg usia sy, 41tahun. Tks ya pak..

  31. sore mas, saya ingin tanya dikit… boleh ya hehehe

    saya baru ikut fitness minggu ini. spek saya bb : 77kg dan tinggi : 175cm

    badan saya isa dibilang isinya lemak semua dgn otot yg nyaris ga ada. saya jarang banget berolahraga saya ingin mulai fitness. tujuan saya pingin rada kering dan berotot aja ga perlu sampe seekstrim juara body contest.

    menurut mas, kebutuhan protein harian saya berapa ya supaya mencapai badan ideal?

    makasih sebelumnya

    untuk kebutuhan protein, coba disesuaikan dengan berat badan yang ingin dicapai. misal ingin beratnya menjadi 65 kg berotot, maka kebutuhan proteinnya minimal adalah kira-kira 1-1,5 x 65, kalau bisa sampai 2 x 65 akan lebih bagus lagi ya :-)

  32. sering kita mendengar bahwa protein untuk tubuh di butuhkan sekian gram, ironis nya banyak orang yg bingung untuk menimbangnya.satu butir telur jika di timbang 60 gram dan kadar proteinya tidak bisa di timbang tapi cuma di kira kira aja. katanya sih dari sebutir telur ada sepertiganya adalah protein. berarti telur 60 gram di bagi 3 =20 gram protein murni. jadi 1 biji telur mengandung 20 gram protein.
    Bener nggak tuh?

    yang saya tahu sih, sebutir telur mengandung sekitar 6-7 gram protein dimana separuh ada di putih dan separuh lagi ada di kuningnya

  33. salam kenal mas
    saya umur 20th tinggi 168 bb 50kg,
    sudah ideal gag untuk seumuran itu..?

    kalo mengkonsumsi telur, sebaiknya putih telur itu ditelan mentah ato di direbus dulu ?
    makasi

  34. gan klo yg dimaksud dgn otot kering dan otot basah tuh sperti apa ya dalam binaragawa,

    patokan ‘kering’ ato ‘basah’ adalah di perut, kalo otot perutnya terlihat tajam dan jelas, maka dibilang ‘kering’. kalo otot perut tidak terlihat dengan jelas, maka dibilang ‘basah’

  35. mas mau nanya nih, kemarin berat badan saya 90 kg, tinggi 186cm. pengen banget punya badan proposional. trs liat2 di internet ada program afterburn effect, instrukutur nya mike chang. saya coba ngikutin, dalam 2,5 bulan berat turun jadi 79 kg. untuk otot lengan dan punggung, lumayan menonjol, dada juga udah gak seperti dda perempuan :D hehehe hanya timbunan lemak di perut masih ada, tapi sudah sangat jauh berkurang. sekarang saya pengen besarin otot. apa dengan program latihan afterburn ini bisa besarin otot secara maksimal ya?

    untuk program besarin otot secara maksimal, coba lihat contoh programnya para binaragawan aja ya. afterburn effect lebih ditujukan untuk membakar lemak, jadi pola makan dan latihannya akan sedikit berbeda dengan pola makan dan latihan untuk membesarkan otot dimana saat itu kondisi lemak badan mungkin akan mengalami peningkatan lagi, jadi nanti programnya bisa gibagung aja, misal 2-3 bulan ikuti program binaragawan (masa bulking) setelah itu 2-3 bulan ikutin program afterburn effect (masa cutting)

  36. hai bang…numpang tanya nih bang dengan berat bdan 70kg dn tinggi sekitar 175 cm brpa bnyk putih telur yang sya butuhkan untk pembentukan otot tbuh…thx sebelum ny untuk saran ny

  37. mas saya mau bertanya untuk bulking menu nya cocok ny apa saja ya?
    saya biasanya mengkonsumsi kentang + sawi + minyak zaitun
    apakah itu sudah benar?
    kalau ada tambahan menu bisa di sharing gak mas
    terima kasih

  38. Terimakasih atas infonya dan penjelasannya yang sangat lengkap, salah satu alternatif bentuk protein yang tersedia saat ini adalah Amino (protein dalam bentuk tablet) dan Whey Protein (protein dalam bentuk bubuk). Amino dan Whey protein lebih mudah dikonsumsi dan penyajiannya pun lebih praktis dan lebih mudah dibawa bepergian, kandungan proteinnya pun telah disesuaikan dengan kebutuhan protein harian. Untuk Amino 1 tabletnya memang hanya mengandung rata-rata 2 gr protein saja, protein jenis ini lebih cocok dibawa bepergian dalam waktu yang tidak terlalu lama, untuk Whey Protein kandungan protein dalam 1 serving bisa mencapai 30 gr, bisa dikonsumsi sebelum maupun sesuadah latihan. Jadi konsumsi protein bisa lebih praktis dan mudah :)

  39. kalo saya makan telur 10 biji se hari termasuk kuningnya gak papa ka ya????

    kuning telur mengandung lemak, jika menjadi sedikit gemuk tidak masalah, maka tidak apa makan dengan kuningnya :-)

  40. mas mau tanya nih…
    pada saat abis latihan beban, badan saya keliatan besar dan otot pada keluar semua tapi bberapa jam setelah latihan badan dan otot saya kembali seperti semula lg…
    kira2 saran dan pendapat mas dodi bgmana?
    Trims

  41. mas mau tanya nih…
    pada saat abis latihan beban, badan saya keliatan besar dan otot pada keluar semua tapi bberapa jam setelah latihan badan dan otot saya kembali seperti semula lg…
    kira2 saran dan pendapat mas dodi bgmana?
    Trims

    tubuh memang seperti itu ya. saat dilatih, darah akan mengalir ke bagian yang sedng di lating tersebut untuk mensuplai oksigen dan dan nutrisi yang diperlukan. setelah latihan selesai, maka aliran darah akan normal lagi dan kondisi otot juga akan normal lagi.

  42. mas mau tanya nih…
    klo ganti telor rebus dgn telor goreng hanya isi putih jer …xpe ke ?
    Trims…

    yang mau dihindari adalah lemak ya dan kalo digoreng maka berarti ada lemak yang dikonsumsi dari minyak goreng itu. untuk mensiasati bisa mengkonsum makanan berlemak dengan banyak sayuran tinggi serat karena serat makanan dapat mengikat lemak yang dikonsumsi agar tidak diserap tubuh.

  43. mas sya mau tya ne
    putih tlur y tu di apain mas spya bsa d mkan ?
    ap kuning y di buang bgus y mas….

    putih telurnya bisa di rebus, dan setelah itu bisa di jus dan di minum. alasan kenapa kuning telur tidak dikonsumsi adalah karena kuning telur mengandung lemak. jadi untuk menghndari penumpukan lemak, maka konsumsi kuning telur dikurangi

  44. mas mau tanya untuk mengkonsumsi beras merah, berarti belum di masak ya berasnya?
    dan untuk nasi putih apakah memang lebih baik tidak di konsumsi untuk proses pembentukan otot?
    terimakasih sebelumnya, dan mohon pencerahanya ^ ^

  45. beras merah dimasak dulu ya baru dimakan, tetapi kalau mau di timbang, ditimbangnyab dalam keadaan mentah.
    beras putih tidak apa dikonsumsi ya, cma kalao sedang dalam diet dan mencari sumber karbohidrat yang rendah,maka beras merah adalah pilihan yang lebih baik karena kandungan karbohidratnya lebih rendah.

  46. wahhh terimakasih mas dodi atas pencerahanya neh ^ ^
    tapi maaf neh masih pengen nanya” lagi.
    sebetulnya ci dalam proses menurunkan lemak dalam tubuh terus pengen gemuk dengan otot mas dody,jadi bukan gendut atau buncit karena kebanyakan lemak..
    sekarang ci udah berkurang lemaknya dan berat badan juga menurun, pengen di ganti dengan otot seperti mas dodi.
    mohon bimbinganya ya mas dodi.
    saya kan udh beli whey protein apakah meskipun sudah meminum suplemen itu masih harus banyak” mengkonsumsi putih telur juga?
    atau konsumsi putih telurnya bisa dikurangin?
    terima kasih mas dodi.

    whey protein merupakan jenis protein yang cepat diserap tubuh, jadi cocok untuk diminum sehabis latihan dimana saat itu tubuh mememrlukan nutrisi yang bisa cepat diserap untuk mempercepat proses pemulihan dan pertumbuhan otot. tapi setelah itu saat keadaan biasa, yang diperlukan adalah protein yang lambat diserap, dan saat itu konsumsi putih telur lebih baik daripada whey ya.

  47. terimakasih banyak mas dodi atas pencerahanya neh..
    oia, boleh minta no.hp nya gak mas dodi, untuk konsultasi lagi,,
    soalnya butuh banyak bimbingan neh mas dodi,,
    sepertinya lebih enak kalau lewat telepon gitu.. ^ ^

    bisa hub aku di 085781429816 ato 08129938706, tapi info yang aku punya tidak up to date ya, karena sekarang lagi off dari fitness :-)

  48. oke mas dodi,, makasih neh mas dodi udh di kasih tau no.hp nya..
    soalnya saya emang serius pengen punya badan seperti mas dodi :D
    jdi nanti bisa banyak sharing neh..
    oia mas, sekarang kan saya lagi kerja di luar negeri,nanti kalau saya teleponya suka gak muncul nomor tolong di angkat ya mas dodi,soalnya teleponya pake aplikasi internet voip,jadi murah nelepon ke indonesia :D
    tolong jadi instruktur fitness saya juga ya mas dodi.
    soalnya bener” masih pemula neh..gapapa mas dodi kan pengalamanya udah lama banget tentang hal seperti ini,jadi udah pasti tau banyak :D
    terimakasih

  49. mas dodi bisa kasi saran suplemen apa aja yg bisa memperbesar otot dgn cepat?
    bener gak mas kalo Creatine Monohydrate itu fungsinya bs mempercepat pertumbuhan otot..
    Thanks

  50. telur kaya akan zat gizi,,,salah satunya kolesterol nha ini yg perlu diperhatikan,,,tubuh kita membutuhkan kolesterol/hari sekitar 300mg,,nha kandungan kolesterol dalam sebutir telor sekitar 186 mg..jd silakan analiss berapa jml telor yg hars di konsumsi/hari..thansks

    itu sebabnya yang dimakan adalah putih telur nya aja ya. kolesterol itu kan adanya di bagian kuning telur yang mengandung lemak

  51. mas dodi mau tanya, apakah benar untuk tinggi 170kg dan berat badan 80 kg dibutuhkan protein sebesar 150gr jika ingin mencapai berat 75kg jika dalam keadaan aktif fitness? thx

    untuk protein disesuaikan dengan berat badan yang di inginkan, di kali 1,5 – 2 (dalam satuan gram). jadi untuk berat 75kg, kebutuhan protein adalah 112.5 – 150 gram.

  52. Mas mau tanya,klu kita latihan secara konsisten dan benar berserta pola makannya butuh waktu berapa lama bisa minimal seperti badan mas Dodi..TA

    coba lakukan latihan rutin 1-2 tahun ya.
    lakukan 4-6 bulan bulking untuk penebalan otot, setelah itu coba lakukan 1-2 bulan cutting untuk membuang lemak.
    biasanya bulking lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan cutting. cutting memerlukan perhatian extra agar otot yang sudah terbentuk saat bulking tidak hilang. jadi setelah beberapa kali melakukan cutting, biasanya baru bisa mendapatkan pola latihan, makan dan istirahat yang cocok untuk diri sendiri.

  53. Halo mas dodi,
    Kalau untuk perempuan apa kebutuhan proteinya sama dgn lelaki supaya bisa lebih berisi ? sy tinggi nya 160 berat 45kg,
    Kira2 berapa jmlah protein yg sesuai bagi sy untuk membentuk tubuh lbh berisi dan padat, trims

    lelaki atau perempuan mempunyai kebutuhan protein yang sama ya, cuma bedanya karena masa otot perempuan lebih sedikit maka pada akhirnya kebutuhan proteinnya pun menjadi lebih sedikit. untuk perhitungan kebutuhan harian cara yang paling mudah adalah tentukan dulu berapa kira2 berat badan ideal yang kita inginkan dengan asumsi bahwa pada berat tersebut kondisi kita dalam keadaan tanpa atau sedikit lemaknya. jadi misalnya ingin berat tetap 45kg tetapi dalam kondisi tubuh yang lebih berotot, lebih berisi dan padat, maka kebutuhan protein harianya adalah minimal 45-70 gram

  54. mas dodi bisa kasi saran suplemen apa aja yg bisa memperbesar otot dgn cepat?
    bener gak mas kalo Creatine Monohydrate itu fungsinya bs mempercepat pertumbuhan otot..
    Thanks

    no 1 yang bisa mempercepat pertumbuhan otot adalah latihan yang keras dengan intensitas tinggi ya, setelah itu nutrisi. nah suplemen itu masuk ke kategori nutrisi ini. creatin bisa mempercepat pertumbuhan otot karena membuat stamina menjadi lebih baik sehingga bisa berlatih dengan lebih berat. kalo latihan tidak maksimal, suplemen juga ga akan membantu karena otot hanya terangsang untuk berkembang jika dilatih dengan beban kerja yang selalu berubah (bertambah secara bertahap) sehingga ia akan berusaha beradaptasi dengan hal itu dengan cara menjadi lebih kuat dan atau lebih besar

  55. kalau makan telur bebek kuning sama putih nya yg mentah boleh nggak om
    n berapa banyak telur yg mentah di perbolehkan untuk mengkonsumsi per hari

    makan telur mentah perhari jangan lebih dari 20 butir ya agar kesehatan mata tidak terganggu karena pada telur mentah terdapat zat yang bisa menghambat penyerapaan nutrisi untuk mata,
    kalau telur sudah matang, maka zat tersebut akan ternetralisir sehingga akan lebih aman untuk kesehatan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s