Bunga Kaktus Mekar Di malam Hari


kembang kaktus 11

Di rumah nenekku di Depok, Jawa Barat, ada pohon kaktus yang ditanan di depan rumah. Sudah lama juga ditanamnya sehingga pohonnya sudah besar dan bercabang banyak. Belum tahu juga sih apa jenis/nama kaktus yang ditanamnya itu.

kembang kaktus 01kembang kaktus 02

Beberapa waktu lalu kedua orangtuaku pergi mengunjungi nenekku. Biasanya sih pohon kaktus itu tidak manjadi perhatian orangtuaku. Tetapi rupanya saat itu ada hal yang menarik ketika bapakku memperhatikan pohon kaktus ini. Ada muncul tangkai-tangkai kecil di salah satu cabangnya. Ketika bapakku mendekat dan memperhatikan dengan lebih seksama, ternyata yang muncul adalah seperti tangkai-tangkai bakal bunga. Bapaku heran sekali karena belum pernah mengetahui sebelumnya bahwa pohon kaktus yang ditanam itu mempunyai bunga. Apalagi pohon kaktus itu sudah ditanam bertahun-tahun dan belum pernah sekalipun berbunga.

kembang kaktus 13kembang kaktus 04

Yang lebih mengherankan bapakku lagi adalah ternyata cabang kaktus yang berbunga itu adalah cabang patahan yang hanya disandarkan begitu saja di cabang utamanya. Rupanya nenekku lupa menanamnya ketika beberapa waktu sebelumnya cabang itu patah. Waktu itu, cerita nenekku, cabang itu patah dan nenekku ingin menanamnya makanya acbang itu disandarkan dulu ke cabang utama. Tetapi lalu karena kesibukannya (maklum aja ada beberapa anak dan cucunya yang masih pada kecil-kecil tinggal dirumah yang sama ya), nenek lupa kalau ternyata cabang itu belum ditanamnya, yang dingatnya adalah bahwa cabang itu sudah ditanam.

kembang kaktus 16kembang kaktus 18

Akhirnya cabang itu dibawa pulang ke rumahku dan ditanam disamping rumah. Setelah pagi hari ditanam, rupanya mulai sore itu menjelang malam, bunganya mulai mekar sampai akhirnya mekar sepenuhnya pada sekitar jam 11 malam. Aku yang pulang dari fitnes sekitar jam 9 malam jadi tidak tidur buru-buru karena ingin melihat seperti apa nanti bunga itu kalau mekar. Setelah mendapatkan beberapa foto bunga kaktus yang sedang mekar di malam hari itu barulah aku pergi tidur.

kembang kaktus 24kembang kaktus 27

Ketika malam, aku tidak bisa mendapatkan foto yang bagus dari jarak yang dekat karena cahaya blitz dari kamera hape membuat gambarnya terlalu terang sehingga tidak jelas apa yang difoto. Jadi ketika pagi hari ketika bunga kaktus itu mulai layu, aku menyempatkan diri mengambil beberapa gambar lagi dari posisi yang lebih dekat.

kembang kaktus 39kembang kaktus 32

kembang kaktus 36kembang kaktus 49
kembang kaktus 28kembang kaktus 31
Lihat lebih banyak foto bunga kaktus di flickr.com
 
Foto-foto bunga kaktus mekar di malam hari adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.
Iklan

8 comments on “Bunga Kaktus Mekar Di malam Hari

  1. Kang dedi emang okey.. fotobloggingnya inspiratif banget. Tapi, postingnya tetep dari kompi ya? Kalo sy lbh nyaman via hape kang.. tapi ya jadinya seadanya.
    *mo nimba ilmu nih…

    iya nih, untuk postingnya tetap dilakukan dari kompi n pake windows live writer, jadi menyusun foto dan memberi effecknya lebih mudah 🙂

  2. Nice! Saya belum pernah liat bunga kaktus sebelumnya… Nice to meet you… Jangan ragu2 untuk berkunjung balik…

    Btw, pake plugin apa biar yg komentar bisa dapat pemberitahuan kalo ada komentar baru?

    salam kenal ya. pasti aku akan datang berkunjung ke, ditunggu aja.
    kalo soal plugin aku ga tahu ya, karena semua sudah disedian sama wordpress.com, tinggal pake aja 🙂

  3. Ping-balik: Bunga Kaktus di Taman Mini « Jeprat Jepret Hape

  4. Mas, cuma mau kasih info aja nihh..
    aku juga punya bunga kaya gitu di rumah
    dan emang mekarnya cuma pas malem doang
    paginya udah layu…
    kata mamah, bunga itu namanya bunga WIJAYAKUSUMA
    bagus banget kalo pas lagi mekar jam 12 malem..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s