Kuli Besi, Bukan Kuli Bangunan


abs  sixpackPunya badan bagus dengan perut yang sixpack pasti jadi impian para cowok yang suka nongkrong di fitnes ya. Tapi bukan hal yang mudah untuk bisa ngedapetin semua itu, perlu kerja keras dan ketekunan, n juga harus sabar.

Perlu waktu sekitar 3 bulan buatku untuk bisa ngedapetin perut dengan sixpack yang cukup terdefinisi seperti foto-foto yang ada di posting kali ini ya. Dengan melakukan latihan kardio untuk membakar lemak badan di pagi hari sebelum sarapan (3-4 kali seminggu) dan latihan beban untuk membentuk otot (4-5 kali seminggu) ditambah lagi dengan pengaturan pola makan (untuk menghindari penumpukan lemak kembali di badan),  akhirnya memberikan hasil yang, buatku pribadi, cukup memuaskan. Semua itu aku kerjakan sebagai persiapan untuk ikut serta pada sebuah kejuaraan binaraga di Jakarta.

Foto-foto ini diambil pada awal agustus 2007, beberapa hari menjelang acara Pestaraga 2007, sebuah acara fitness multievent yang dimotori oleh Ade rai, ikon binaraga Indonesia. hasil jeprat jepret hape Nokia 6680 punya temanku (waktu itu aku belum punya hp kamera ya). Foto-foto ini disimpan temanku (yang ga lama kemudian ga nongol-nongol lagi di fitness) sampai hampir setahun sebelum akhirnya di-bluetooth ke hp sony ericsson k800i-ku ya. Surprise juga waktu pertama kali ngeliatnya lagi, ga percaya sendiri kalo ternyata waktu itu kondisi oke banget (maklum sekarang dah tambah ‘ndut aja sih.hehehe).

side chest poseside tricep pose muscular poseabs and abdominal pose back double bicep poselower back pose

Oke kan badannya…. 🙂

Kalo mau tau tips cara mengurangi kalori dari makanan klik aja disini.

Iklan

22 comments on “Kuli Besi, Bukan Kuli Bangunan

  1. pakai suplemen juga gak mas? apa suplemennya

    Untuk suplemen aku biasanya pake yang keluaran Ultimate Nutrition.

    setelah latihan beban di sore hari (4-5 kali seminggu) biasanya aku minum prostar whey yang dicampur susu skim/nonfat + creatin bubuk; atau kalo dana lagi terbatas pake amino 2002 3 butir + jus tempe ala dodi (tempe rebus/kukus 120-150 gram + gula merah 40-60 gram)

    Kalo lagi diet minum 1-2 kapsul ultra ripped, 1-2 jam sebelum latihan kardio di pagi hari (sepeda statis, 30-60 menit, 3-5 kali seminggu). menu setelah latihan kardio sama dengan yang diatas.
    setelah sekitar 1-2 jam baru makan lagi sedikit karbohidrat + protein biar glikogen otot yang terkuras cepat terganti untuk persiapan tenaga latihan beban di sore harinya.

  2. malah serem liat yg begituan

    kalo gitu jangan dilihat ya, nanti kebawa mimpi lo…hehehe

  3. Mas jadi instruktur pribadi sy donk…serius ni mas…

    wah..aku dah ga aktif di fitnes ya, n kondisi badan juga dah banyak penurunan karena jarang latihan. Memang latihan dimana?

  4. Mantap bos, kering banget dan keliatan detail ototnya. Pertanyaan saya:

    “Perlu waktu sekitar 3 bulan buatku untuk bisa ngedapetin perut dengan sixpack yang cukup terdefinisi seperti foto-foto yang ada di posting kali ini ya”.

    3 bulan itu dari nol atau sudah berlatih sebelumnya (hanya off season saja), mohon pencerahannya karena menurut saya kelihatannya waktu 3 bulan untu mengembangkan dan mengeringkan otot spt itu sangat2 kurang?

    Terimakasih

    wah, ini pertanyaan yang bagus banget nih, 3 bulan itu hanya untuk cutting/pengeringan otot aja ya, untuk pengembangannya sih (bulking) dah bertahun-tahun 🙂

  5. mas klo misal skrg lg bulking trz mau bln puasa kan trz pengeringan. abis pengeringan bulking lg atau terusin cutting nya?
    mkasih.

    bulking aja lagi karena selama puasa kan walau pun bisa cutting tapi mungkin kondisi otot akan mengalami penurunan karena asupan makanan dan mungkin juga istirahat akan kurang.

  6. Bagus om badannya…
    Pa lagi perutnya ada 6 kotak, bisa buat nyimpen recehan donk…:ehehe(just kidding)
    Klo mau otot jadi kering, suplemen apa yang bagus om?
    Thanx b4.

    yang pernah aku pakai sih pembakar lemak dari ultimate nutrition, yaitu ultra ripped. minum sekitar 1 jam sebelum latihan kardio dan sebelum latihan beban, tapi jangan diminum 8 jam sebelum tidur karena dapat membuat susah tidur ya. jangan lupa atur makan juga ya, kalo bisa setelah jam 4 sore sudah tidak makan karbohidrat lagi, kalo laper makan protein dan sayuran saja :-).

  7. mas emang bener2 kuli besi, badannya bagaikan gatot koco urat kawat tulang besi kulit baja sakti mandra guna,hehehehhehe..

    1. klo boleh tanya berapa lama mas dodi membentuk badan seperti itu??

    2. tinggi saya 171 cm berat 72 kg, saya mengikuti fitnes sudah 2 tahun dan sekarang ini sedang menjalani bulking, nah pertanyaan nya adalah, sampai berat berapakah saya harus berhenti bulking??

    tengkyu mas gatot koco…

    1. lebih dari 6 tahun ya hehehe.
    selama 2 tahun pertama hasilnya tidak memuaskan karena kurang mendapat petunjuk yang baik, barulah setelah pindah tempat latihan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. sempat off dari latihan selama lebih dari 1 tahun pada akhir 2005, setelah itu mulai latihan lagi dan menulis di blog, tetapi sekarang sedang off latihan lagi nih, mengurus keluarga dulu 🙂

    2. tidak ada batasan mau sampai berapa lama untuk bulking itu ya. tetapi saranku sih kalau bisa dalam 6-12 bulan bulking, lakukan cutting selama 1-2 bulan untuk melihat berapa banyak massa otot yang telah diperoleh. disamping itu, untuk melakukan proses cutting itu perlu belajar ya karena tidak semua teori bisa cocok dengan kondisi badan kita, jadi mungkin setelah beberapa kali melakukan proses cutting baru bisa mendapatkan metode atau cara yang cocok dengan kondisi tubuh kita. kalau sudah ketemu cara yang cocok, maka proses selanjutnya akan lebih mudah.

  8. Hallo .. Saya mau tanya .. Hehehe . Apakah minum susu protein sebelum latihan angkat beban itu cukup signifikan dlm pembentukan otot yg maksinal ? Apa cukup dengan makan karbohidrat aja sebelum latihan supaya tubuh memiliki karbohidrat buat dipake untuk angkat beban? Karena kadang ada yg bilang bagusnya itu minum sebelum dan sesudah latihan dan sebelum tidur . Terima kasih penjelasannya ya . Sukses selalu =)

    coba lihat di https://jepretanhape.wordpress.com/2009/06/21/tips-fitness-3-waktu-makan-terpenting-untuk-menunjang-proses-pembentukan-otot/
    memang ada yang mengatakan bagus untuk mengkonsumsi protein sbelum latihan untuk meminimalkan proses pemecahan sel otot (yang terbuat dari protein) selama latihan (untuk digunakan sebagai tenaga), tapi karena selama latihan yang menjadi sumber tenaga utama adalah karbohidrat, maka mungkin lebih baik mengkonsumsi karbohidrat + protein ya 🙂

  9. Mau nanya dong…!! Kalo pengen badan kayak mas begitu untuk remaja bisa gak ya? Tapi gak pake suplemen protein dkk… Pake protein telor, daging ayam, dll bisa gak? and butuh berapa lama ngelatihnya? Tolong jawaban secepatnya mumpung lagi rajin. Kalo udah gak rajin sih bisa jadi tambah gede nih perut saya. (emangnya balon tambah gede… Hehehe)

    ga ada masalah untuk remaja ya, yang penting mau latihan keras untuk membentuk badan.
    walau ga pake suplemen, tapi kalau makan sehari-hari sudah mencukupi proteinnya maka hasilnya tetap akan baik ya.
    untuk dapat hasil yang baik, coba lakukan latihan rutin selama 1-2 tahun 🙂

  10. Mas, salut nih, hebat banget. Saya juga pingin bisa seger buger kayak gitu, tapi koq susah banget ya. Saya umur 35 tahun, tinggi 172 dan berat badan saya 91 kg. Saya cb fitnes tapi kenapa malah setelah fitnes tubuh saya malah gampang capek. Trus malah gampang sakit. Apa karna latihan saya yang terlalu berlebihan dan asupan makananya kurang ya? Biasanya pagi sebelum sarapan saya kardio setengah jam. Makan herbal life siang makan nasi seperti biasa. Malam saya minum susu yang tinggi kalori dan rendah lemak, L-men ultimate baru latihan beban setengah sampe 1 jam dan kardio lg setengah jam minum susu lagi baru tidur. Ini bener apa salah ya mas?

    sepertinya latihan kardionya terlalu banyak ya sehingga menguras stamina. coba off latihan dulu 3-5 hari untuk memulihkan kondisi tubuh, setelah itu mulai lagi dengan latihan beban. latihan kardionya coba dilakukan pada pagi hari saja dan disaat tidak latihan beban ya dan cukup 1 kali seminggu dulu, nanti jika ternyata kondisi tubuh memang tidak bermasalah, coba lakukan latihan kardio 2x sminggu dst…nanti tinggal dievaluasi berapa banyak latihan kardio yang bisa dilakukan dalam seminggu yang tidak membuat kondisi tubuh menurun.

  11. mau tanya donk pak. berat badan saya pertama 62kg tinggi 162cm dan sekarang 55kg tinggi 162cm. sudah 5 bulan fitnes dan melakukan cutting, perut bagian atas saya sudah terlihat definisi otot nya tapi di perut bawah masih agak berlemak dan kalo duduk kulitnya seperti melinting gitu. Yang jadi pertanyaan bagaimana cara menghilangkan kulit yang seperti gelambir begitu? Apa kah saya harus tetap cardio terus setelah latihan? Ato saya harus membesarkan otot perut saya?

    latihan kardio sama seperti latihan beban ya, untuk mendapatkan hasil yang baik, maka harus ada penambahan intensitas latihan karena badan dalam jangka waktu tetrtentu dapat menyesuaikan diri dengan aktifitas yang dilakukan sehingga kalau sudah beradaptasi maka aktifitas itu tidak akan mempengaruhi kondisi badan lagi. jadi badan itu berkembang karena berusaha menyesuaikan diri dengan aktifiats yang dilakukan. kalau dalam latihan beban, yang diperlukan adalah salah satunya penambahan beban yang harus dilakukan dalam jangka waktu tetentu agar otot selalau terangsang untuk berkembang karena selalu ada tantangan baru. untuk kardio yang bisa dilakukan agar badan bisa terus membakar lemak yang masih ada adalah mempercepat aktifitas yang dilakukan, atau menambah jangka waktu, atau kalau waktu dan tenaga terbatas, bisa melakukan lari cepat 1-2 menit lalu lari santai 2-4 menit dst sampai minimal 30 menit atau lebih. nanti lari cepat dan santainya bisa di rubah2 jangka waktunya sesuai dengan kondisi yang ada.

  12. mas,,mau tanya..badan saya kan masih basah..maksudnya masih ada kadar lemaknya..gimana cara mengeringkan otot ya?

  13. salam kenal mas… kata mas “selama 2 tahun pertama hasilnya tidak memuaskan karena kurang mendapat petunjuk yang baik”. sama sprt saya jg sudah lathan 1 thn gak ada perubahan cm otot lbh kencang tp pingin terbentuk terutama di perut. bgm pola latihannya…dan yg dimaksut bulking itu apa makan karbo byk2 gtu? btw kok suka foto2 serangga apa dulu di Biologi? klo gtu sama dong bs bwt referensi blognya…thanks 🙂

    yang dimaksud bulking adalah proses pembentukan otot dimana latihan dilakukan dengan menggunakan beban berat. saat latihan, tubuh memerlukan karbohidrat untuk sumber tenaga, jika asupan karbohidrat kurang, maka tubuh akan mencari alternatif lain, yaitu protein, jika protein tidak ada, maka sel otot dapat dipecah untuk diambil proteinnya untuk digunakan sebagai tenaga. untuk mencegah hal itu, maka asupan karbohidrat harus cukup tinggi ya agar sel otot tidak dipecah dan juga protein yang dikonsumsi dapat digunakan sepenuhnya untuk pertumbuhan otot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s