Bunga-Bunga Lidah Mertua


Pernah baca dibuku sih tentang tanaman lidah mertua alias sansevieria (Sansevieria trifasciata Prain) yang katanya mempunyai bunga. Tapi baru kali ini aku melihat bunganya.

bunga lidah mertua 05bunga lidah mertua 08

Tanaman yang disebut juga sebagai snake plant (lidah ular) ini memang ditanam didepan rumah yang ada di Jonggol. Tapi aku ga nyangka kalau ternyata akhirnya tanaman hias ini berbunga. Istriku yang pertama melihatnya dan lalu memberitahukan padaku…heran..kenapa seringkali istriku yang terlebih dahulu melihat sesuatu yang menarik ya…

bunga lidah mertua 10bunga lidah mertua 11

Daun lidah mertua ini ternyata bisa menyerap bahan-bahan beracun ya, seperti karbondioksida dan benzene, sehingga dapat digunakan sebagai penyaring udara. Meletakkan tanaman ini di dalam ruangan berasap rokok dapat membantu menetralisir polusi akibat asap rokok tersebut lo. Tanaman ini juga dapat diletakan di sudut dapur atau kamar mandi untuk mengurangi bau yang tidak sedap.

Selain itu, ternyata tanaman ini juga merupakan tanaman obat juga ya. Ini ada beberapa resep pengobatan yang dapat dicoba:
* Serbuk kering dari rimpang (umbi) nya diseduh dengan segelas air panas, dinginkan lalu diminum sebagai obat batuk.
*Untuk mengobati diabetes, ambil 1 lembar daun tanaman ini, potong-potong kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum.
*Untuk obat ambeien, ambil 1 lembar daun tanaman ini lalu keringkan. Daun yang telah dikeringkan lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu diminum.

Tanaman ini dapat tumbuh didalam rumah ya karena hanya memerlukan sedikit air dan cahaya matahari. Penyiramannya cukup dengan memberi sedikit air ke medianya, dan mengeluarkannya seminggu sekali untuk memberikan sinar matahari, lalu masukan kembali kedalam ruangan.
                   Sumber: Buku “Tumbuhan Obat Berpotensi Hias

bunga lidah mertua 06bunga lidah mertua 07

Ini adalah kalsifikasi ilmiah dari Tanaman lidah mertua yang terdapat di plantamor ya:

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
                     Sub Kelas: Liliidae
                         Ordo: Liliales
                             Famili: Agavaceae
                                 Genus: Sansevieria
                                     Spesies: Sansevieria trifasciata Prain.

bunga lidah mertua 13bunga lidah mertua 12

Ternyata yang sedang berbunga bukan cuma tanaman lidah mertua yang ada di rumah di Jonggol, Jawa Barat ya. Ketika sedang berjalan-jalan pagi sama istriku, di sebuah rumah yang ada di suatu perumahan didekat tempat tinggalku, aku melihat ada tanaman lidah mertuanya yang juga sedang berbunga. Mungkin memang sedang musimnya berbunga kali ya. Oya nama lain tanaman ini adalah letah menyawak (sumatera), pacing towo (jawa), mandafika (madura).

bunga lidah mertua 15bunga lidah mertua 16

Foto-foto bunga-bunga lidah mertua adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

About these ads

14 comments on “Bunga-Bunga Lidah Mertua

  1. saya suka dengan tanaman ini.Cuma belum ada bunga dan ternyata memang ada ya? kalau begitu kutunggu bunganya muncul :-)

    salam kenal ya. dan selamat menunggu sanseviera berbunga :-)

  2. Heran juga..sansiviera saya gak pernah ngembang. Punya ibu saya juga idem dito… Kok bisa ya.. ? Dikasih pupuk apa sih mas ? :)

    wah, tanaman ini ga dikasih pupuk apa2 ya. beberapa waktu lalu sering banget nemuin yang pada lagi berkembang, tetapi yang belum juga banyak ya. ga tahu kenapa ada yang berkembang dan ada yang ngga…

  3. Numpang tanya ya mas…
    Apa bunga lidah mertua bagus dan tidak mengganggu kesehatan apabila diletakkan didalam ruangan baik itu siang ataupun malam..?
    Terimakasih. :)

    tanaman bila siang hari akan mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida sehingga cukup baik diletakan didalam ruangan. tetapi karena pada malam hari kebalikannya, menyerap oksiden dan megeluarkan karbondioksida, jadi sebaiknya jangan meletakannya di dalam kamar tidur diwaktu malam hari.

  4. saya sangat suka dengan tanaman ini karena selain unik juga bermanfaat, terimakasih.

    makasih juga dah mampir :-)
    aku juga suka dengan tanaman ini

  5. Bagus Lumayan Buat Tugas Dari Guru Cari Tanaman Dan cari juga Klasifikasinya.

    Cuman kok gak disebutin kerabat dekat dari Tanaman INI???

    wah, aku juga belum tahu kerabat dekat tanaman ini apa ya…apa lidah menantu kali ya???hehehe

  6. ooh,, ada bunganya juga…. hmm biasanya seh aq lhat ngga ada.. nunggu deh.. mhang prosesnya lama ya???

  7. terima kasih y Allah, hati ku telah berbunga malam ini
    setelah Q melihat 2 fhoto2 bunga ini …………
    indah nya ,……………………….

  8. wah ternyata banyak manfaatnya si lidah mertua ni. Pernah punya banyak, tp kena virus di tanahnya sptnya.. jadi daunya lembek dan hancur.. :(. Dari informasi yang anda berikan sy jadi semangat lagi melihara tanaman ini. . tks

  9. saya baru tau bunga lidah mertua ?
    apa manfaat nya bunga mertua itu ?
    terima kasih :)

    …wah..belum dapat informasi juga nih mengenai manfaat bunganya…

  10. Thanks atas infonya mas…. ternyata bisa berbunga…. jadi pingin nyoba taruh di dalam rumah nie….. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s