Tanaman Obat Ki Tolod


kembang puith 1885Tanaman ini (yang akhirnya aku tahu namanya ki tolod , daun tolod atau daun korejat (sunda); atau pohon kendali, sangkobak (jawa)) tumbuh liar aja di halaman samping rumah. Awalnya si ga tahu kalo ini ternyata tanaman obat juga ya. Waktu aku tanya ibu apakah dia tahu namanya, ibu bilang dia ga tahu, tapi katanya pohon ini bisa buat obat. Dari situlah awalnya aku cari-cari informasi mengenai tanaman ini.

kembang putih 1882kembang putih 1684

Data dari IPTEKnet menyebutkan kalo tanaman ini bisa untuk mengobati sakit gigi, asma, bronkhitis, radang tenggorokan, obat luka, obat tetes mata, obat kanker.

kembang putih 1883

Ini beberapa resep pengobatan yang ada di IPTEKnet ya:

Bronkhitis :
3 lembar daun segar dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore.
CATATAN : Tanaman ini beracun. Untuk sekali minum, tidak boleh lebih dari 3 lembar daun

Sakit gigi :
2 lembar daun dicuci bersih lalu ditumbuk halus, taruh pada lubang gigi yang sakit.

Obat luka :
Daun segar secukupnya dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Tempelkan pada luka lalu dibalut dengan kain bersih. Ganti 2-3 kali sehari. .

kembang putih 1892kembang putih 1896

Foto bunga hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

34 comments on “Tanaman Obat Ki Tolod

  1. maaf, komen berikut nggak sesuai dengan isi postingan…
    cuman pengen bilang…
    jepretannya kereeenn….

    dimaafin…dimaafin…
    komentar ga nyambung juga ga masalah, yang penting kereeenn kan.hehehe

  2. kalo di daerah q namanya bukan daun tolod tapi daun korejat(sunda)

    sering di gunakan buat obat tetes mata……

    rasanya perih buanget eunk…..

    wah makasih buat infonya, dah aku masukin tuh nama daun korejat-nya.

  3. apa ada reaksi sampingnya ??
    trus tanaman ini dapat darimana??
    aku ga pernah lihat…

    wah untuk reaksi sampingnya aku belum tahu ya.
    dirumahku tanaman ini tumbuh dengan sendirinya ya di halaman samping, kalau mau membeli mungkin bisa dicari di penjual tanaman obat atau toko herbal ya.

  4. tlng d kaji ulang masslah daun korejat sebagai tetes mata, krna banyak kasus katarak yang di sebabkan daun korejat ini
    trimzzz

    makasih buat infonya ya, moga2 nanti ada pengkajian lebih mendalam tentang hal ini ya

  5. wah d rmh q jg da ne, tp q cm tau na bt skt mata aja…….. klo bt skt gigi q bru tau ini…… mksh bt info na………

    makasih juga dah mampir 🙂

  6. dear cma,
    anda mengatakan banyak kasus katarak disebabkan daun kojerat, tolong dong buktinya mana ? jangan asal komentar !
    setahu saya tidak seperti itu , tolong literatur mana yang mengatakan seperti itu ? kok saya belum pernah baca !
    saya berharap anda segera memberikan bukti, bukan sekedar komentar !
    best regards
    sugik

  7. Untuk obat tetes mata, bunganya dicuci bersih, kemudian direndam dengan air matang/aqua, biarkan min. 15 menit, kemudian air rendaman untuk tetes mata, agak perih, tapi sesudahnya mata jadi terang…saya kira malah mengobati katarak deh…

  8. ya…memang klo bunganya buat mata yang sakit sy dah berkali-pakai…malah alhmdulilah mata sy masih tajam2 aja untuk melihat tulisan2 yang kecil2 walaupun sy udah umuran………..

  9. setahu saya bunganya dipakai untuk mengobati katarak
    caranya bunganya yang putih dipetik dengan tangkainya
    lalu direndam di air hangat teteskan pada mata yang katarak

  10. saya salah satu punya koleksinya memang sangat perih dimata, saya juga tes untuk luka bakar juga bisa, atau kena air panas

  11. saya buktikan sendiri kehandalannya daun korejat ini,kemarin tgl 6/4/10 saya pulang kekampung/bandung waktu benerin pipa ledeng saya temukan korejat ini saya ambil bunganya 2 btng lalu direndam digelas dgn isian air jernih 1/2 gelas kl 2jam saya pakai/ teteskan air dr bunga itu ke mata 2-3 tetes mata kanan kiri memang terasa sangat pedih dimata ketika itu tapi sesudah itu Alhamdulillah……rasanya tuh…. yg tadinya penglihatan kayak samar2/ ada yg menghalangi pandangan hilang sama sekali alias ecesss
    pisan titingalian teh,hidup persib euyy…

  12. begono..itu pohon..luar biasa deh…dgn dasar tulisan kamu itu..berarti kamu sudah mendapat pahala..karena Allah YME, penciptanya..sy sudah membuktikan keampuhan bunganya..kalau ada wabah sakit mata..segeralah petik bunga korejat-nya lalu segera berdiri didepan wastafel yg ada cerminnya terus nyalakan airnya yang full..lalu tarik putik bunga itu..akan terlihat setetes madunya yang kadang2 ada atau hanya basah di tangan kita..nah buru2 tempelkan tetesan atau tangan kita yang kena basahan madu itu di mata kita sebelah luarnya aja lalu segera kedip2kan mata, begitu terasa perih cepat siram dengan air..setelah perih hilang tunggu beberapa saat, ada yg langsung merah matanya tp stlah itu mata menjadi jernih,ceraah dan enteng dan segaar…seperti mata bayi!!..mata terhindar dari penyakit yg mengerikan itu..krn biasanya penyakit mata itu matanya bengkak kaya abis ditonjok orang sekampung!! buktikanlah kemanjuran dan kemashyurannya..Allahu Akbar!!Allah Maha Besar!! …

  13. betul. di rumah saya juga ada bunga korejat ini. Tetangga saya yang sudah nenek-nenek banyak yang sengaja minta bunga ini untuk obat tetes mata. Lalu saya coba juga tetes mata dengan bunga korejat ini. Rasanya aduhay sekali.Perih sekaliiiiii… tapi setelah nya berasa brsih dan ringan deh mata. bisa dicoba 😉

  14. asma dan radang tenggorokan penyakitku sering kumat. aku akan mencoba dengan daun korejat , terimakasih inpormasinya Tuhanlah yang akan memberi pahala kepada kamu.

  15. kalo di jakarta mau dapetinnya di mana yah ..?

    susah juga memang mencarinya ya, karena belum pernah tahu ada yang menjualnya. di rumahku sih ada beberapa pohonnya yang tumbuh liar aja

  16. benar sekali, saya juga pernah mencobanya. memang terasa perih pada awalnya tapi setelahnya [englihatan menjadi terang.
    memang tanaman tersebut sudah jarang sekali tumbuh, pembudidayaannya pun tidak ada. karena tumbuhan itu di daerah pada awalnya hanya sebagai tumbuhan liar, tapi luar biasa manfaatnya. saya juga ingin sekali bisa membudidayakan tanaman tersebut…
    kepada semuanya bisa di coba tu untuk penyembuhan mata kita… 🙂

  17. guys, aku lagi cari bunga korejat, jika memang ada yg punya bantu info nya dunk… thx ya..

  18. betul sekali getah bunga korejat sangat mujarab untuk obat mata,buram bahkan mata minus bisa normal kembali,silahkan coba saya lagi membiakan pohonnya ,nanti kalau sudah banyak silahkan ambil.

  19. oya makasih semoga tuhan memberikan pahala untuk kalian semua sy baru maucoba untuk ibuku tercinta di kampung sana, kebetulan tumbuhan itu dekat rumahku banyak tapi gak tahu gunanya dan biasanya malah dibuang, memmang getahnya gak enak gatal pahang, tapi mungkin itulah yang jadi obat thank,

  20. Tuhan Maha Sempurna… dia menciptakan obat2 dasyat di sekitar kita,tinggal bagaimana kita memanfaatkan aja…. yang ak tahu ini obat tetes mata (getahnya) untuk orang katarak…… tx.

  21. Orang sunda menyebutnya korejat (karena bisa bikin kaget), atau ki caang (karena bisa membuat mata terang). untuk sakit mata caranya: ambil bunga yang sudah mekar beserta bakal buahnya, kemudian cuci bersih. patahkan bakal buah dari bunganya. simpan bunga tsb dalam air yang disimpan di tutup botol atau wadah-wadah kecil (airnya sedikit). simpan beberapa saat. teteskan air rendaman bunga korejat itu ke mata, tapi hati-hati karena rasanya sangat perih (bikin ngorejat/kaget). air rendaman ini hanya utk satu hari. cocok untuk pengobatan sakit mata, bahkan katarak.

  22. iya makasih infoya…sya juga membuktikan sendiri…perihhhhhh bwagett…smpai air mata ya kluar semua….tapi…. setelah itu mata saya terasa bersih ringan dan dan terang….efek ya…dimata enak sekali

  23. Woy siapa yg komentr daun korejat bikin mata katarak.buktiny gk tuh.sy mentetesinya tiap hari malah bikin mata sy tajam2 aja

Tinggalkan komentar